Sukses

Ayah yang Baik Berisiko Mati Muda?

Sebuah penelitian terbaru menemukan, seorang ayah yang mampu mengurus anak lebih baik daripada sang ibu lebih rentan mati muda karena merasa

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru menemukan, seorang ayah yang mampu mengurus anak lebih baik daripada sang ibu lebih rentan mati muda karena merasa tertekan. 

Penelitian baru ini memang menggunakan serangga jenis kumbang sebagai objek penelitian. Saat serangga jantan dipasangkan dengan serangga betina yang berkualitas buruk, serangga betina akan melimpahkan urusan perawatan anak pada serangga jantan. Alhasil serangga jantan berpotensi mengalami eksploitasi dan berujung tewas akibat kelelahan.

Penelitian ini juga menemukan, pola pengasuhan yang buruk menghasilkan calon orangtua yang juga buruk dalam mengasuh anak-anaknya kelak. 

"Orangtua berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Tujuan dari penelitian kami adalah meneliti kecenderungan non-genetik yang dilakukan orangtua," kata profesor dari University of Cambridge, Rebecca Kilner.

Pola asuh yang baik tentunya menghasilkan anak dengan karakteristik baik pula. 

"Penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa pria yang memiliki kualitas hidup rendah berupaya menompang semua semua kekurangan pasangan, dan membayarnya dengan harga berupa mati muda," kata Rebecca Kilner dikutip dari situs Times of India, Selasa (29/9/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini