Sukses

Puan Maharani Berharap Pemerintah RI dan Parlemen Gotong Royong Atasi Krisis Air Dunia

Upaya kolaborasi perlu dilakukan guna menjamin keberlangsungan hidup penduduk dunia.

Liputan6.com, Denpasar - Ketua DPR RI Puan Maharani mengharapkan kolaborasi antara pemerintah dan parlemen dalam mengatasi krisis air dunia.

Menurut dia, hal tersebut penting dilakukan guna memastikan keberlangsungan hidup manusia di seluruh dunia.

“Karenanya pada kesempatan ini, pemerintah dan parlemen, sama-sama kita berjuang karena kemudian air akan sangat penting bukan hanya bagi Indonesia tapi juga bagi dunia,” kata dia sebelum membuka acara Inter Parliamentery Union atau pertemuan parlemen di World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024).

Sebelum menghadiri forum tersebut, Puan terlebih dulu meresmikan Fair and Expo World Water Forum 2024 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) 1.

Pameran bidang air terbesar di dunia itu diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong utama untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat umum sekaligus meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu terkait air.

Expo dan pameran ini merupakan bagian dari World Water Forum ke-10 dan dirancang untuk menyediakan platform yang menghubungkan pengunjung dan peserta pameran.

"Nantinya, dari pameran ini kita bisa melihat bagaimana kemajuan Indonesia mengelola air yang ada di Indonesia, bagaimana kemudian paviliun Indonesia sudah memperlihatkan apa saja kemajuan yang sudah dilakukan oleh Indonesia dalam merawat, kemudian memanfaatkan dan melakukan hal-hal inovatif untuk bisa menggunakan air bagi kemaslahatan seluruh rakyat yang ada di Indonesia," kata Puan kepada sejumlah media usai mengunjungi Expo World Water Forum 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden WWC Dorong Perjuangkan Isu Air

Presiden World Water Council Lois Fachon yang ikut meresmikan Fair and Expo World Water Forum 2024, turut mendorong kolaborasi dalam menemukan solusi terkait isu air.

"Kita memiliki banyak masalah terkait air, maka dari itu seperti yang saya sampaikan tadi pagi, kita harus berjuang bersama untuk masalah air," ungkapnya.

Ia pun mendorong semua elemen, termasuk masyarakat Indonesia untuk dapat berkontribusi dalam hal tersebut.

"Saya harap masyarakat Indonesia juga bisa ikut bersama kami untuk menjadi pejuang air dunia," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.