Sukses

Anjing Joe Biden Disingkirkan dari Gedung Putih Karena Sering Gigit Secret Service

Commander, anjing milik keluarga Joe Biden, tiba di Gedung Putih pada tahun 2021 sebagai anak anjing. Dia adalah hadiah dari saudara laki-laki Biden, James.

Liputan6.com, Washington - Anjing keluarga Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah dikeluarkan dari Gedung Putih. Langkah ini diambil setelah Commander terlibat serangkaian insiden gigitan.

"Presiden dan ibu negara sangat peduli terhadap keselamatan mereka yang bekerja di Gedung Putih dan petugas yang melindungi mereka setiap hari," ujar juru bicara Jill Biden, Elizabeth Alexander, pada Rabu (4/10/2023), seperti dilansir BBC.

"Mereka berterima kasih atas kesabaran dan dukungan dari Dinas Rahasia (Secret Service) dan semua yang terlibat ... Commander saat ini tidak berada di Gedung Putih sementara langkah selanjutnya sedang dievaluasi."

Elizabeth tidak mengatakan di mana anjing itu tinggal saat ini atau apakah anjing itu pada akhirnya akan kembali ke Gedung Putih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terlibat dalam Lebih dari 11 Kasus

Pernyataan Elizabeth muncul tidak lama setelah CNN melaporkan bahwa Commander terlibat dalam lebih dari 11 insiden gigitan yang diakui oleh Secret Service.

Kasus teranyar yang melibatkan Commander yang merupakan anjing jenis German Shepherd terjadi pada Senin, 24 September 2023, di mana seorang agen Secret Service harus menjalani perawatan medis di lokasi kejadian akibat gigitannya.

Dilaporkan bahwa jumlah kasus gigitan Commander sebenarnya lebih tinggi, di mana satu kasus memerlukan perawatan di rumah sakit dan lainnya di lokasi kejadian.

3 dari 4 halaman

Faktor Stres?

Sekretaris pers Gedung Putih sebelumnya menyalahkan serangan anjing atas tekanan hidup di kediaman resmi orang nomor satu di AS.

"Seperti yang Anda semua tahu, kompleks Gedung Putih bisa jadi unik dan sangat menegangkan," kata Karine Jean-Pierre pada Juli 2023.

"Ini unik dan membuat stres bagi kita semua. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana rasanya menjadi hewan peliharaan keluarga."

Pada bulan yang sama, pejabat Gedung Putih mengatakan mereka mencoba teknik pelatihan baru terhadap Commander.

4 dari 4 halaman

Hadiah Saudara

Anjing Biden lainnya, Mayor, juga terlibat dalam berbagai kasus menggigit agen Secret Service. Mayor sekarang sudah pindah dari Gedung Putih dan tinggal bersama teman-teman dari keluarga Biden setelah sempat menjalani pelatihan tambahan pada tahun 2021.

Commander sendiri tiba di Gedung Putih pada tahun 2021 sebagai anak anjing. Dia adalah hadiah dari saudara laki-laki Biden, James.

Selain anjing, keluarga Biden juga memiliki seekor kucing bernama Willow.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini