Sukses

Waspadai 3 Jenis Polutan Berbahaya bagi Tubuh

Masyarakat masa kini menghadapi tantangan untuk berat agar bisa bersahabat dengan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat masa kini menghadapi tantangan untuk berat agar bisa bersahabat dengan lingkungan. Lingkungan kini tak lagi bersih tercemar oleh aneka benda-benda modern.

Alhasil, kini dapat ditemukan polutan yakni sumber radikal bebas yang sangat merusak tubuh manusia. Asap knalpot misalnya. Ini adalah salah satu jenis polutan yang setiap hari kita temui di jalanan. Asap dari kendaraan bermotor ini mengeluarkam karbon monoksida, nitrooksida, dan hidrokarbon ke udara.

Tak hanya itu, masih ada paling tidak tiga jenis polutan yang menyebabkan polusi di sekitar kita menurut dr. Phaidon L. Toruan dan dr. Widya Murni seperti dikutip dalam buku 'Rahasia Terkini Awet Sehat' pada Jumat (21/11/2014), yakni

1. Polusi radiasi ultraviolet
Menipisnya lapisan ozon yang berfungsi melindungi atmosfer bisa membahayakan kesehatan. Sinar ultraviolet dari pancaran matahari tidak terfilter dengan baik oleh ozon sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kulit.

2. Polusi NO2
Pemakaian kompor gas dan kompor minyak tanah mengandung NO2 dapat menimbulkan iritasi mata, infeksi saluran pernapasan hingga gangguan paru-paru.

3. Polusi asap rokok
Gas karbon monoksida yang dihasilkan pembakaran tembakau menyebabkan penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.