Sukses

Mengenal Pari Mahal Srinagar, Bangunan yang Identik dengan Tempat Tinggal Para Peri yang Ditahan oleh Penyihir

Pari Mahal, yang diartikan sebagai 'istana para peri' menawarkan beberapa pemandangan paling menakjubkan di seluruh Srinagar

Liputan6.com, New Delhi - Menghadap ke Danau Dal dan cantiknya pegunungan Zabarwan, Pari Mahal yang juga bisa diartikan sebagai 'istana para peri' menawarkan beberapa pemandangan paling menakjubkan di seluruh Srinagar.

Bukit-bukit yang bergelombang dan air yang tampak berkilauan, membuat bangunan ini sangat indah dari kejauhan. Sehingga nama bangunan ini begitu tepat diberi nama Pari Mahal.

Sekilas, orang akan berpikir bahwa istana ini dibangun langsung dari negeri dongeng. Tapi sesuai legenda lokal, Pari Mahal dinamai bukan karena lokasinya yang bak surgawi tetapi karena mitos yang berkembang di masyarakat.

Soal para peri yang ditahan di dalam Pari Mahal oleh penyihir jahat.

Struktur taman tujuh teras ini dibangun oleh pangeran Mughal Dara Shikoh, putra sulung Kaisar Mughal Shah Jahan, pada pertengahan tahun 1600-an.

Pangeran Mughal Dara Shikoh adalah ahli waris, tetapi meskipun mendapat dukungan dari ayahnya, dia dikalahkan oleh Aurangazeb yang kemudian menjadi kaisar berikutnya. Sang pangeran juga dikenal dengan koleksi lukisan dan kaligrafinya yang kemudian dipersembahkan kepada sang istri bernama Nandira Banu.

Seluruh struktur bangunan Pari Mahal dibangun untuk memberi penghormatan kepada karya seni selama masa pemerintahan Shah Jahan, dengan elemen khas arsitektur Islam (berupa lengkungan indah dan taman bertingkat), sehingga membedakannya dari monumen di wilayah Kashmir.

Sang pangeran tinggal di sana pada tahun 1640, 1645 dan 1654, di mana Pari Mahal diyakini telah berfungsi sebagai perpustakaan hingga pusat spiritual.

Lantaran posisinya di tanah yang tinggi dan letaknya yang unik, struktur ini kemudian juga digunakan sebagai observatorium untuk mempelajari astronomi dan astrologi. Tak lama setelah kemerdekaan India pada tahun 1947, taman bertingkat ini menjadi milik Pemerintah Jammu dan Kashmir.

Lokasinya bisa dicapai lima menit berkendara dari Cheshma Shahi Gardens. Pari Mahal wajib dikunjungi saat berada di Srinagar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demi Punya Istana Tembikar, Wanita Tua Habiskan Rp 11 Miliar

Bebicara mengenai istana, biasanya dihuni oleh raja ataupun kaisar, tetapi tidak untuk yang satu ini. Istana mengagumkan ini ternyata diciptakan seorang perempuan berusia 86 tahun dari provinsi Jiangxi, Tiongkok.

Yu Ermei memang merancang istana seorang diri dan berhasil mengumpulkan lima juta yuan untuk menyewa dan membayar pekerja dalam menyelesaikan karyanya dalam waktu lima tahun.

Ia bahkan memenuhi istana tersebut dengan koleksi karya seni tembikar dari seluruh dunia.

Ketika usianya 12 tahun, Yu memang tertarik belajar tentang tembikar dan ia juga telah bekerja di industri selama puluhan tahun sebelum menjadi master dan memulai bisnisnya sendiri.

Yu mengatakan kepada wartawan bahwa di tahun lima puluhan dia sudah berencana untuk membangun sebuah museum dan perumahan yang berisi koleksi tembikar. Dia bahkan tidak memulai proyeknya hingga usia 80 tahun, karena sudah banyak museum di Tiongkok sehingga sebagai gantinya ia memutuskan untuk membangun "Porcelain Palace."

Baca selengkapnya di sini... 

3 dari 3 halaman

7 Potret Istana Kerajaan Paling Megah di Dunia, Bikin Takjub

Seain itu, Istana kerajaan selalu identik dengan arsitektur unik dan megah yang tak jarang membuat seseorang merasa kagum dan terpesona. Tak sedikit masyarakat yang ingin melihat interior dari sebuah istana karena eksterior yang disajikan terlihat megah.

Bangunan istana kerajaan identik dengan arsitektur ala zaman dahulu. Walau sudah berdiri ratusan tahun lamanya, namun bangunan istana kerajaan tetap terlihat berdiri kokoh. Renovasi yang kerap dilakukan merupakan salah satu cara yang dilakukan agar istana kerjaan tersebut tetap awet hingga beberapa turunan lagi.

Perpaduan warna dan arsitektur yang unik membuat tidak sedikit orang ingin mengunjungi istana terssebut. Pasalnya, bangunan istana tersebut terlihat seperti bangunan yang kerap muncul dalam film Disney. Potret istana kerajaan dalam film Disney rupanya bisa ditemukan di beberapa negara di dunia.

Beberapa negara di dunia ini memiliki sebuah istana kerajaan yang terlihat megah dan membuat seseorang berdecak kagum. Selain bangunannya, pemandangan sekitar istana tersebut juga mendukung keindahan istana kerajaan ini. 

Baca selengkapnya di sini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini