Sukses

Pria di AS Dipenjara 30 Tahun Usai Pakai Identitas Orang Lain selama Lebih dari 3 Dekade

Pemilik identitas aslinya justru sempat ditangkap karena tidak bisa memberikan bukti bahwa data dirinya telah dicuri.

Liputan6.com, Washington - Seorang pria di Iowa, Amerika Serikat (AS), ditangkap dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa usai mengaku mencuri identitas orang lain yang ia gunakan selama 35 tahun terakhir.

Dilansir Oddity Central, Senin (15/4/2024), pegawai Rumah Sakit Universitas Iowa bernama David Keirans itu ditangkap saat sedang bekerja dengan nama William Donald Woods, nama yang dia adopsi pada tahun 1988. Hal ini dilakukan oleh Keirans setelah bekerja dengan Woods yang asli di sebuah gerobak hot dog di Albuquerque, New Mexico.

Tidak jelas bagaimana pria berusia 58 tahun itu bisa menggunakan identitas Woods dalam setiap aspek kehidupannya, namun dokumen pengadilan mengungkapkan bahwa pada tahun 1990 dia bisa mendapatkan kartu identitas palsu Colorado dengan nama dan tanggal lahir Woods, dan pada tahun 1991 dia membeli mobil atas nama Woods dengan dua cek yang akhirnya dibatalkan.

Setelah mengendarai mobil curiannya ke Idaho, Keirans meninggalkannya dan menggunakan semua uangnya dari bank Colorado menggunakan ATM untuk meninggalkan negara bagian tersebut.

Penangkapan dikeluarkan atas nama Woods atas pencurian mobil tersebut, namun dokumen pengadilan tidak menunjukkan apakah tindakan tersebut benar-benar dilaksanakan.

Keirans pun melanjutkan kehidupannya dengan identitas palsu, bahkan hingga menikahi seorang wanita pada tahun 1994 dan menjadi ayah dari seorang anak yang diberi nama belakang Woods.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Woods Asli Mulai Menyadari Identitasnya Dicuri

Pada tahun 2012, aksi Keirans mencuri identitas Woods semakin jauh. Ia berhasil memperoleh salinan akta kelahiran Woods dari negara bagian Kentucky dengan menggunakan informasi yang dia temukan tentang keluarga Woods secara online.

Setahun kemudian, dia pindah ke Wisconsin bagian timur dan mulai bekerja di departemen TI di Rumah Sakit Universitas Iowa. Antara tahun 2016 dan 2022, dia mengambil beberapa pinjaman kendaraan dan pribadi atas nama Woods, dengan total sekitar USD200.000 atau sekitar Rp3,2 miliar.

Sedangkan pada tahun 2019, William Donald Woods yang asli adalah seorang tunawisma yang tinggal di Los Angeles. Dia mulai menyadari bahwa seseorang telah menggunakan kartu kreditnya dengan jumlah besar. Namun ketika mencoba menjelaskannya kepada pihak bank, ia tidak bisa menjawab sejumlah pertanyaan keamanan.

Woods pun memberinya kartu Jaminan Sosial aslinya dan Kartu Identitas yang cocok dengan yang ada di arsip, namun karena nomor telepon Kierans terhubung dengan rekening tersebut, dia telah menyiapkan jawaban jika dihubungi pihak bank. Benar saja, ketika pihak bank meneleponnya, ia menjawab pertanyaan tersebut dengan benar.

Sesuai protokol bank, setelah memastikan bahwa Kierans adalah Woods yang asli, pegawai bank menelepon polisi dan mereka menghubungi kedua Woods.

Woods palsu mengirimi salinan kartu Jaminan Sosial, akta kelahiran, serta surat izin mengemudi Wisconsin.

3 dari 4 halaman

Pemilik Identitas Asli Justru Ditangkap

Mengingat William Woods yang asli adalah seorang tunawisma pada saat itu, polisi memihak kepada Kierans dan menangkapnya karena pencurian identitas.

Woods yang asli justru ditangkap dan didakwa dengan pencurian identitas dan peniruan identitas palsu, dan karena dia terus bersikeras bahwa dia sebenarnya adalah William Donald Woods, pada tahun 2020, hakim memutuskan bahwa dia tidak kompeten secara mental untuk diadili dan dia dikirim ke rumah sakit jiwa pada tahun 2020.

Ia pun menjalani pengobatan psikotropika dan perawatan kesehatan mental lainnya.

Pada tahun 2021, setelah dua tahun di rumah sakit jiwa, William Woods yang asli tidak mengajukan keberatan atas tuduhan pencurian identitas, yang berarti dia menerima hukuman tersebut tetapi tidak mengakui kesalahannya.

Dia dijatuhi hukuman dua tahun penjara, termasuk waktu yang dihabiskan di rumah sakit jiwa, dan kemudian dibebaskan. Dia juga diminta membayar denda beberapa ratus dolar dan berhenti menggunakan nama William Woods.

Pada titik ini, Woods sudah yakin bahwa seseorang menggunakan identitasnya, dan dia tidak bisa menyerah begitu saja seperti yang diperintahkan hakim. Sebaliknya, dia mulai menghubungi beberapa lembaga penegak hukum, termasuk Departemen Kepolisian Hartland tempat tinggal Kierans. Ketika permohonan diterima Detektif Polisi Universitas Iowa Ian Mallory, penyelidikan pun diluncurkan.

4 dari 4 halaman

Terbukti Curi Identitas

Setelah mendapatkan salinan akta kelahiran yang sama persis dari kedua Woods, detektif tersebut melanjutkan untuk membandingkan DNA mereka dengan ayah kandung Woods dan akhirnya dapat mengetahui siapa di antara mereka yang berbohong. Untuk mengkonfirmasi temuannya, Mallory mewawancarai Kierans pada bulan Juli tahun lalu, dan ketika ditanya siapa nama ayahnya, dia secara tidak sengaja memberikan nama ayah angkatnya. Pada saat itulah detektif memberitahunya tentang hasil tes DNA.

Alih-alih menyangkal semuanya, Kierans malah malah membalas dengan mengatakan, "Hidupku sudah berakhir" dan "Semuanya hilang," dan kemudian mengakui bagaimana dia telah menggunakan identitas orang lain selama 35 tahun.

Dia ditangkap keesokan harinya dan didakwa menggunakan akta kelahiran palsu dan memberikan informasi identitas palsu.

Hukuman dalam kasus ini belum dijatuhkan, namun Kierans berisiko menghadapi hukuman 30 tahun penjara karena satu tuduhan pernyataan palsu kepada lembaga yang diasuransikan oleh National Credit Union Administration, dan dua tahun karena pencurian identitas yang parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini