Sukses

PBB: Iran Masuk Kategori Negara Krisis Air, Eksploitasi Air Tanah Jadi Salah Satu Faktor

Laporan PBB mengemukakan bahwa wilayah yang mengalami kekurangan air paling parah adalah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Liputan6.com, Teheran - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan bahwa dunia sedang "menghadapi krisis air". Salah satu negara yang masuk dalam daftar "kekurangan air yang parah adalah Iran.

Laporan Pembangunan Air Dunia PBB yang dirilis pada minggu ini menjelang Hari Air Sedunia, yang diperingati pada Jumat (22/3), menyatakan bahwa dalam dua dekade yang berakhir pada 2021, kekeringan berdampak pada lebih dari 1,4 miliar orang di seluruh dunia, dan menyebabkan hampir 21.000 kematian.

Dalam sebuah laporan pada Agustus, World Resources Institute yang berbasis di Washington menyoroti Iran di antara 25 negara yang bergulat dengan kekurangan air yang parah. Demikian seperti dilansir VOA Indonesia, Rabu (27/3/2024).

Wilayah yang paling mengalami kekurangan air adalah Timur Tengah dan Afrika Utara, di mana 83 persen penduduknya mengalami kekurangan air yang sangat tinggi, serta Asia Selatan, di mana 74 persen penduduknya mengalami kekurangan air, menurut laporan tersebut.

Laporan itu mengatakan bahwa 25 negara – yang dihuni seperempat populasi global – menggunakan lebih dari 80 persen pasokan air terbarukan mereka untuk irigasi, peternakan, industri dan kebutuhan rumah tangga, dan bahkan kekeringan jangka pendek pun akan menempatkan tempat-tempat ini dalam bahaya kehabisan air.

Laporan tersebut menyebutkan enam negara yang paling mengalami kesulitan air adalah:

  1. Bahrain
  2. Siprus
  3. Kuwait
  4. Lebanon
  5. Oman
  6. Qatar

Sementara itu, negara lain yang masuk dalam 25 besar adalah:

  1. Arab Saudi
  2. Israel
  3. Mesir
  4. Libya
  5. Yaman
  6. Botswana
  7. Yordania
  8. Chile
  9. San Marino
  10. Belgia
  11. Yunani
  12. Tunisia
  13. Namibia
  14. Afrika Selatan
  15. Irak
  16. India
  17. Suriah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Air Meningkat

Menurut World Resources Institute (WRI), permintaan air global diproyeksikan meningkat sebesar 20 persen hingga 25 persen pada 2050, sementara jumlah wilayah yang menghadapi kelangkaan air setiap tahun diperkirakan meningkat sebesar 19 persen.

Kata WRI, bagi Timur Tengah dan Afrika Utara, hal ini berarti 100 persen penduduknya akan mengalami kekurangan air yang sangat tinggi pada 2050.

Laporan institut tersebut mengutip Iran sebagai contoh di mana pengelolaan air yang buruk dan penggunaan air yang tidak berkelanjutan untuk pertanian selama beberapa dekade telah menimbulkan protes. Ketegangan-ketegangan itu yang hanya akan meningkat seiring dengan memburuknya kekurangan air.

3 dari 4 halaman

Kelangkaan Air di Dunia

Nikahang Kowsar, seorang pakar sumber daya air, mengatakan kepada VOA, “Kelangkaan air di banyak negara di seluruh dunia, termasuk Timur Tengah, disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pertumbuhan penduduk, pembangunan yang tidak berkelanjutan, pemanfaatan yang berlebihan dan dampak perubahan iklim, seperti perubahan pola curah hujan dan perubahan iklim. peningkatan penguapan."

Kowsar mengatakan pengambilan keputusan dari atas ke bawah, tidak adanya praktik demokrasi dalam pemerintahan dan kurangnya partisipasi dalam pengambilan keputusan merupakan faktor-faktor yang memperburuk kondisi sulit di berbagai wilayah di Iran.

Dia lebih lanjut menekankan bahwa "eksploitasi air tanah yang berlebihan untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan perkotaan telah menyebabkan Iran mengalami paceklik air."

4 dari 4 halaman

Populasi Dunia Alami Kekurangan Air

Nikahang Kowsar, seorang pakar sumber daya air mengatakan dengan berkurangnya permukaan air tanah secara signifikan dan kegagalan untuk mengisi kembali air yang diekstraksi, diperkirakan bahwa di tahun-tahun mendatang, kelangkaan air di beberapa wilayah di Iran akan meningkat, sehingga menyebabkan ketidakstabilan dan meningkatnya ketegangan.

World Resources Institute mengatakan setidaknya 50 persen populasi dunia – sekitar empat miliar orang – hidup dalam kondisi yang sangat kekurangan air setidaknya selama satu bulan dalam setahun, sehingga membahayakan kehidupan manusia, pekerjaan, ketahanan pangan dan energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.