Sukses

Tragedi Kanjuruhan hingga Itaewon, Ini yang Bisa Anda Lakukan Jika Terjebak dalam Kerumunan

Sejumlah langkah perlindungan diri dari kerumunan.

Liputan6.com, Seoul - Kerumunan massal yang berujung jadi tragedi kematian di Itaewon Korea Selatan pada Sabtu (29 Oktober) yang telah mengakibatkan sedikitnya 154 kematian. Ini seharusnya dapat dihindari dan mungkin dicegah dengan lebih banyak kesadaran akan pengendalian massa, kata para ahli setelah tragedi itu.

Setiap gerakan kecil di tepi kerumunan padat di sepanjang gang selebar 4 meter bisa menyebabkan seluruh kerumunan berjatuhan, kata profesor tamu di University of Suffolk, Keith Still.

"Sayangnya, dalam situasi seperti itu, ketika kerumunan orang berjatuhan, orang-orang kemudian mencoba untuk bangun, lengan dan kaki terpelintir," kata Prof Still kepada Asia Tonight dari CNA pada hari Minggu, sehari setelah kejadian.

Dia menambahkan, dibutuhkan sekitar 30 detik untuk menyetop suplai darah ke otak, sehingga menyebabkan orang kehilangan kesadaran, dan asfiksia terjadi dalam waktu empat hingga enam menit.

"Kamu benar-benar seperti mati lemas. Ini mengerikan dan lingkungan seperti ini adalah tipikal bagaimana situasi ini mengakibatkan kematian massal," kata Prof Still, yang memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman dalam keselamatan kerumunan dan analisis risiko kerumunan.

Para pengunjung pesta telah berkumpul untuk merayakan Halloween di bar, klub malam, dan restoran Itaewon, di mana pesta pora secara rutin tumpah ke jalan-jalan yang sempit dan sering kali curam.

Efek dari ratusan ribu orang dalam ruang terbatas membuat kerumunan bertindak "seperti cairan", kata Dr Milad Haghani dari University of New South Wales di Australia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Meningkatnya Kerumunan

"Ketika kerumunan mencapai tingkat kepadatan kritis itu, tidak ada individu dalam kerumunan yang pada dasarnya bertanggung jawab atas tindakan atau gerakan mereka … Tidak ada orang yang dapat memutuskan ke mana harus pergi atau bagaimana harus bereaksi," kata dosen senior di Sekolah Sipil dan Teknik Lingkungan ini.

"Dalam keadaan tertentu itu, setiap momen ketidakstabilan atau turbulensi di satu tempat di kerumunan dapat menyebar melalui kerumunan dan orang-orang tidak akan bisa … menghentikannya."

Berbicara kepada CNA's Asia First pada hari Senin, Dr Haghani mengatakan ketika itu terjadi, "sangat sedikit atau hampir tidak ada yang bisa dilakukan orang yang berada dalam kerumunan."

Biasanya, delapan hingga sembilan orang dapat dengan mudah masuk ke dalam 1 meter persegi, katanya.

3 dari 5 halaman

Bukan Penyerbuan

Para ahli menjelaskan bahwa apa yang terjadi di Itaewon tidak boleh digambarkan sebagai penyerbuan, karena itu menyiratkan bahwa ada ruang yang tersedia bagi orang untuk bergerak.

Istilah "injak-injak" juga menyalahkan orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut, "seolah-olah mereka menunjukkan semacam perilaku buruk, atau menunjukkan semacam perilaku nakal yang menyebabkan bencana", kata Dr Haghani.

“Itu adalah salah satu alasan yang menghentikan kami di masa lalu untuk belajar dari peristiwa ini dan mencoba mengurangi risiko ini ketika menyelenggarakan acara,” katanya.

Para ahli mencatat ini bukan pertama kalinya insiden seperti itu terjadi di seluruh dunia.

Memberikan contoh bencana Love Parade di Jerman pada tahun 2010, Dr Haghani mengatakan: “Banyak insiden penghancuran massa lainnya di masa lalu memiliki karakteristik yang sama dan itu mengacu pada fakta bahwa mereka memiliki masuknya sejumlah besar massa secara tidak terbatas, (dan) permintaan besar ke area terlarang yang tidak menawarkan rute pelarian kepada orang-orang.”

Ditambahkannya, dalam kejadian tersebut, kepadatan massa tidak terkontrol dan terpantau. Dalam insiden di Jerman, 21 orang tewas tertimpa di terowongan yang padat selama festival musik dansa elektronik.

“(Insiden Itaewon) seharusnya dihindari mengingat kami telah mengamati insiden ini di masa lalu dan kami harus belajar dari mereka,” katanya.

4 dari 5 halaman

Cara Berlindung

Dr Haghani mengatakan bahwa mencapai tingkat kepadatan kerumunan yang kritis sering terjadi secara bertahap dan dengan kecepatan yang sangat lambat sehingga orang tidak dapat memperkirakan bencana yang akan datang.

“Orang-orang yang berada di dalam kerumunan secara bertahap merasa bahwa kerumunan menjadi semakin tidak nyaman, tetapi pada saat mereka menyadari bahwa mereka berada dalam masalah, mungkin sudah terlambat,” katanya.

“Kerumunan seperti itu sering kali tidak menawarkan rute pelarian kepada orang-orang. Dan sebagai akibatnya, tidak akan ada banyak kemungkinan bagi orang untuk menyelamatkan diri mereka sendiri sayangnya.”

Namun dia mencatat bahwa beberapa orang yang beruntung dan di dekat pinggiran ruang dapat meraih benda-benda untuk bergerak secara vertikal, dapat melakukannya. Tapi kemungkinan itu tidak tersedia untuk semua orang, katanya.

Ketika keramaian di tempat ramai seperti pasar atau angkutan umum dikelola dengan baik, maka risikonya bisa dimitigasi, kata Prof Still.

“Tetapi jika Anda merasa bahwa tidak ada pihak berwenang di sekitar, bahwa tidak ada orang yang menjaga kerumunan, maka itu adalah hal yang harus meningkatkan tingkat kesadaran Anda dan mempertimbangkan keselamatan Anda sendiri terlebih dahulu,” katanya.

5 dari 5 halaman

Upaya Keselamatan Publik

Menanggapi pertanyaan tentang apa yang harus menjadi fokus pihak berwenang Korea Selatan dalam penyelidikan mereka, Prof Still mencatat bahwa ukuran gang Itaewon, laju aliran melalui area tersebut, batas maksimum, dan fakta bahwa ada stasiun kereta api di daerah adalah parameter yang diketahui.

“Oleh karena itu, Anda dapat mengetahui apa elemen keamanannya sebelum Anda mengizinkan orang banyak masuk ke ruang itu. Jadi, saya pikir, akan menjadi analisis fundamental Anda - memahami area dan kemudian melihat siapa yang bertanggung jawab atas keselamatan publik, ”katanya.

“Apakah ini (pada) otoritas lokal? Siapa pemilik tanah di daerah ini? Apa undang-undang untuk keselamatan publik dalam lingkungan ini? Ini semua adalah pertanyaan kunci yang akan Anda tanyakan dalam penyelidikan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.