Sukses

Drone Israel Bunuh Wakil Pemimpin Hamas di Lebanon, Risiko Perang Meluas ke Jalur Gaza Meningkat?

Israel membunuh wakil pemimpin Hamas Saleh al-Arouri dalam serangan drone atau pesawat tak berawak di ibu kota Lebanon, Beirut pada Selasa (2 Januari).

Liputan6.com, Beirut - Israel membunuh wakil pemimpin Hamas Saleh al-Arouri dalam serangan drone atau pesawat tak berawak di ibu kota Lebanon, Beirut pada Selasa (2 Januari), kata sumber keamanan Lebanon dan Palestina, ketika tank dan pesawat tempurnya menghantam Gaza dalam peperangan "intensitas tinggi" lebih lanjut melawan kelompok militan tersebut di daerah kantong.

Mengutip laporan Channel News Asia, Rabu (3/1/2023), Radio dan TV Hamas serta TV Mayadeen yang pro-Iran di Lebanon mengonfirmasi kabar dari sumber keamanan bahwa Arouri, anggota politbiro gerakan militan Palestina yang berbasis di luar negeri dan salah satu pendiri sayap militer Hamas, Brigade Izz-el-Deen al-Qassam, tewas ketika sebuah pesawat tak berawak menyerang kantor Hamas di Beirut selatan.

Secara keseluruhan, serangan pesawat tak berawak itu menewaskan enam orang di pinggiran selatan Kota Daliyeh, yang merupakan benteng pertahanan Hizbullah, kata kantor berita pemerintah Lebanon.

Dua sumber keamanan mengatakan pesawat tak berawak itu menargetkan sebuah pertemuan dan TV Al Aqsa Hamas mengatakan komandan sayap bersenjata kelompok itu di Lebanon – Samir Findi Abu Amer dan Azzam Al-Aqraa Abu Ammar – termasuk di antara korban tewas.

Wakil pemimpin Hamas Saleh al-Arouri yang berusia 57 tahun adalah pemimpin politik senior Hamas pertama yang terbunuh sejak Israel melancarkan serangan udara dan darat yang menghancurkan terhadap penguasa Hamas di Gaza, hampir tiga bulan lalu setelah militan Hamas mengamuk di kota-kota Israel.

Pembunuhan Saleh al-Arouri dapat meningkatkan risiko perang Israel-Hamas yang meluas ke luar Jalur Gaza. Kelompok Hizbullah Lebanon yang bersenjata lengkap, sekutu Hamas, hampir setiap hari melakukan baku tembak dengan Israel di perbatasan selatan Lebanon sejak perang di Gaza dimulai.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Juru Bicara Militer Israel: Kami Fokus Membunuh Hamas

Saat dimintai konfirmasi bahwa Israel berada di balik pembunuhan Saleh al-Arouri, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan pada konferensi pers: "Kami fokus membunuh Hamas."

Daniel Hagari menolak menjelaskan lebih lanjut.

Sementara Mark Regev, penasihat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan MSNBC TV bahwa Israel "tidak bertanggung jawab atas serangan ini".

"Tetapi siapa pun pelakunya, harus jelas – ini bukan serangan terhadap negara Lebanon," kata Mark Regev. "Siapapun yang melakukan ini melakukan serangan menargetkan kepemimpinan Hamas".

Israel menuduh Arouri memerintahkan dan mengawasi serangan Hamas di Tepi Barat yang diduduki Israel selama bertahun-tahun.​

"Saya menunggu kemartiran (kematian) dan saya pikir saya telah hidup terlalu lama," kata Arouri pada Agustus 2023, menyinggung ancaman Israel untuk melenyapkan para pemimpin Hamas baik di Gaza maupun di luar negeri.

Arouri baru-baru ini menghabiskan waktu di Lebanon dan Qatar, di mana seorang pejabat Hamas mengatakan bahwa dia berada di "inti perundingan" yang dilakukan oleh Kairo dan Doha mengenai cara-cara menyelesaikan konflik Gaza, dan pembebasan sandera yang dilakukan Hamas ke Israel pada 7 Oktober.

 

3 dari 4 halaman

Lebanon Mengecam Pembunuhan Saleh al-Arouri

Perdana Menteri sementara Lebanon Najib Mikati mengutuk serangan itu sebagai "kejahatan baru Israel" dan upaya untuk menarik Lebanon ke dalam perang. Kantornya mengatakan dia meminta menteri luar negerinya untuk mengajukan keluhan ke Dewan Keamanan PBB atas semua "pelanggaran baru Israel terhadap kedaulatan Lebanon".

Nasser Kanaani, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, pendukung utama Hamas dan Hizbullah, mengatakan pembunuhan Arouri "tidak diragukan lagi akan memicu gelombang perlawanan dan motivasi untuk berperang melawan penjajah Zionis, tidak hanya di Palestina tetapi juga di kawasan dan di antara semua pencari kemerdekaan di seluruh dunia".

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi pada bulan Agustus, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah telah memperingatkan Israel agar tidak melakukan pembunuhan apa pun di tanah Lebanon, dan bersumpah akan memberikan "reaksi keras".

Ratusan warga Palestina turun ke jalan Ramallah dan kota-kota lain di Tepi Barat untuk mengutuk pembunuhan Arouri, sambil meneriakkan, "Balas dendam, balas dendam, Qassam!"

Perang Gaza dipicu oleh serangan mengejutkan Hamas lintas-perbatasan di kota-kota Israel pada 7 Oktober yang menurut Israel menewaskan 1.200 orang dan sekitar 240 sandera dipulangkan ke Gaza – hari paling berdarah dalam 75 tahun sejarah negara Yahudi itu.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 207 orang telah terbunuh dalam 24 jam terakhir, menjadikan total korban tewas warga Palestina yang tercatat menjadi 22.185 orang dalam hampir tiga bulan perang di Gaza, babak paling mematikan dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan operasi di sekitar Khan Younis, kota utama Gaza selatan, terkonsentrasi di daerah di atas jaringan terowongan tempat para pemimpin Hamas diyakini bersembunyi.

"Kami menjangkau mereka dengan segala cara. Sudah ada keterlibatan dan ada juga sandera (Israel) di sana, sayangnya," katanya kepada pasukan di Gaza dalam tayangan yang ditayangkan di televisi Israel.

Adapun korban warga sipil meningkat di Gaza selatan karena serangan Israel bergeser dari utara ke sana. Israel mengatakan pihaknya berusaha menghindari kerugian terhadap warga sipil dan menyalahkan Hamas karena memasukkan pejuang ke dalam kelompok mereka, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Hamas.

Amerika Serikat, pendukung utama Israel, telah mendesak Israel untuk mengendalikan serangan udara dan darat, yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza yang padat penduduk, dan mendukung serangan yang lebih bertarget yang berfokus pada para pemimpin Hamas.

Israel telah mengumumkan rencana untuk menarik kembali sejumlah pasukannya, mengisyaratkan fase baru dalam perang di tengah meningkatnya protes global atas penderitaan warga sipil Gaza, meskipun Israel juga memperingatkan bahwa serangannya masih akan berlangsung berbulan-bulan.

Pemboman Israel telah melanda 2,3 juta penduduk Gaza dalam bencana kemanusiaan yang menyebabkan ribuan orang menjadi miskin dan terancam kelaparan karena kurangnya pasokan makanan.

4 dari 4 halaman

Respons Hamas Soal Gencatan Senjata dengan Israel

Sesaat sebelum pembunuhan Arouri, pemimpin tertinggi Hamas Ismail Haniyeh, yang juga berbasis di luar Gaza, mengatakan gerakan tersebut telah menyampaikan tanggapannya terhadap proposal gencatan senjata Mesir-Qatar.

Dia menegaskan kembali bahwa syarat yang diajukan Hamas berarti "penghentian total" serangan Israel dengan imbalan pembebasan sandera lebih lanjut.

Israel meyakini 129 sandera masih berada di Gaza setelah beberapa dibebaskan dalam gencatan senjata singkat pada akhir November, dan yang lainnya terbunuh dalam serangan udara dan upaya penyelamatan atau pelarian.

Israel telah berjanji untuk terus berperang hingga Hamas berhasil dilenyapkan, namun tidak jelas apa yang akan dilakukan terhadap daerah kantong tersebut jika mereka berhasil, dan apa dampak dari hal ini terhadap prospek negara Palestina yang merdeka.

Penduduk Gaza mengatakan pesawat tempur dan tank Israel meningkatkan pemboman di Distrik Khan Younis di bagian timur dan utara, tempat puluhan ribu pengungsi Palestina mencari perlindungan setelah terpaksa meninggalkan rumah mereka di tempat lain.

Di utara Jalur Gaza, kata Gallant, Israel telah menghancurkan 12 resimen Hamas dan hanya tersisa beberapa ribu militan dari 15.000-18.000 militan yang bermarkas di wilayah tersebut. Yang lainnya telah melarikan diri ke selatan, katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini