Sukses

AS Tuduh Iran Bantu Rusia Bangun Pabrik hingga Kirim Drone untuk Serang Ukraina

Amerika Serikat menuduh pemerintah Iran membantu Rusia membangun pabrik pembuatan drone di dekat Moskow.

Liputan6.com, Washington DC - Amerika Serikat (AS) menuduh pemerintah Iran membantu Rusia membangun pabrik pembuatan drone di dekat Moskow. Tuduhan ini menandai babak baru dalam eskalasi ketegangan AS dengan Rusia-Iran pada sektor pertahanan.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat 9 Juni 2023, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengutip temuan intelijen AS, mengindikasikan Iran telah memberikan dukungan material untuk pabrik yang dapat beroperasi pada awal tahun depan.

AS juga menuduh bahwa Iran telah mengirim ratusan drone alias pesawat tak berawak (UAV) ke Rusia untuk digunakan dalam perang dengan Ukraina, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (10/6/2023).

"Rusia telah menggunakan UAV Iran dalam beberapa pekan terakhir untuk menyerang Kyiv dan meneror penduduk Ukraina, dan kemitraan militer Rusia-Iran tampaknya semakin erat," kata Kirby.

"Kami juga prihatin bahwa Rusia bekerja sama dengan Iran untuk memproduksi UAV Iran dari dalam Rusia."

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden, pendukung terpenting Ukraina, sebelumnya menuduh bahwa Iran dan Rusia sedang mendiskusikan kemungkinan mendirikan industri perakitan drone di dalam Rusia.

Kirby mengatakan bahwa para pejabat intelijen AS sekarang percaya bahwa pabrik sedang didirikan di zona ekonomi khusus Alabuga, beberapa ratus mil sebelah timur Moskow.

Rusia dan Iran memang telah memperkuat kemitraan mereka dalam beberapa tahun terakhir, meningkatkan penjualan senjata dan mengeksplorasi cara-cara untuk mengalahkan upaya pimpinan AS untuk mengisolasi kedua negara secara ekonomi.

Namun Rusia membantah menggunakan drone buatan Iran di Ukraina. Iran, pada bagiannya, telah mengakui mengirim drone ke Rusia tetapi mengatakan pihaknya melakukan itu sebelum invasi Rusia yang dikutuk secara luas pada Februari 2022.

Namun demikian, AS menuduh Iran terlibat dalam invasi Rusia, yang telah menewaskan ribuan orang dan menelantarkan hampir 14 juta orang, menurut PBB.

Kirby menuduh bahwa Iran terus mengirim drone ke Rusia, mengirimkannya melintasi Laut Kaspia ke pelabuhan Makhachkala Rusia. Pemerintahan Biden sebelumnya telah memberikan sanksi kepada perusahaan pertahanan Iran yang terlibat dalam produksi drone.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Serang dengan Drone?

Pada Mei 2023, Ukraina menyetujui paket sanksi terhadap Iran karena kemitraan eratnya dengan Rusia.

Ukraina juga menuduh bahwa drone buatan Iran telah digunakan dalam serangan Rusia di kota-kota Ukraina yang telah menewaskan dan melukai warga sipil.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bertanya kepada Iran apakah mereka ingin menjadi "kaki tangan dalam teror Rusia", sebuah pernyataan yang ditolak Teheran sebagai "pertunjukan politik".

Tetapi Rusia juga menuduh Ukraina juga menggunakan drone untuk melancarkan serangan di dalam perbatasannya.

Awal pekan ini, Rusia melaporkan bahwa sebuah pesawat tak berawak menabrak sebuah bangunan tempat tinggal di kota Voronezh.

Moskow juga menyalahkan Ukraina atas serangkaian serangan pesawat tak berawak di Moskow pada akhir Mei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini