Sukses

Ratusan Jemaah Haji Asal Boyolali Telah Tiba di Kampung Halaman

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan orang jemaah haji asal Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang terbagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter) debarkasi Surakarta sudah tiba di Tanah Air dan langsung dipulangkan ke daerahnya masing-masing pada Rabu, 12 September 2018.

Rombongan haji kloter 50 gabungan kabupaten Sragen dan Boyolali telah tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pukul 10.20 WIB sebanyak 359 orang, kemudian disusul kloter 51 (Boyolali) sebanyak 357 orang tiba pukul 12.35 WIB, dan kloter 52 gabungan Boyolali-Blora sebanyak 350 orang pada pukul 14.20 WIB.

Rombongan jemaah haji kloter 51 asal Boyolali disambut oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali Sugiyanto yang mewakili Bupati Seno Samodro di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan.

Menurut Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Boyolali Hendrayanto, jumlah jemaah haji asal Boyolali pada penyelenggaraan tahun ini totalnya sebanyak 761 orang, tetapi satu orang masih tertunda kepulangannya karena sakit di Arab Saudi.

"Sebanyak 760 orang dapat pulang ke Tanah Air dan satu haji terpaksa masih tertunda kepulangannya karena dirawat di rumah sakit setempat. Satu haji itu, mengalami patah tulang akibat terjatuh dan harus segera dioperasi," ujar Hendrayanto, seperti dilansir Antara, Jumat (14/9/2018).

Menurutnya, haji yang sakit tersebut kepulangannya ke Tanah Air nanti harus bergabung dengan jemaah kloter lainnya setelah dapat rekomendasi dari tim dokter yang merawat di Arab Saudi.

"Satu haji yang sakit tersebut yakni Maskuri asal Kecamatan Cepogo Boyolali. Dia terpaksa tidak bisa pulang dengan kloternya, kloter 51 dan nanti akan diikutkan di kloter berikutnya," kata Hendrayanto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Merasa Bersyukur

Sementara itu, pejabat Sekda Kabupaten Boyolali Sugiyanto menyampaikan rasa syukur karena semua jemaah haji telah kembali ke Kabupaten Boyolali dengan selamat.

"Saya berharap setelah pulang ke kampung halamannya selalu meningkatkan ibadah dan berperilaku makin baik di masyarakat, serta mendorong untuk dapat ikut memajukan Kabupaten Boyolali," ucap Sugiyanto.

Dia mengatakan, Pemkab Boyolali akan memfasilitasi jemaah haji untuk kembali ke rumah masing-masing dengan menyediakan 13 bus besar dan empat bus kecil untuk mengantar mereka pulang ke daerahnya.

PPIH Debarkasi Surakarta hingga kedatangan kloter 52 gabungan Boyolali dan Blora tersebut total haji yang sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing sebanyak 18.633 orang dari 34.112 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini.

Artikel Selanjutnya
Sukses Beri Pertolongan Pertama Jemaah Haji, Personel P3JH Bakal Ditambah
Artikel Selanjutnya
Jemaah Haji Asal Kapuas Hulu Belum Bisa Pulang ke Tanah Air