Sukses

Penjara Tak Sajikan Menu Vegeterian, Aktivis Vegan Swiss Menang Gugatan

Dua hari sebelum World Vegan Day yang jatuh pada 1 November, Pengadilan HAM Eropa secara resmi meminta Swiss untuk menanggapi dua gugatan terhadap lembaga negara yang telah gagal menyediakan pola makan vegan.

Liputan6.com, Jenewa - Swiss tengah diuji oleh Pengadilan HAM Eropa karena dianggap gagal menyediakan pola makan vegan yang memadai terhadap seorang tahanan dan seorang pasien di bangsal psikiatri sebuah rumah sakit.

Dilansir dari laman The Guardian (1/11/2022), dalam kasus ini, veganisme ditafsirkan sebagai karakteristik yang dilindungi di bawah hak kebebasan hati nurani di seluruh geografis Eropa.

Dua hari sebelum World Vegan Day 1 November, tepatnya Minggu (30/10/2022), Pengadilan HAM Eropa secara resmi meminta negara anggotanya, Swiss untuk menanggapi dua keluhan terhadap lembaga negara Swiss yang telah gagal menyediakan pola makan vegan kepada dua pemohon saat masing-masing berada di penjara dan di unit psikiatri rumah sakit.

Kasus ini berpusat pada seorang aktivis hak-hak hewan Swiss yang ditangkap pada November 2018 atas serangkaian pembobolan dan perusakan rumah, toko daging, dan restoran di daerah Swiss Barat.

Pria berusia 28 tahun itu dimasukkan ke dalam penahanan pra-sidang di penjara Champ-Dollon Jenewa, Swiss selama 11 bulan, dengan hakim wilayah berpendapat ada bahaya pengulangan karena "kurangnya kesadaran dan penyesalan".

Dalam beberapa hari penahanannya, pria itu mengeluh kepada otoritas penjara bahwa dia tidak diberi makanan yang cukup sesuai dengan prinsip vegannya, dan harus menopang dirinya sendiri dengan salad, nasi, atau roti burger.

Dia menolak pengobatan tambahan vitamin B12 sampai penjara memberikan versi yang bukan berasal dari hewan. Padahal asupan yang rendah dapat menyebabkan anemia dan kerusakan sistem saraf. Terlebih, dokter mendiagnosis tahanan tersebut menderita sembelit, wasir, dan kekurangan zat besi.

Ia membuat permintaan tertulis untuk perubahan pola makan, tetapi ditolak oleh penjara dengan dalih mereka telah menerapkan langkah-langkah diet yang sedekat mungkin dengan keyakinan tahanan itu.

Ia juga mengajukan banding di Pengadilan Federal Swiss, namun dianggap tidak dikabulkan pada Juni 2020. Setelah itu, pengacara tahanan membawa kasus tersebut ke Pengadilan HAM Eropa (European Court of Human Right atau ECHR) yang berbasis di Strasbourg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keputusan Pengadilan HAM Eropa

ECHR merupakan bagian dari Dewan Eropa tetapi bukan bagian dari Uni Eropa. Pengadilan ini terdiri dari 46 hakim dari masing-masing negara yang menandatangani konvensi HAM, di antaranya ada negara-negara non-Uni Eropa seperti Inggris, Turki, Norwegia atau Swiss.

Dalam banding, seorang mantan pasien di unit rumah sakit psikiatri Swiss bergabung dalam gugatan itu dan mengatakan hal serupa terjadi padanya, dia tidak mendapatkan aksesnya terhadap pola makan vegan di rumah sakit tersebut.

Sekitar 95% kasus yang diajukan ke ECHR Strasbourg ditolak atas berbagai pertimbangan, tetapi mereka menerima banding vegan ini.

Dalam keputusan ECHR yang diumumkan minggu ini, pengadilan secara khusus meminta negara Swiss untuk mempertimbangkan apakah penjara Jenewa telah melanggar pasal 9 Konvensi HAM Eropa yang menyatakan bahwa “setiap orang berhak atas kebebasan berpikir, hati nurani, dan beragama”.

Negara Swiss sekarang memiliki waktu tiga hingga empat bulan untuk menjawab pertanyaan ECHR, setelah itu pengadilan Eropa kemungkinan akan mengklarifikasi posisinya tentang apakah hak atas pola makan vegan di penjara dan rumah sakit termasuk dalam konvensi.

 

3 dari 4 halaman

Hak untuk Diet Vegan

Kasus ini memiliki makna khusus di Swiss yang berbahasa Prancis, di mana “anti-spesiesisme” adalah gerakan aktivis yang signifikan. Akan tetapi, keputusan pengadilan Strasbourg juga akan memiliki konsekuensi luas untuk penyediaan makanan di penjara dan rumah sakit di 46 negara anggota Dewan Eropa, yang mewakili sekitar 700 juta orang.

Sementara hak untuk diet vegan di penjara atas dasar agama sudah dicakup oleh kasus hukum di beberapa negara Eropa, keputusan ECHR dapat memperluasnya dengan mendefinisikan veganisme sebagai sistem kepercayaan etis.

Dalam kasus serupa, seorang petugas pemadam kebakaran Ontario pada tahun 2019 mengajukan pengaduan ke Pengadilan HAM Ontario melawan Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan, atas tidak cukupnya penyediaan makanan vegan saat menangani kebakaran besar di British Columbia.

 

4 dari 4 halaman

Sejarah Singkat World Vegan Day

Lalu, bagaimana dengan World Vegan Day dan mengapa diperingati setiap tanggal 1 November?

Hari Vegan Sedunia pertama kali terjadi pada 1 November 1994 sebagai cara untuk memperingati 50 tahun Masyarakat Vegan Inggris dan memang istilah "Vegan". Vegan Society didirikan pada bulan November 1944,meskipun tanggal pastinya tidak diketahui.

Tentu saja, dari dulu hingga saat ini, vegan dikenal oleh masyarakat secara luas sebagai sikap seseorang untuk tidak makan makanan yang terbuat dari produk hewani.

Bahkan, diperkirakan bahwa veganisme mungkin telah ada setidaknya selama 2000 tahun, dan gagasan vegetarianisme (tidak makan daging) mungkin ada bahkan selama 500 tahun sebelumnya.

Saat itulah filsuf dan matematikawan Yunani, Pythagoras dari Samos, menjadikannya bagian dari pekerjaan hidupnya untuk mempromosikan aktingnya dengan kebajikan dan kepedulian terhadap semua spesies.

Banyak pengikut agama Buddha juga merupakan promotor vegetarianisme dan mereka tidak percaya untuk menyakiti hewan lain.

Namun, pada 1806, Dr. William Lambe dan Percy Bysshe Shelley mempromosikan ke Eropa konsep veganisme sebagai gaya hidup benar-benar mulai terbentuk. Saat itulah, ada pandangan keberatan untuk tidak makan olahan susu dan telur karena alasan etis. 

Butuh lebih dari 100 tahun atau lebih, tetapi akhirnya, orang-orang vegan terikat bersama dan menciptakan Masyarakat Vegan Inggris. Itu adalah tahun yang sama bahwa istilah "vegan" diciptakan oleh Donald Watson, jelas berasal dari kata Vegetarian. Pada saat itu, diferensiasinya adalah bahwa vegan tidak mengkonsumsi produk susu.

Kemudian definisi ini meluas ke telur dan pada tahun 1951 veganisme telah menjadi gerakan orang-orang yang tidak mengambil bagian dalam eksploitasi hewan dalam bentuk apa pun. Tak hanya makanan, namun termasuk juga untuk tidak mengenakan bulu, kulit, atau produk hewani lainnya. American Vegan Society mengikuti pembentukannya hanya beberapa tahun kemudian, pada tahun 1960.

Kemudian, pada 1994, Presiden Masyarakat Vegan Inggris memutuskan untuk memilih 1 November sebagai Hari Vegan Sedunia, yang sekarang diakui sebagai tanggal di mana masyarakat vegan didirikan dan di mana Hari Vegan akan diperingati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.