Sukses

Apple Bakal Buka Toko Pertama di Mumbai India, Berlokasi di Pusat Perbelanjaan Milik Miliarder Mukesh Ambani

Apple akan segera membuka toko ritel resmi pertamanya di India, lokasinya berada di pusat keuangan Mumbai.

Liputan6.com, Mumbai - Apple akan segera membuka toko ritel resmi pertamanya di India. Ini adalah langkah penting bagi pembuat iPhone yang menempatkan taruhan besar di negara Asia Selatan untuk segala hal, mulai dari manufaktur hingga penjualan.

Perusahaan itu telah merilis gambar barikade toko ritelnya di ibu kota keuangan India, Mumbai pada Rabu 5 April 2023, meskipun tidak memberikan rincian tanggal pembukaannya. Toko tersebut, bertempat di pusat perbelanjaan mewah milik miliarder Mukesh Ambani, yang terletak di kawasan bisnis utama kota, di samping bank multinasional, demikian mengutip dari gulfnews.com, Kamis (6/4/2023).

Peluncuran ini menyoroti dorongan Apple untuk berekspansi di negara Asia Selatan yang akan mengambil alih China sebagai negara terpadat di dunia tahun ini.

Apple mempunyai sasaran menarik kepada kelompok kelas menengah di India yang sedang berkembang, dan Apple juga memperluas operasi manufakturnya di negara tersebut. Selain itu, perusahaan ini juga membangun tokonya di ibu kota, New Delhi.

Perusahaan teknologi raksasa AS ini, merombak manajemen bisnis internasionalnya untuk lebih fokus di India, di mana penjualan online membantunya melaporkan rekor pendapatan pada kuartal hingga Desember. 

CEO Tim Cook mengatakan bahwa Apple akan menempatkan "banyak penekanan pada pasar" dan membandingkan keadaan pekerjaannya saat ini di India dengan tahun-tahun awalnya di China.

Dorongan manufaktur lokal Perdana Menteri Narendra Modi, insentif keuangan dan tenaga kerja di India relatif lebih murah, telah menyebabkan mitra pemasok utamanya di Taiwan, Foxconn Technology, Pegatron, dan Wistron untuk meningkatkan produksi iPhone di negara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Toko Pertama Apple di Malaysia Bakal Segera Dibuka

Bukan hanya di India, Apple juga disebut-sebut bakal segera membuka toko pertama mereka di Malaysia, dan saat ini sudah mulai merekrut karyawan.

Informasi ini terungkap lewat laporan Bloomberg, dimana perusahaan besutan Steve Jobs itu membuka lowongan pekerjaan untuk Apple Store di website mereka.

Dalam lowongan di situs resmi perusahaan, posisi yang dicari meliputi manajer toko, staf spesialis teknis, staf pendukung, kreatif dan sales untuk toko pertama Apple di Malaysia itu.

Dengan daftar lowongan pekerjaan ini, dapat dipastikan staf yang dicari bukan untuk toko pihak ketiga, tetapi untuk posisi sebagai karyawan di Apple Store, sebagaimana dikutip dari Bloomberg via Gizchina, Kamis 26 Januari 2023.

Sayangnya, masih belum diketahui secara pasti lokasi toko pertama Apple tersebut di Malaysia, namun beberapa laporan menyebut Apple Store itu akan berada di Kuala Lumpur.

Keberadaan Apple Store di Malaysia ini menandakan perusahaan bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat itu ingin memperkuat kehadiran mereka di daerah Asia.

Baca selengkapnya di sini... 

3 dari 4 halaman

Apple Umumkan WWDC 2023 Berlangsung Mulai 5 Juni, Siap Perkenalkan iOS 17 dan Headset Mixed Reality?

Tak hanya pembuatan toko offline di berbagai negara, Apple juga mengumumkan tanggal perhelatan WWDC 2023. WWDC yang merupakan singkatan dari Worldwide Developers Conference ini dijadwalkan berlangsung mulai 5 Juni hingga 9 Juni. Meskipun pandemi kian mereda, WWDC 2023 akan tetap digelar secara online. Namun, pengembang dan pelajar akan mendapatkan sesi special experience di Apple Park.

Melalui acara ini, Apple membagikan detail mengenai sistem operasi (OS) mereka yang akan datang, mulai dari iOS, macOS, iPadOS, watchOS, atau tvOS. 

Menurut Wakil Presiden Apple untuk Worldwide Developer Relations, Susan Prescott, event tahun ini akan menjadi acara yang paling besar dan terpenting dari Apple.

Seperti dikutip dari Engadget, Jumat 31 Maret 2023, pratinjau dari iOS 17, macOS 14, dan watchOS 10 kemungkinan bakal ditampilkan di WWDC 2023.

Tak hanya itu, bisa jadi Apple mengenalkan beberapa Mac berbasis M3 pertama mereka, seperti acara tahun lalu yang turut mengungkap MacBook Air M2.

Beberapa rumor yang beredar juga melaporkan Apple akan meluncurkan headset mixed reality di WWDC tahun ini. Perangkat ini kemungkinan disebut Reality Pro atau Reality One.

Baca selengkapnya di sini... 

4 dari 4 halaman

Apple Disebut Bakal Habiskan Miliaran Dolar Per Tahun untuk Film

Selain peresmian toko di India dan pengumuman terhadap launchnya IOS 17 dan Headset Mixed Reality, dikabarkan juga Apple berencana menghabiskan satu miliar dolar setahun untuk kembangkan bisnis filmnya dengan memperluas jumlah dan durasi rilis teater. Laporan ini diungkap Bloomberg.

Menurut sumber Bloomberg yang dikutip dari CNet, Minggu 26 Maret 2023, peningkatan anggaran tersebut merupakan upaya untuk menaikkan reputasi Apple di Hollywood dan menarik pelanggan baru ke layanan streaming-nya, Apple TV Plus. 

Seiring dengan pulihnya bioskop dari penutupan kala pandemi COVID-19, beberapa film blockbuster musim panas di 2022 banyak menarik perhatian publik.

Meskipun Apple belum memiliki banyak rilis teatrikal besar, namun filmnya mendapat pujian kritis. Misalnya, film CODA yang memenangkan Best Picture Oscar tahun lalu.

Sementara itu, Apple TV Plus memiliki lebih sedikit pelanggan daripada raksasa streaming lainnya seperti Netflix. Apple TV Plus sendiri menjadi layanan streaming premium bebas iklan dengan harga terendah, yakni seharga USD 7 per bulan. 

Baca selengkapnya di sini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • perusahaan