Sukses

Ini Keajaiban yang Terjadi Saat Kulit Pisang Dijadikan Bahan Masakan

Jelajahi keajaiban kuliner dengan memanfaatkan kulit pisang sebagai bahan masakan. Temukan manfaat kesehatan dan cita rasa yang unik dari bagian buah yang sering diabaikan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda? Setiap Anda mengupas pisang dan membuang kulitnya, berarti Anda juga membuang kudapan yang lezat dan penuh gizi yang terdapat di dalamnya.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa kulit pisang yang direbus, dikeringkan, dan digiling menjadi tepung dapat digunakan untuk membuat masakan panggang yang rasanya sama enaknya atau bahkan lebih lezat dibandingkan produk berbahan dasar gandum.

Anda mungkin belum pernah berpikir untuk memasak dengan kulit pisang, tapi tahukah Anda? Selain aman untuk dikonsumsi, para ilmuwan juga membuktikan bahwa kulit pisang memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh anda Anda, seperti yang dilansir dari Science Alert, Selasa (28/5/2024)

Ketika produk uji coba ini disajikan untuk dinikmati, para konsumen menyatakan bahwa mereka menikmati rasanya sebagaimana mereka menikmati kue kering tanpa ada rasa kulit pisang di dalamnya. Anda bahkan akan mendapatkan banyak mineral dan nutrisi guna melawan kanker.

Contohnya kue kering yang diperkaya dengan kulit pisang, seperti yang dihasilkan dalam penelitian ini, kue tersebut mengandung lebih banyak serat, magnesium, kalium, dan senyawa antioksidan.

Namun sisi buruknya, menambahkan terlalu banyak tepung yang terbuat dari kulit pisang menghasilkan kue kering yang agak coklat dan lebih keras. Bisa jadi karena kandungan serat tambahan di dalamnya. Namun, ketika dibuat dengan tepung yang mengandung 7.5 persen kulit pisang, tekstur kue menjadi lebih seimbang dan terlihat menarik. 

Bukan hanya itu, kue tersebut dapat disimpan selama tiga bulan pada suhu ruang dan masih aman dikonsumsi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memiliki Kandungan Nutrisi dan Gizi yang Tinggi

Meskipun penelitian ini hanya mempertimbangkan efek dari penambahan kulit pisang ke dalam kue kering, namun hasilnya menunjukan bahwa menggunakan tepung kulit pisang dalam pembuatan roti, kue, dan pasta juga dapat menjadi pilihan yang kayak untuk dipertimbangkan.

Tahun 2023 lalu, sebuah studi tentang pembuatan kue dengan kulit pisang menemukan bahwa warna kuning alami dari kulit pisang memberikan warna alami yang menarik pada kue yang dipanggang, selain itu kulit pisang juga memberikan peningkatan gizi karena kandungan nutrisi yang terdapat dalamnya.

Studi pada tahun 2016 menemukan bahwa menggantikan sebagian hingga 10 persen tepung gandum dengan tepung kulit pisang dapat meningkatkan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak dalam roti yang dipanggang.

Tidak suka memanggang? Nigella Lawson telah menggunakan kulit pisang dalam kari, dan blogger vegan baru-baru ini memopulerkan ide ""bacon kulit pisang" .

3 dari 4 halaman

Dapat Mengurangi Limbah Makanan

Dengan mengkonsumsi kulit pisang, Anda tidak hanya memilih pilihan yang sehat, tetapi juga membantu mengurangi limbah makanan.

Sebagian besar berat dari sebuah pisang terletak pada kulitnya, dan seringkali kulit yang kaya nutrisi ini hanya dibuang begitu saja. Dengan memanfaatkannya, kita bisa mengurangi limbah makanan dan mendapatkan manfaat tambahan dari bagian buah yang sering diabaikan ini.

Memang, kulit pisang tidak berguna saat mentah, tapi jika diolah dengan benar, kulit pisang sebenarnya bisa terasa sangat lezat. Bahkan mungkin dapat memperpanjang umur simpan beberapa produk karena memiliki sifat antioksidan dan antimikroba.

Hal yang sama juga berlaku untuk kulit buah lainnya, seperti kulit mangga, yang juga ditemukan dapat meningkatkan sifat antioksidan pada kue dan meningkatkan cita rasanya.

Jadi, lain kali jika Anda mengupas pisang untuk diambil buahnya, pertimbangkan untuk menyimpan kulitnya. Perut Anda mungkin akan berterima kasih nanti karena manfaat luar biasa di dalamnya.

4 dari 4 halaman

3 Manfaat Kulit Pisang untuk Kulit, Apa Saja?

Selain fungsi kulit pisang untuk olahan makanan, penelitian menunjukkan bahwa kulit pisang terbukti memiliki aktivitas antioksidan dan membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada jaringan organ di tubuh kita.

Kulitnya juga mengandung fitokimia dengan aktivitas antimikroba dan anti-inflamasi. Komponen ini memungkinkan penggunaan kulit pisang untuk kulit, rambut, gigi, infeksi dan lainnya. Nah, berikut ini deretan manfaat kulit pisang dilansir dari laman Dr. Axe, Rabu (15/2/2023).

1. Pelembab Kulit

Mengoleskan kulit pisang ke kulit Anda atau meletakkannya di wajah Anda seperti masker dapat berfungsi sebagai pelembab alami, sekaligus mengurangi bengkak, kemerahan, dan iritasi.

Meskipun tidak banyak penelitian khusus yang menunjukkan hal ini, ahli dermatologi percaya bahwa tanin dan fitonutrien dalam kulitnya dapat bermanfaat bagi kulit.

2. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Kulit pisang mengandung daftar panjang fitokimia, seperti polifenol dan karotenoid, yang meningkatkan kesehatan kulit dengan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini memiliki efek perlindungan dan dapat membantu membuat kulit Anda tampak lebih muda.

3. Menenangkan Kulit

Kulit pisang dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antimikroba. Penelitian menunjukkan bahwa ia memiliki efek menenangkan pada kulit dan dapat membantu meringankan kondisi seperti psoriasis dan eksim, sekaligus meredakan gigitan serangga, luka, sengatan matahari, dan iritasi kulit.

Studi menunjukkan bahwa tanin dalam kulit pisang memiliki aktivitas antimikroba dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.