Sukses

5 Makanan Termahal Dunia, Dari Kentang Goreng Rp3 Juta hingga Keju Rp493 Juta

Makanan-makanan termahal dunia berikut ini mungkin sering kita temui atau bahkan nikmati dengan harga merakyat. Namun, di sejumlah tempat, makanan tersebut diolah menggunakan bahan-bahan premium, sehingga menjadikan nilainya fantastis.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak jarang para pecinta kuliner rela merogoh kocek lebih dalam untuk mencicipi makanan eksklusif. Sebut saja seperti seperti hati angsa atau kaviar, yang tidak sembarangan orang bisa menikmatinya.

Selain itu, beberapa orang juga rela membayar lebih demi pengalaman makan di tempat-tempat ekstrem, seperti di ketinggian tertentu hingga di bawah laut .

Namun, relakah Anda membayar lebih untuk sejumlah menu makanan yang sering ditemukan sehari-hari?

Dilansir UPI, Sabtu (18/11/2023), berikut sejumlah menu makanan yang mungkin familiar bagi Anda tapi harganya selangit:

1. Kentang Goreng

Restoran Serendipity3 di Upper East Side Manhattan, New York, Amerika Serikat, memperoleh gelar dari Guinness World Records untuk kentang goreng termahal di dunia. 

Kentang goreng mereka diberi nama "Creme de la Creme Pommes Frites". Seporsi kentang goreng dijual dengan harga USD 200 atau sekitar Rp3 juta.

Namun, kentang goreng tersebut bukanlah kentang goreng biasa mengingat bahan-bahannya premium, seperti kentang Chipperbeck, Dom Perignon Champagne, Jean LeBlanc Champagne Ardenne Wine Vinegar, lemak angsa bebas kandang dari Prancis, minyak truffle, keju Crete Senesi Pecorino Tartufello, hingga serpihan emas 23 karat yang dapat dimakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sandwich

Masih di restoran yang sama, Serendipity3, juga meraih gelar rekor dunia untuk menu roti lapis keju atau sandwich yang dijual dengan harga USD 214 atau sekitar Rp3,3 juta. Mereka menyebut menu ini "Quintessential Grilled Cheese".

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Serendipity 3 (@serendipity3nyc)

 

Sandwich tersebut tidak hanya dilapisi emas 24 karat, namun rotinya juga dipanggang dengan Dom Perignon Champagne, dilapisi mentega truffle putih, dan diisi dengan irisan keju Caciocavallo Podolico.

3. Kue Kepiting

Seorang koki bernama Lazarius Ken Leysath Walker dari restoran The Twist di Columbia, Carolina Selatan, mengembangkan resep yang kemudian menjadi kue kepiting alias crab cake termahal di dunia. Harganya disebut USD 310 atau sekitar Rp4,7 juta.

Kreasi makanan laut mewah ini terdiri dari daging rajungan, mentega, rempah-rempah, truffle hitam, daun platinum, dan serpihan platinum.

3 dari 4 halaman

4. Es Krim

Dalam kategori hidangan penutup, es krim asal Jepang dengan varian rasa yang disebut Byakuya dijual dengan harga USD 6.696 atau sekitar Rp103 juta per porsi.

Beberapa bahannya termasuk truffle putih langka yang ditanam di Alba, Italia. Harga truffle itu dilaporkan mencapai sekitar USD 6.905 atau sekitar Rp106,5 juta per gramnya.

Bahan lain di es krim bernilai fantastis ini juga termasuk ampas sake dan keju Parmigiano Reggiano.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Guinness World Records (@guinnessworldrecords)

4 dari 4 halaman

5. Keju

Blue cheese atau keju biru seberat 4,8 pon yang diproduksi oleh Guillermo Pendas di pabrik keluarganya di Los Puertas, berhasil dilelang dengan harga USD 32.000 atau sekitar Rp493 juta setelah meraih penghargaan tertinggi di kompetisi keju tahunan Cabrales ke-51 di Las Arenas.

Keju, yang mendapatkan Guinness World Records untuk keju termahal yang dijual di lelang, disimpan di gua pegunungan Asturias.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini