Sukses

Kanselir Olaf Scholz Dikecam Usai Duga Beri Dukungan Untuk Proyek China

Kanselir Jerman Olaf Scholz menghadapi rentetan kritik pada Kamis (20/10) setelah sebuah berita menuduhnya berencana untuk mendorong investasi China di pelabuhan Hamburg.

Liputan6.com, Berlin - Kanselir Jerman Olaf Scholz menghadapi rentetan kritik pada Kamis (20/10) setelah sebuah berita menuduhnya berencana untuk mendorong investasi China di pelabuhan Hamburg meskipun pemerintahannya sangat merasa keberatan.

Raksasa pelayaran China Cosco akan mengambil 35 persen saham di terminal peti kemas di Hamburg, melalui sebuah kesepakatan yang disetujui tahun lalu, namun belum disahkan oleh pemerintah federal Jerman, dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (21/10/2022).

Jaringan televisi dan radio Jerman NDR dan WDR pada hari Kamis melaporkan bahwa Scholz berencana menyetujui kesepakatan itu meskipun ada tentangan dari enam kementerian berbeda dalam pemerintahan koalisinya dengan Partai Hijau dan FDP liberal.

“Ini tidak baik untuk ekonomi maupun keamanan kita,” kata salah satu pemimpin Partai Hijau Omid Nouripour kepada portal berita t-online.

Michael Kruse, kepala FDP di Hamburg, menyebut proyek itu “berbahaya,” sementara pakar kebijakan luar negeri konservatif Juergen Hardt menilai proyek itu akan memberi China akses ke “wawasan dalam negeri yang sensitif.”

“Persis ini yang seharusnya tidak kita sajikan kepada China dengan mudah,” kata Hardt kepada surat kabar Die Welt.

Menurut laporan NDR dan WDR, kesepakatan itu akan secara otomatis disetujui apabila pemerintah tidak mengambil langkah apa pun hingga akhir Oktober.

Rumor yang beredar menyebut Scholz berencana mengunjungi China pada awal November mendatang.

China sendiri merupakan mitra dagang penting bagi Jerman, terutama untuk industri otomotif yang menjadi andalannya.

Namun hubungan kedua negara memburuk dalam beberapa tahun terakhir akibat kebijakan nol-COVID China, meningkatnya ketegangan soal Taiwan dan kekhawatiran masalah HAM di wilayah Xinjiang yang ditinggali mayoritas warga Muslim.

Banyak suara di Jerman, termasuk dari Menteri Luar Negeri Annalena Barebock, yang menyerukan agar lebih berhati-hati dalam hubungan dagang dengan China dan memperingatkan agar ekonomi terbesar Eropa itu harus mengambil pelajaran dari rusaknya hubungan negara itu dengan Rusia.

Namun sejauh ini Scholz tidak menyuarakan hal senada dan bahkan bersikeras pada sebuah konferensi bisnis pekan lalu bahwa Jerman harus mempertahankan hubungan bisnisnya dengan China.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jerman Tingkatkan Kehadiran Militer di Indo Pasifik, China Jadi Alasan Utama?

Jerman meningkatkan kehadiran militernya di Indo-Pasifik — pada saat perang berkecamuk lebih dekat ke rumah, di Ukraina. Tetapi Berlin berusaha untuk menunjukkan kerja sama dengan "mitra nilainya" di Australia.

Angkatan Udara Jerman saat ini berpartisipasi dalam latihan militer di sisi lain dunia, di Australia, di mana Berlin telah mengirim enam jet Eurofighter, demikian seperti dikutip dari MSN News.

Ini adalah usaha yang ambisius. Sekitar 250 tentara Jerman terlibat; selain jet tempur, empat pesawat angkut dan tiga kapal tanker pengisian bahan bakar udara-ke-udara yang baru diperoleh telah dikirim ke Darwin di Australia utara, dengan sekitar 100 ton material.

Antara lain, operasi pengiriman angkatan udara itu dimaksudkan untuk membuktikan bahwa angkatan udara Jerman beroperasi dan dapat dikerahkan dengan cepat — bahkan ke kawasan Indo-Pasifik. Pemindahan jet tempur dan pesawat pasokan ke persinggahan di Singapura pada pertengahan Agustus, yang menggunakan nama Rapid Pacific 2022, dilakukan dalam waktu 24 jam. Dalam jargon militer, ini disebut "kemampuan pengerahan strategis."

Apa yang disebut latihan militer Pitch Black, dari 19 Agustus hingga 8 September, menyatukan sekitar 2.500 personel dan 100 pesawat terbang dari seluruh dunia di Northern Territory Australia.

 

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Latihan Militer di Tahun-tahun Berikutnya

Jerman sudah berencana untuk berpartisipasi dalam serangkaian latihan tahun depan di Australia, kali ini dengan tentaranya, menurut wawancara Reuters dengan pejabat tinggi militer Jerman pada akhir Agustus.

Inspektur Jenderal Eberhard Zorn juga mengumumkan kembalinya angkatan laut ke Indo-Pasifik, dengan seluruh unit armada.

"Kami tidak ingin memprovokasi siapa pun dengan kehadiran kami, tetapi kami juga ingin mengirimkan sinyal solidaritas yang jelas kepada mitra nilai kami," jelas Zorn.

Jerman telah meluncurkan operasi di Indo-Pasifik, kawasan yang telah mendominasi perdebatan kebijakan keamanan dalam beberapa tahun terakhir. Segala sesuatu antara pantai timur Afrika dan pantai barat benua Amerika dianggap sebagai daerah yang berdekatan secara strategis. Di pusat wilayah raksasa ini terletak Cina.

"Konsep Indo-Pasifik sangat banyak tentang meningkatnya Tiongkok, yang semakin kuat, yang juga telah membalikkan kepastian sebelumnya di kawasan ini — dan di sisi lain, peran kepemimpinan AS, yang penuh dengan ketidakpastian," ungkap Boas Lieberherr dari Pusat Studi Keamanan di Zurich dalam sebuah wawancara DW.

4 dari 4 halaman

Berfokus pada China

Semakin pentingnya Indo-Pasifik tercermin dalam semakin banyaknya dokumen kebijakan. Pada September 2020, misalnya, mantan pemerintah federal itu mengadopsi "Pedoman Indo-Pasifik".

Di dalamnya, referensi dibuat untuk kebangkitan Asia dalam kepentingan politik dan ekonomi. Tanpa menyebut nama Tiongkok, pemerintah Jerman mencatat meningkatnya "persaingan strategis untuk mendapatkan pengaruh di kawasan ini" dan menyatakan bahwa "Indo-Pasifik menjadi kunci untuk membentuk tatanan internasional di abad ke-21."

Uni Eropa mengikutinya pada musim semi lalu, dengan 27 negara anggota mengadopsi strategi Indo-Pasifik mereka pada akhir April.

Itu berbicara tentang saham besar UE di kawasan Indo-Pasifik, di mana ia "memiliki kepentingan bahwa arsitektur regional tetap terbuka dan berbasis aturan."

Tanpa menyebut China, pihaknya menyesalkan bahwa "dinamika saat ini di kawasan Indo-Pasifik" telah "memunculkan persaingan geopolitik yang ketat, menambah meningkatnya tekanan pada perdagangan dan rantai pasokan serta dalam ketegangan di bidang teknologi, politik, dan keamanan. Universalitas hak asasi manusia juga sedang ditantang."

Dan ketika aliansi militer Atlantik Utara — atas nama saja — mengadopsi Konsep Strategis baru NATO pada KTT Madrid pada akhir Juni, baik Indo-Pasifik maupun Tiongkok tampil menonjol.

"Indo-Pasifik penting bagi NATO karena perkembangan di kawasan ini dapat memiliki implikasi langsung bagi keamanan Euro-Atlantik," tulis makalah itu.

China jelas digambarkan sebagai tantangan "terhadap kepentingan, keamanan, dan nilai-nilai kami."

Di tempat lain, dokumen itu menekankan mitra NATO bekerja sama "untuk mengatasi tantangan sistemik terhadap keamanan Euro-Atlantik yang berasal dari Republik Rakyat Tiongkok."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.