Sukses

Presiden Peru Dina Boluarte Menolak Mundur di Tengah Krisis Politik dan Demonstrasi

Presiden Peru Dina Boluarte telah mengesampingkan pengunduran diri, dengan mengatakan itu tidak akan menyelesaikan krisis politik yang dipicu oleh penggulingan pendahulunya, Pedro Castillo.

Liputan6.com, Lima - Presiden Peru Dina Boluarte telah mengesampingkan pengunduran diri, dengan mengatakan itu tidak akan menyelesaikan krisis politik yang dipicu oleh penggulingan pendahulunya, Pedro Castillo.

Presiden Boluarte memperbarui seruannya agar Kongres menyetujui pemilihan awal, sebagai cara untuk mengekang protes jalanan yang telah merenggut lebih dari 20 nyawa.

Kongres telah menolak proposal ini, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (18/12/2022).

Demonstran yang mendukung Mr Castillo ingin Ms Boluarte pergi - serta pemilihan awal dan penutupan Kongres.

Peru telah melalui kekacauan politik selama bertahun-tahun, dengan krisis terbaru muncul ketika Mr Castillo mengumumkan dia membubarkan Kongres dan memperkenalkan keadaan darurat.

Tetapi Kongres terus memberikan suara yang sangat besar untuk memakzulkannya.

Castillo, yang saat ini ditahan, sedang diselidiki atas tuduhan pemberontakan dan konspirasi. Dia menyangkal semua tuduhan itu, bersikeras bahwa itu masih presiden sah negara itu.

Pada hari Jumat, Kongres memberikan suara menentang proposal untuk memajukan pemilihan ke tahun depan.

Seruan terbaru untuk pemilihan oleh Presiden Boluarte mengikuti pembicaraan tingkat tinggi oleh politisi Peru dan para pemimpin Gereja.

Dewan Negara, badan yang terdiri dari perwakilan dari semua cabang kekuasaan, dan para pemimpin Gereja mengadakan pertemuan tiga jam di ibu kota, Lima.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seruan Menghindari Kekerasan

Setelah pertemuan pada Jumat malam, kepala Dewan Kehakiman Nasional, José Ávila, meminta warga Peru untuk menghindari kekerasan dan terlibat dalam dialog damai dengan pihak berwenang.

Dia mengatakan para menteri pemerintah akan melakukan perjalanan ke daerah-daerah di mana orang-orang memprotes, untuk mempromosikan dialog semacam itu.

Bentrokan pada Kamis antara tentara dan pendukung Castillo di wilayah Ayacucho tengah menewaskan sedikitnya delapan orang, kata otoritas kesehatan. Rekaman di media sosial menunjukkan pengunjuk rasa memblokir jalan utama dan bandara.

Hanya beberapa jam kemudian, Menteri Pendidikan Patricia Correa mengatakan dia mengundurkan diri. Dalam sebuah posting Twitter pada hari Jumat, dia menulis bahwa "kematian rekan senegaranya tidak memiliki pembenaran", dan bahwa "kekerasan negara tidak dapat tidak proporsional dan menyebabkan kematian".

Menteri Kebudayaan Jair Perez juga mengundurkan diri.

 

3 dari 3 halaman

Industri Pariwisata Peru Terdampak

Protes tersebut juga mempengaruhi industri pariwisata negara itu. Walikota Cusco mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa sekitar 5.000 turis terdampar di kota itu setelah bandara di sana ditutup ketika pengunjuk rasa mencoba menyerbu terminal.

Kota ini adalah pintu gerbang ke Macchu Picchu, benteng Inca kuno yang dikunjungi oleh ratusan ribu orang per tahun.

Sekitar 800 wisatawan juga terjebak di kota kecil di kaki gunung tempat benteng berdiri, karena jalur kereta api yang melayaninya telah berhenti berjalan.

Beberapa turis yang sebagian besar berasal dari Amerika dan Eropa dilaporkan telah meninggalkan kota dengan berjalan kaki di sepanjang rel kereta api dalam upaya untuk kembali ke Cusco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.