Sukses

Apple Umumkan WWDC 2023 Berlangsung Mulai 5 Juni, Siap Perkenalkan iOS 17 dan Headset Mixed Reality?

Apple resmi mengumumkan WWDC (Worldwide Developers Conference) 2023 akan berlangsung secara online mulai 5 Juni hingga 9 Juni.

Liputan6.com, Jakarta - Apple akhirnya mengumumkan tanggal perhelatan WWDC 2023. WWDC yang merupakan singkatan dari Worldwide Developers Conference ini dijadwalkan berlangsung mulai 5 Juni hingga 9 Juni.

Meskipun pandemi kian mereda, WWDC 2023 akan tetap digelar secara online. Namun, pengembang dan pelajar akan mendapatkan sesi special experience di Apple Park. 

Melalui acara ini, Apple membagikan detail mengenai sistem operasi (OS) mereka yang akan datang, mulai dari iOS, macOS, iPadOS, watchOS, atau tvOS. 

Menurut Wakil Presiden Apple untuk Worldwide Developer Relations, Susan Prescott, event tahun ini akan menjadi acara yang paling besar dan terpenting dari Apple.

Seperti dikutip dari Engadget, Jumat (31/3/2023), pratinjau dari iOS 17, macOS 14, dan watchOS 10 kemungkinan bakal ditampilkan di WWDC 2023.

Tak hanya itu, bisa jadi Apple mengenalkan beberapa Mac berbasis M3 pertama mereka, seperti acara tahun lalu yang turut mengungkap MacBook Air M2.

Beberapa rumor yang beredar juga melaporkan Apple akan meluncurkan headset mixed reality di WWDC tahun ini. Perangkat ini kemungkinan disebut Reality Pro atau Reality One.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Segera Luncurkan Headset “Mix Reality”?

Headset ini diyakini memiliki chip M2, layar ganda 4K, serta pengaturan yang dapat menggunakan gerakan tangan dan perintah Siri.

Terdapat pula prediksi yang menyatakan perangkat ini akan membawa fitur kesehatan, avatar full-body dalam panggilan FaceTime, serta beberapa fitur lainnya dari iPhone dan iPad.

Jika perkiraan ini benar, kemungkinan headset ini tidak akan dikirimkan hingga akhir tahun. 

3 dari 4 halaman

iOS 17 Beta akan Hadir Setelah WWDC

Jika melihat konferensi tahun lalu, versi beta dari sistem operasi Apple terbaru bisa jadi diluncurkan segera setelah WWDC 2023. Versi ini merupakan preview awal dari sebagian besar pembaruan yang akan hadir di OS stabilnya. 

Pada WWDC 2022, misalnya, Apple resmi mengumumkan iOS 16 dan memperlihatkan sejumlah peningkatan dan fitur baru yang dibawa perusahaan ke dalam sistem operasi untuk iPhone ini.

Lalu, OS tersebut resmi diluncurkan bersamaan dengan rilisnya iPhone 14, sama seperti perkiraan sebelumnya. 

4 dari 4 halaman

iOS 17 Bakal Bawa Fitur yang Dinantikan Pengguna

Meski belum dirilis, terdapat beberapa rumor yang telah beredar mengenai kehadiran iOS 17. 

Salah satunya seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (28/3/2023), iOS 17 akan hadir sebagai membawa pembaruan signifikan pada aplikasi dan fitur yang sudah ada di iOS saat ini. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan fitur yang dinantikan para pengguna.

Bocoran itu diketahui dari jurnalis Bloomberg, Mark Gurman. Ia menyebut iOS 17 akan membawa sejumlah fitur baru yang dapat meningkatkan pemakaian sejumlah aplikasi, seperti CarPlay, Siri, dan Messages.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.