Sukses

Sejarah Hari Ayah 12 November, Ini Rekomendasi Ucapan Selamat dan Hadiah Menarik

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda, hari ini adalah hari spesial untuk memperingati kasih sayang ayah se-Indonesia? Ya. 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Hari spesial ini dapat menjadi momen berkesan untuk seseorang atas hadiah untuk ayah beserta kata-kata manisnya.

Ayah merupakan sosok penting bagi setiap anak, tak jauh berbeda dengan sosok ibu. Sementara Hari Ibu dirayakan setiap 22 Desember sejak 1959, Hari Ayah Nasional dicetuskan pertama kali di Solo pada 2016.

Sama seperti Hari Ibu, peringatan Hari Ayah berbeda-beda di setiap negara. Di antaranya, peringatan Hari Ayah di Swiss dirayakan pada bulan Maret. Di beberapa negara Islam di Arab, Hari Ayah diperingati setiap 13 Rajab sesuai kalender Islam. Sementara mayoritas negara-negara lain merayakannya pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni.

Peringatan ini dilakukan sebagai ungkapan kasih sayang dan hormat kepada sosok kepala keluarga. Mengutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, Sabtu (!2/11/2022), sejarah Hari Ayah Nasional diprakarsai oleh paguyuban lintas agama dan budaya Satu Hati, tepatnya Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada 2014, PPIP mengadakan perayaan Hari Ibu melalui Sayembara Menulis Surat berisi ucapan untuk Ibu. 70 anak-anak usia SD hingga Mahasiswa dan umum mengirimkan surat terbaiknya.

Tak disangka, di akhir acara, salah seorang peserta menyerukan, "Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi."

Pertanyaan itu menggerakkan PPIP untuk mencari informasi tentang Hari Ayah di Indonesia, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peringatan Hari Ayah yang Pertama

Mereka menanyakan adakah penetapan hari Ayah di Indonesia, jika belum, bolehkah seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari sebagai Hari Ayah. Namun, pertanyaan itu belum cukup terjawab.

Akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan 12 November sebagai Hari Ayah Nasional di Solo.

Saat itu, deklarasi digabung dengan hari kesehatan dan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Hari itu juga, deklarasi Hari Ayah dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Di sana buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah diluncurkan. Usai acara, bukuini dikirimkan kepada presiden yang aat itu menjabat, SBY, dan 4 bupati di ujung-ujung Indonesia (Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote).

3 dari 4 halaman

Ucapan untuk Ayah

Setelah mengetahui sejarah spesial itu, apa yang akan Anda lakukan?

Seorang ayah mungkin tak terlihat menginginkan apapun, tapi, percayalah ini momen yang tepat untuk membuat ayahmu tersenyum manis. Tak perlu sesuatu yang besar, sepucuk surat sudah cukup membuat ayahmu terkesan.

Tenang, berikut 15 kutipan inspirasi yang dapat memperindah surat untuk ayahmu, mengutip dari Cardology:

 

Aku mencintai ayahku. Ayahku segalanya. Saya harap saya dapat menemukan pria yang akan memperlakukan saya sebaik ayah. (Lady Gaga)

Ibuku memberiku dorongan, tapi ayahku memberiku mimpiku. Berkat ayah, saya bisa melihat masa depan. (Liza Minelli)

Hubungan yang hampir sempurna dengan ayah adalah akar duniawi dari semua kebijaksanaan. (C.S. Lewis)

Siapapun bisa menjadi seorang ayah, tapi dibutuhkan seseorang yang spesial untuk menjadi seorang ayah. Itulah mengapa aku memanggilmu ayah, karena Ayah sangat spesial bagiku. (Wade Boggs)

Selamat Hari Ayah! Aku tidak akan menukar Ayah dengan apa pun. Tentu saja, tidak ada yang dapat menawarnya. (Melanie White)

Ayah, bukankah kita seperti dua jilid dari satu buku? (Marceline Desbordes-Valmore)

Hidup tidak datang dengan buku instruksi, itulah mengapa kita memiliki Ayah. (H.Jackson Brown)

Dia mengadopsi peran yang disebut sebagai ayah sehingga anaknya memiliki sesuatu yang mistis dan sangat penting: pelindung. (Tom Wolfe)

Ayah memberi saya hadiah terbesar, kepercayaan Ayah pada saya. (Jim Valvano)

Perbedaan antara 'laki-laki' dan 'ayah' adalah bahwa yang pertama berbagi gennya, tetapi yang ayah memberikan nyawanya. (Craig D. Lounsbrough)

Ayah adalah pria paling biasa yang diubah oleh cinta menjadi pahlawan, petualang, pendongeng, dan penyanyi lagu. (Pam Brown)

Seorang ayah adalah satu-satunya teman yang selalu bisa kita andalkan. (Emile Gaboriau)

Hal terpenting di dunia adalah keluarga dan cinta. (John Kayu)

Hati seorang ayah adalah mahakarya alam. (Antoine François Prevost)

Karunia terbesar Tuhan berikan kepada saya; Aku memanggilnya Ayah! (John Walter Bratton)

 

 

4 dari 4 halaman

Hadiah Sederhana yang Berguna untuk Ayah

Anda juga dapat membelikan hadiah sederhana untuk ayah, sesuatu yang sangat dekat dengannya, yang akan selalu ia gunakan. Ayahmu akan selalu mengingat tindakan manismu itu setiap kali menggunakannya.

Berikut Liputan6.com rangkum mengenai ide unik dan berkesan untuk hadiah ayahmu, dilansir dari laman Countryliving.

Sandal pijat akupuntur

Setelah seharian bekerja, ayahmu layak mendapatkan sesuatu yang nyaman untuk dipakai! Ini bagus untuk sakit kaki atau pegal-pegal. Anda juga dapat membeli alat pijat lainnya.

Palu serbaguna

Ayahmu tak perlu kerepotan mengeluarkan kotak peralatan jika punya alat ini, segalanya yang dibutuhkan ayah untuk membuat perbaikan cepat di sekitar rumah. Selain itu, Anda juga dapat membelikan peralatan tukang ayahmu yang sudah rusak atau yang belum ia miliki.

Tempat makan burung

Ada beberapa kegembiraan sederhana dalam hidup yang sesantai menonton burung yang bertengger. Jika ayahmu pencinta burung, ini sangat cocok. Selain itu Anda juga dapat mencari pengumpan burung di internet, Anda tak perlu memelihara burung, mereka akan datang sendiri ke taman Anda. Ayahmu pasti senang melihatnya.

Sabuk atau dompet istimewa

Tambahkan ukiran pesan atau sekadar tulisan sederhana di sabuk atau dompet untuk  ayahmu. Istimewa, bukan?

Topi bertuliskan "Ayah"

Topi itu akan mengatakan semua! Topi katun yang nyaman untuk ayahmu, ditambah tulisan Ayah atau kata lain yang berkesan baginya. 

Kaus kaki kembar

Terlebih untuk yang tinggal di area dingin, memiliki kaus kaki kembar dengan anaknya tentu cukup mengesankan.

Kaos istimewa

Kau bisa memesan kaos dengan gambar atau tulisan yang berkesan, misalnya "Not Old Just Vintage", ayahmu akan merasa awet muda setiap kali memakainya. Anda juga bisa menyablon kaos itu dengan kenangan kalian berdua. Ide seperti ini juga dapat Anda terapkan di barang lain yang cering ayahmu gunakan, seperti cangkir kopi.

 

Penulis: Safinatun Nikmah

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS