Sukses

Ini Menu Wajib Kerajaan Inggris saat Natal, Ada Kalkun Panggang hingga Pudding

Mantan koki kerajaan Inggris mengungkapkan menu makan malam Natal para bangsawan yang cenderung membosankan karena sama setiap tahunnya.

Liputan6.com, London - Salah satu mantan koki Kerajaan Inggris membocorkan menu makan malam Natal yang rutin disantap keluarga bangsawan serta mengungkapkan minuman pilihan mendiang Ratu Elizabeth II setiap tahunnya.

Dilansir Mirror, Rabu (20/12/2023), keluarga bangsawan Kerajaan Inggris kemungkinan akan merayakan Natal di Sandringham Estate. Mereka diketahui akan melakukan sejumlah tradisi Natal, termasuk membuka hadiah hingga makan bersama pada saat Malam Natal.

Secara khusus mengenai makan malam mereka, salah satu mantan koki mengungkapkan bahwa menu yang dipilih cenderung "membosankan" karena sama setiap tahunnya.

Darren McGrady, mantan koki kerajaan yang awalnya bekerja di Savoy Hotel di London, memasak untuk Keluarga Kerajaan selama 15 tahun dan menyajikan makanan untuk anggota Kerajaan Inggris lintas generasi, mulai dari mendiang Ratu Elizabeth II dan mendiang Putri Diana.

"Menu makanan mereka sama setiap tahunnya dan mereka sebenarnya cukup membosankan jika menyangkut soal perayaan. Mereka tidak membuat ham atau apa pun, hanya kalkun tradisional," ungkapnya.

"Kami memasak tiga kalkun, satu untuk Ratu dan keluarganya di ruangan jamuan makan kerajaan, satu untuk tempat penitipan anak-anak dan satu lagi untuk staf yang jumlahnya bisa lebih dari 100. Jadi semua orang menikmati makan di perayaan Natal," lanjut dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turut Menyantap Pudding Tradisional

McGrady turut membocorkan menu kalkun yang biasanya disajikan dengan kentang tumbuk atau panggang, juga ada isiang kastanye dan bawang bombay, saus cranberry dan roti. Selain itu sayurannya termasuk kubis, wortel dan parsnips panggang.

Setelah menikmati hidangan utama, para anggota kerajaan akan menyantap pudding tradisional khas Natal yang juga disajikan oleh pelayah Istana ke ruang makan.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by The Royal Family (@theroyalfamily)

Lebih lanjut, McGrady juga mengatakan pilihan minuman kesukaan mendiang Ratu Elizabeth II yakni gin dan koktail dubonnet atau terkadang anggur putih Jerman gewürztraminer, yang dinikmatinya sebelum makan.

3 dari 4 halaman

Tradisi Malam Natal di Kerajaan

Situs web resmi Kerajaan menyatakan bahwa pada Malam Natal, keluarga kerajaan akan meletakkan hadiah mereka di atas meja kayu dan akan menukar hadiah mereka sambil minum teh.

Semua anggota rumah tangga kerajaan juga menerima hadiah Natal dari Ratu. Kemudian, Ratu secara pribadi membagikan hadiah kepada beberapa anggota Rumah Tangga Kerajaan di Istana Buckingham dan Kastil Windsor. Ini merupakan tradisi yang diterapkan sebelum Ratu Elizabeth II meninggal. 

Seluruh keluarga duduk untuk makan malam formal pada Malam Natal, di mana semua tamu diharapkan mengenakan dasi hitam atau gaun malam.

Menurut dokumenter Channel 5, mereka akan menyantap enam hidangan yang diterangi cahaya lilin dengan menu yang sering ditulis dalam bahasa Prancis.

4 dari 4 halaman

Ibadah di Hari Natal

Menurut tradisi, anggota keluarga kerajaan lainnya menghadiri kebaktian pagi pada Hari Natal di St Mary Magdalene, Sandringham, sebuah gereja pedesaan yang dikunjungi oleh nenek buyut Ratu Victoria, yang dibangun pada abad ke-16.

Sementara tradisi Natal lain yang dilakukan oleh anggota kerajaan adalah mengirimkan kartu ucapan Natal. 

Setiap tahun, mendiang Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh mengirimkan sekitar 750 Kartu Natal, yang biasanya berisi foto keluarga. Kartu tersebut bertanda 'Elizabeth R' dan 'Philip' dan menampilkan sandi resmi mereka.

Keluarga, teman, dan Anggota Rumah Tangga Kerajaan kemungkinan besar akan menjadi penerima Kartu Natal Kerajaan, namun Perdana Menteri Inggris dan Persemakmuran, Gubernur Jenderal, dan Komisi Tinggi juga dapat dikirimkan.

Duke of Edinburgh memiliki 200 kartu lagi yang dikirimkan pada hari Natal ke berbagai resimen dan organisasi yang dekat dengannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini