Sukses

Raja Kamboja Rilis Dekret Angkat Hun Manet Putra Hun Sen Jadi PM, Sah Jadi Pemimpin Jika Kantongi Mosi Tak Percaya

Hun Manet ditunjuk sebagai pemimpin baru Kamboja oleh raja pada Senin (7/8/2023), setelah secara efektif diberi jabatan dari ayahnya yang memerintah selama hampir empat dekade.

Liputan6.com, Phnom Penh - Hun Manet ditunjuk sebagai pemimpin baru Kamboja oleh raja pada Senin (7/8/2023), setelah secara efektif diberi jabatan dari ayahnya yang memerintah selama hampir empat dekade.

Beberapa hari setelah kemenangan telak dalam pemilihan Juli, Hun Sen - salah satu pemimpin terlama di dunia - mengumumkan dia mengundurkan diri sebagai perdana menteri dan menyerahkan kekuasaan kepada putra sulungnya.

Jajak pendapat secara luas mengkritik pemilu Kamboja menyebutnya palsu, setelah penantang oposisi Candlelight Party (Partai Cahaya Lilin) dilarang berpertisipasi karena kendala teknis. Sementara Cambodian People's Party (CPP) atau Partai Rakyat Kamboja yang berkuasa memenangkan semua suara kecuali lima kursi di parlemen yang beranggotakan 125 orang.

Pada hari Senin, menyusul permintaan dari Hun Sen, Raja Norodom Sihamoni mengeluarkan dekret kerajaan yang menyatakan bahwa dia "menunjuk Dr Hun Manet sebagai perdana menteri Kerajaan Kamboja untuk mandat ke-7 parlemen".

Namun, untuk secara resmi menjadi pemimpin baru Kamboja, pria berusia 45 tahun itu dan kabinet barunya harus memenangkan mosi tidak percaya di parlemen yang ditetapkan pada 22 Agustus.

Pemerintah yang akan datang akan mengantarkan para menteri muda - dengan beberapa jabatan yang dikosongkan oleh ayah mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Janji Tak Ganggu Pemerintahan Putranya, Tapi Dominasi Politik Kamboja

Sambil bersikeras dia tidak akan mengganggu pemerintahan putranya, Hun Sen telah berjanji kepada warga Kamboja bahwa dia akan terus mendominasi politik negara itu.

Setelah berkuasa pada tahun 1985, dia membantu memodernisasi negara yang hancur oleh perang saudara dan genosida, meskipun para kritikus mengatakan pemerintahannya juga ditandai dengan perusakan lingkungan, korupsi yang mengakar, dan pemusnahan hampir semua saingan politik.

Amerika Serikat, Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Uni Eropa mengutuk pemungutan suara bulan lalu sebagai tidak bebas dan tidak adil.

Hun Sen menolak tuduhan itu dan mengatakan penyerahannya, sebuah suksesi dinasti yang dibandingkan oleh beberapa kritikus Korea Utara, dilakukan untuk menjaga perdamaian dan menghindari "pertumpahan darah" jika dia meninggal saat menjabat.

Dia juga memperingatkan bahwa jika nyawa Hun Manet terancam, dia akan kembali sebagai PM.

 

3 dari 4 halaman

Analis: Hun Manet Belum Teruji di Arena Politik

Meski dipersiapkan untuk posisi itu selama bertahun-tahun, putra sulung penguasa tangan besi Kamboja itu tetap belum teruji di arena politik, kata para analis.

Dan ada beberapa harapan Hun Manet akan memetakan jalan yang lebih liberal daripada ayahnya, berlatar didikan di Inggris dan Amerika Serikat.

Sebagai anggota komite permanen partai yang berkuasa, dia telah menjadi komandan Angkatan Darat Kerajaan Kamboja sejak 2018.

Hun Manet juga telah bertemu dengan beberapa pemimpin dunia termasuk Presiden Xi Jinping dari China, sekutu utama Kamboja dan seorang dermawan yang signifikan.

Setelah mengundurkan diri, Hun Sen akan menjadi presiden Senat awal tahun depan dan bertindak sebagai kepala negara saat raja berada di luar negeri.

4 dari 4 halaman

Oposisi Sebut Rezim Kamboja Mirip di Korea Utara

Pada Mei lalu, tokoh oposisi Kamboja, Sam Rainsy, sempat datng ke Indonesia. Kepada media, ia mengungkap fakta yang jarang dibahas di ASEAN, bahwa pemimpin Kamboja berkuasa selama hampir 40 tahun. 

Sam Rainsy lantas khawatir bahwa Hun Sen akan melanjutkan kekuasaan hingga membangun dinasti yang tidak demokratis, seperti Korea Utara.

"Hun Sen sekarang berencana untuk digantikan oleh anak laki-lakinya sendiri. Ia ingin membuat dinasti politik, seperti di Korea Utara. Dan ia bilang, setelah anak laki-lakinya, maka cucu-cucunya yang akan menggantikan putranya," ujar Sam Rainsy dalam acara diskusi yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Jakarta, Jumat (19/5).

Sam Rainsy merupakan politikus Kamboja yang menjadi eksil sejak tahun 2015. Human Rights Watch (HRW) melaporkan pada 2022 bahwa pemerintah Hun Sen memang menarget pihak oposisi lewat pengadilan massal.

"Parahnya lagi, demi mengamankan dukungan dari orang-orang di kelompoknya, ia (Hun Sen) berjanji kepada anggota kelompoknya agar mereka digantikan oleh anaknya masing-masing. Jadi ini klan. Penerusan seperti klan. Feodalistik. Beberapa keluarga akan terus memerintah negara ini selamanya," lanjut Rainsy.

Politikus senior itu berkata orang-orang intelektual di Kamboja sudah sadar betapa "gilanya" kondisi di Kamboja.

Rainsy lantas meminta agar Indonesia tidak mengakui pemilu Kamboja pada Juli mendatang karena menuding badan pemilu negara itu tidak netral. Kendati demikian Indonesia yang masuk dalam ASEAN diketahui memiliki prinsip non-intervensi.

Perihal tersebut, Rainsy mengatakan sejatinya perlu ada perubahan, sebab ia yakin Kamboja akan lebih sensitif terhadap kritikan internasional.

Rainsy berkata pihak Myanmar memang lebih tertutup, sehingga lebih imun terhadap kritikan internasional. Tetapi, Kamboja butuh dukungan internasional untuk membangun proyek-proyek dan mendapat pendanaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.