Sukses

Tentara India Terluka Usai Bentrokan dengan Pasukan China di Perbatasan

India melaporkan cedera dalam bentrokan dengan China.

Liputan6.com, New Delhi - Pasukan India mencegah tentara China memasuki wilayah India pada 9 Desember selama pertikaian perbatasan yang menyebabkan cedera di kedua sisi, kata menteri pertahanan India pada Selasa (13 Desember), dalam bentrokan pertama sejak 2020 antara raksasa Asia.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (13/12/2022), insiden itu terjadi di sektor Tawang di negara bagian Arunachal Pradesh di Himalaya timur laut India, yang berbatasan dengan China selatan dan juga diklaim oleh Beijing.

Pasukan India "secara ilegal melewati garis untuk memblokir" patroli rutin pasukan perbatasan China, kata juru bicara Komando Teater Barat Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) pada hari Selasa.

"Kami mendesak pihak India untuk secara ketat mengontrol dan menahan pasukan garis depan, dan bekerja sama dengan China untuk menjaga perdamaian dan keamanan di perbatasan," kata juru bicara itu.

Sumber pertahanan India mengatakan kepada Reuters bahwa tim patroli dari kedua belah pihak berhadapan muka di salah satu puncak di sana dan dalam pertarungan tangan kosong berikutnya, beberapa tentara jatuh di permukaan berbatu dan melukai diri mereka sendiri.

Dua sumber lain mengatakan sekitar setengah lusin tentara India menderita luka ringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbatasan India-China

Sumber pertahanan mengatakan perbatasan tanpa batas, yang disebut Garis Kontrol Aktual (LAC), berarti tentara dari kedua belah pihak sesekali menyeberang ke wilayah masing-masing. Peristiwa semacam itu kemudian dimunculkan dalam rapat bendera agar tidak meluas.

"Kadang-kadang kami menganggap beberapa daerah sebagai milik kami, kadang-kadang memang demikian," kata sumber itu, yang menolak disebutkan namanya karena Menteri Pertahanan Rajnath Singh telah mengeluarkan pernyataan di parlemen tentang upaya PLA untuk memasuki wilayah India.

"Ini adalah pertempuran kecil yang terus terjadi, dan itu tidak besar. Ini tidak besar."

3 dari 4 halaman

Pertarungan Kedua Pihak

Singh mengatakan kepada anggota parlemen bahwa perkelahian itu menyebabkan "cedera pada beberapa personel di kedua sisi" tetapi tidak ada "korban serius di pihak kami".

"Pasukan PLA mencoba melanggar LAC di wilayah Yangtse di Sektor Tawang dan secara sepihak mengubah status quo," kata Singh.

"Upaya Tiongkok ditentang oleh pasukan kami dengan sikap tegas dan tegas. Pertikaian berikutnya menyebabkan perkelahian fisik di mana Angkatan Darat India dengan berani mencegah PLA melakukan pelanggaran ke wilayah kami dan memaksa mereka untuk kembali ke pos mereka."

4 dari 4 halaman

Kondisi di Perbatasan

Juru bicara kementerian luar negeri China, Wang Wenbin, mengatakan pada konferensi pers bahwa situasi di perbatasan "umumnya stabil".

Menteri luar negeri India mengatakan bahwa hubungan dengan China tidak dapat kembali normal tanpa perdamaian di perbatasan. India telah meningkatkan pengawasan terhadap banyak perusahaan China yang beroperasi di India dalam dua tahun terakhir, meskipun impornya dari China telah melonjak.

Perkelahian itu adalah yang pertama antara kedua negara sejak bentrokan mematikan pada Juni 2020 ketika pasukan India dan China terlibat dalam pertempuran jarak dekat di Lembah Galwan di Ladakh, berbatasan dengan dataran tinggi Tibet yang dikuasai China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.