Sukses

Korban Gempa Maroko Bertambah, Kini Capai 820 Orang

Gempa berkekuatan magnitudo 6,8 ini merupakan gempa terparah yang melanda Maroko dalam 120 tahun terakhir, dan merobohkan bangunan serta tembok di kota-kota kuno yang terbuat dari batu dan bata yang tidak dirancang untuk tahan terhadap gempa.

Liputan6.com, Marrakesh - Gempa bumi dahsyat yang jarang terjadi melanda Maroko pada Jumat 8 September 2023 malam, menewaskan lebih dari 800 orang dan merusak bangunan dari desa-desa di Pegunungan Atlas hingga kota bersejarah Marrakesh. Namun jumlah total korban jiwa akibat gempa Maroko terkini itu belum diketahui karena tim penyelamat berjuang untuk melewati jalan-jalan berbatu menuju desa-desa pegunungan terpencil yang paling terkena dampaknya.

"Gempa tersebut menyebabkan sedikitnya 820 orang tewas dan 672 luka-luka," menurut laporan resmi baru dari Kementerian Dalam Negeri Maroko dikutip dari Euro News, Sabtu (9/9/2023).

Laporan Associated Press (AP) menyebut, orang-orang yang terbangun karena gempa bumi berlari ke jalan karena ketakutan dan ketidakpercayaan. Televisi pemerintah menunjukkan orang-orang berkerumun di jalan-jalan Marrakesh pada larut malam, takut untuk kembali ke dalam gedung yang mungkin masih tidak stabil.

Seorang pria mengatakan dia sedang mengunjungi apartemen terdekat ketika piring dan hiasan dinding mulai berjatuhan, dan orang-orang terjatuh saat berdiri maupun ketika duduk di kursi. Seorang wanita menggambarkan dirinya melarikan diri dari rumahnya setelah terjadi "getaran hebat". Lainnya, seorang pria yang sedang menggendong anak mengatakan bahwa dia terbangun di tempat tidur karena guncangan tersebut.

Gempa bumi Maroko berkekuatan magnitudo 6,8 ini merupakan gempa terparah yang melanda Maroko dalam 120 tahun terakhir. Dilaporkan juga merobohkan bangunan serta tembok di kota-kota kuno yang terbuat dari batu dan bata yang tidak dirancang untuk tahan terhadap gempa.

"Masalahnya adalah ketika gempa bumi dahsyat jarang terjadi, bangunan-bangunan tidak dibangun cukup kokoh untuk menahan guncangan tanah yang kuat, sehingga banyak bangunan runtuh yang mengakibatkan banyak korban jiwa," kata Bill McGuire, profesor emeritus bahaya geofisika dan iklim di University College London.

"Saya memperkirakan jumlah korban tewas terakhir akan mencapai ribuan setelah diketahui lagi. Seperti halnya gempa besar lainnya, gempa susulan mungkin terjadi, yang akan menyebabkan lebih banyak korban jiwa dan menghambat pencarian dan penyelamatan," imbuh Bill McGuire.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masjid Terkenal di Maroko Juga Terdampak Gempa, Rusak

Di Marrakesh, Masjid Koutoubia yang terkenal, yang dibangun pada abad ke-12, mengalami kerusakan, namun seberapa parahnya belum jelas. Menara setinggi 69 meter (226 kaki) dikenal sebagai “atap Marrakesh.” Warga Maroko juga mengunggah video yang menunjukkan kerusakan pada bagian tembok merah terkenal yang mengelilingi kota tua, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Setidaknya 820 orang tewas, sebagian besar di Marrakesh dan lima provinsi dekat pusat gempa, dan 672 orang lainnya terluka, Kementerian Dalam Negeri Maroko melaporkan pada Sabtu pagi. Dari korban luka, tulis kementerian, 205 orang terluka parah.

Tim penyelamat bekerja sepanjang malam, mencari korban yang selamat dalam kegelapan, debu dan puing-puing.

Kepala kota dekat pusat gempa mengatakan kepada situs berita Maroko 2M bahwa beberapa rumah di kota-kota terdekat telah runtuh sebagian atau seluruhnya, dan listrik serta jalan terputus di beberapa tempat.

Abderrahim Ait Daoud, kepala Kota Talat N'Yaaqoub, mengatakan pihak berwenang berupaya membersihkan jalan di Provinsi Al Haouz untuk memungkinkan lewatnya ambulans dan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak, namun mengatakan jarak yang jauh antara desa-desa pegunungan berarti perlu waktu untuk mempelajarinya. sejauh mana kerusakannya.

Ada pula warga Maroko yang memposting video yang menunjukkan bangunan-bangunan menjadi puing-puing dan debu, dan bagian dari tembok merah terkenal yang mengelilingi kota tua di Marrakesh, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, rusak.

3 dari 4 halaman

Kiriman Bantuan ke Daerah Terdampak Kerusakan Akibat Gempa

Militer Maroko dan layanan darurat dilaporkan tengah memobilisasi upaya bantuan ke daerah-daerah yang terkena dampak kerusakan, namun jalan-jalan menuju daerah pegunungan di sekitar pusat gempa dipenuhi kendaraan dan terhalang oleh batu-batu yang runtuh, sehingga memperlambat upaya penyelamatan.

Truk-truk yang memuat selimut, tempat tidur kamp dan peralatan penerangan berusaha mencapai daerah yang terkena dampak paling parah, kantor berita resmi MAP melaporkan.

Di jalur yang curam dan berkelok-kelok dari Marrakesh ke Al Haouz, ambulans dengan sirene yang menggelegar dan membunyikan klakson mobil berbelok di sekitar tumpukan batu merah mirip Mars yang jatuh dari lereng gunung dan menghalangi jalan. Pekerja Palang Merah berusaha membersihkan batu besar yang menghalangi jalan raya dua jalur tersebut.

Sabtu pagi di Marrakesh, ambulans dan sepeda motor melaju di pinggir kota tua, tempat aktivitas seperti biasa sebagian besar dilanjutkan pada Sabtu pagi. Wisatawan dan pejalan kaki melewati penghalang jalan dan mengambil foto bagian dinding tanah liat oker yang retak, menumpahkan pecahan dan debu ke trotoar dan jalan.

4 dari 4 halaman

Para Pemimpin Dunia Tawarkan Bantuan

Para pemimpin dunia menawarkan untuk mengirimkan bantuan atau kru penyelamat tatkala ucapan belasungkawa mengalir dari negara-negara di seluruh Eropa, KTT G20 di India, negara-negara di seluruh Eropa, Timur Tengah dan sekitarnya.

Presiden Turki, yang negaranya kehilangan puluhan ribu orang akibat gempa besar awal tahun ini, termasuk di antara mereka yang mengusulkan bantuan. Prancis dan Jerman, dengan populasi besar penduduk asal Maroko, juga menawarkan bantuan, dan para pemimpin Ukraina dan Rusia menyatakan dukungannya terhadap warga Maroko.

Pemerintah Maroko belum secara resmi meminta bantuan, sebuah langkah yang diperlukan agar kru penyelamat dari luar bisa didatangkan.

Survei Geologi AS atau USGS mengatakan gempa tersebut berkekuatan awal 6,8 skala Richter ketika terjadi pada pukul 23:11 waktu setempat (22.11 GMT), dengan guncangan yang berlangsung beberapa detik. Badan AS tersebut melaporkan gempa susulan berkekuatan 4,9 terjadi 19 menit kemudian.

Pusat gempa pada hari Jumat 8 September itu dilaporkan berada di dekat Kota Ighil di Provinsi Al Haouz, sekitar 70 kilometer (43,5 mil) selatan Marrakesh. Al Haouz terkenal dengan desa-desa indah dan lembah-lembah yang terletak di High Atlas, dan desa-desa yang dibangun di lereng gunung.

USGS mengatakan pusat gempa berada 18 kilometer (11 mil) di bawah permukaan Bumi, sementara badan seismik Maroko memperkirakan pusat gempa berada pada kedalaman 11 kilometer (7 mil). Gempa dangkal seperti ini lebih berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini