Sukses

17 November 2013: Tornado Hantam Kota dan Truk di Wilayah Midwest AS, 6 tewas di Illinois

Liputan6.com, Mexico City - Michelle Crumrine sedang berada di luar kota ketika tornado mengobrak-abrik lingkungannya pada hari Minggu, 17 November 2013.

Mengutip dari laman CNN US, Kamis (17/11/2022), Michelle kembali ke Washington, Illinois, Amerika Serikat untuk menemukan 'potongan-potongan kehidupannya' berserakan di tempat rumahnya pernah berdiri.

"Banyak orang masih memiliki tumpukan puing," katanya. "Saya tidak punya apa-apa. Semua hilang. Saya tidak tahu kemana perginya."

Di dekatnya, anggota tim penyelamat dengan senter berjalan dengan susah payah melalui lingkungan di kegelapan malam, mencari tanda-tanda kehidupan di reruntuhan.

Pada Minggu 17 November 2013, 'sistem' cuaca buruk menghantam Midwest dan membentuk lusinan tornado, banjir bandang, dan hujan es. Washington, kota berpenduduk 10.000 orang ini termasuk yang paling terpukul. Satu kawasan rata dengan tanah, setidaknya satu orang tewas dan puluhan orang di daerah itu terluka.

Di seluruh negara bagian Illinois, para pejabat mengatakan enam orang tewas dalam badai.

Di dua komunitas, badai menghancurkan setidaknya 70 rumah, menurut Jonathon Monken, direktur Badan Manajemen Darurat Illinois.

Tim penyelamat berusaha menjangkau orang-orang yang terjebak di ruang bawah tanah mereka, katanya. Satu rumah sakit di Peoria merawat 37 pasien yang cedera.

Wabah tersebut juga memaksa para penonton pertandingan NFL di Chicago untuk mengevakuasi tribun selama hampir dua jam.

"Itu benar-benar kehancuran," kata Anthony Khoury, yang tinggal di Washington. "Ada orang-orang di jalanan menangis."

Saat tornado mendekati rumahnya, Khoury berdoa dan merekam video angin puting beliung gelap yang berputar ke arahnya. "Tornado terjadi di halaman belakang saya, dan Anda dapat mendengar orang-orang berteriak," ujarnya, "Kami ketakutan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Evakuasi Penonton di Tengah Pertandingan NFL di Chicago

Sementara rumahnya selamat dari badai, Khoury mengatakan orang lain di lingkungan itu tidak seberuntung itu.

Video dari afiliasi CNN WMBD menunjukkan satu lingkungan Washington di mana tornado menghancurkan mobil dan rumah, mengotori tanah dengan balok kayu yang rusak, hingga melemparkan furnitur dan puing-puing ke halaman rumput, trotoar dan jalan.

“Saya meraih putri saya dan lari,” kata seorang korban badai.

Di dekat Peoria, Walikota Jim Ardis mengatakan kotanya berencana mengirim bantuan untuk membantu pemulihan badai di Washington, di mana tornado menghantam apa yang dia gambarkan sebagai "daerah yang sangat padat penduduk."

"Benar-benar tidak bisa dipercaya," katanya.

Jack Lance, yang tinggal di Pekin, mengatakan dia melihat banyak reruntuhan di kotanya.

“Kami melihat pohon-pohon tumbang, rumah-rumah yang atapnya robek total. Saya melihat banyak orang dalam kesusahan dengan rumah mereka yang hancur, ”katanya. "Itu bukan pemandangan yang bagus."

Pejabat menunda pertandingan NFL antara Chicago Bears dan Baltimore Ravens selama hampir dua jam saat badai mendekati Chicago, memperingatkan penonton untuk meninggalkan tribun di Soldier Field dan menuju area tertutup.

“Hujan mulai datang, langit menjadi hitam, angin bertiup kencang, dan mereka mengevakuasi kami ke bawah concourse beton,” kata Jim Arnold, yang berada di pertandingan bersama putrinya yang berusia 11 tahun.

"Kami telah melalui cuaca dan angin 15 derajat di bawah, tetapi tidak pernah seperti ini," kata Arnold. “Angin bertiup dengan kecepatan 70 mph beserta hujan. Semua orang berlarian. Itu gila".

Para penonton kembali ke tempat duduk mereka dan pertandingan dilanjutkan sore hari setelah badai berlalu.

 

3 dari 4 halaman

Cuaca Buruk di Berbagai Daerah di Illinois

Akan tetapi, untuk kota-kota lain di kawasan itu, cuaca buruk masih terjadi.

Di seluruh wilayah, setidaknya 67 tornado telah dilaporkan pada pukul 22:15, kata Dinas Cuaca Nasional.

"Badai ini bergerak sangat cepat dalam sehari, sulit untuk mengikutinya," kata pengejar badai Tony Laubach, yang berbicara saat menyaksikan tornado mendarat di luar Lebanon, Indiana.

Di Illinois, dua kematian dilaporkan di Nashville; satu di Washington; satu di dekat Brookport; dan satu di dekat Unionville, menurut pejabat.

Monken mengatakan setidaknya ada 11 pendaratan tornado yang dikonfirmasi, dan pejabat di sana memperkirakan jumlah cedera terkait badai akan bertambah.

Di Oak Lawn, hembusan angin berkecepatan 86 mph tercatat bersama badai petir hebat yang melanda area tersebut.

Di Washington County, Illinois, tornado EF4 mengemas angin puncak 166 mph, meninggalkan jalur kehancuran yang membentang lebih dari tiga mil, menurut survei pendahuluan oleh National Weather Service.

Setidaknya enam truk terbalik di jalan raya sekitar 80 mil sebelah barat Chicago karena angin kencang, kata Kantor Sheriff Ogle County.

Dalam postingan Twitter, Kepolisian Negara Bagian Indiana membagikan foto logam bengkok, tumpukan puing, dan cangkang gedung sekolah.

Lebih dari 160.000 orang tanpa listrik di seluruh negara bagian, kata John Erickson, juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri Indiana.

Badai merusak mal dan bank serta meruntuhkan atap stasiun pemadam kebakaran di Kokomo, Indiana, kata Larry Smith, direktur manajemen darurat di Howard County.

Beberapa rumah atapnya robek ketika tornado menghantam daerah itu, katanya.

 

 

4 dari 4 halaman

Keadaan Darurat

Pejabat di Kokomo mengumumkan keadaan darurat dan menutup sekolah pada Senin, menurut akun Twitter kota.

Gubernur Indiana Mike Pence mengunjungi lokasi yang rusak akibat badai itu pada Senin, menurut kantornya.

Tim dari Layanan Cuaca Nasional segera menyurvei kerusakan di seluruh wilayah.

Di Missouri, pejabat darurat negara bagian mengatakan tornado mungkin melanda Scott County, di mana angin kencang menjungkirbalikkan tiga gerbong kereta, menerbangkan empat rumah mobil, dan merusak lima rumah permanen di atas fondasi.

Di Michigan, angin kencang memutus aliran listrik ke setidaknya 390.000 pelanggan, kata perusahaan pelayanan.

Dan di Ohio, lebih dari 75.000 penduduk kehilangan listrik setelah badai melanda, kata pejabat darurat.

Ini adalah situasi yang sangat berbahaya, kata Dinas Cuaca Nasional dalam buletin yang dirilis Minggu.

Ahli meteorologi CNN Karen Maginnis mengatakan wabah cuaca datang akhir tahun dari yang diperkirakan beberapa orang.

“Waktu utama terjadinya tornado, seperti yang kita ketahui, adalah musim semi. Kemudian kita melihat ketinggian kedua yang datang pada musim gugur, ”katanya. “Apakah ini terlambat? Ini agak terlambat, karena suhunya sangat hangat.”

Sistem tekanan rendah yang "sangat kuat" sedang bergerak melintasi Great Lakes, katanya.

“Di balik itu, suhu secara dramatis lebih dingin. Sehingga udara dingin tersaring di belakang, udara hangat keluar di depan,” ujarnya. “Dan… kita mendapatkan gerakan memutar di atmosfer. Itulah mengapa terjadi aktivitas tornadik ini.”

 

Penulis: Safinatun Nikmah

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS