Sukses

Sekitar 250.000 Orang Diyakini Antre Hingga 17 Jam, Demi Lihat Peti Mati Ratu Elizabeth di London

Menteri Kebudayaan Inggris memberikan perkiraan sejumlah 250.000 orang yang menunggu untuk memberi penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II secara langsung.

Liputan6.com, London - Sekitar seperempat juta orang mengantre hingga 17 jam untuk melihat peti mati Ratu Elizabeth II saat dibaringkan di Westminster Hall.

Angka-angka tersebut diungkapkan oleh Michelle Donelan, sekretaris budaya Inggris setelah Ratu Elizabeth II yang paling lama memerintah di negara itu dimakamkan di Kastil Windsor pada hari Senin.

Donelan mengatakan departemennya masih "menghitung angka-angka" untuk menghitung berapa banyak orang yang telah mengantre berjam-jam di London untuk melihat peti mati Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, tetapi dia yakin angkanya sekitar 250.000.

Mengutip dari laman The Guardian, Selasa (20/9/2022), keluarga kerajaan sedang menjalani minggu berkabung selama seminggu lagi untuk Ratu setelah pemakaman kenegaraan pada hari Senin, dengan upacara dan prosesi yang telah disaksikan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Donelan mengatakan bahwa sebagian besar orang Inggris akan melihat biaya pemakaman Ratu sebagai "uang yang dihabiskan dengan baik", tetapi dia tidak bisa menyebutkan berapa biaya yang dikeluarkan.

Ketika ditanya di Sky News tentang biaya pemakaman, dia berkata: "Saya tidak yakin dengan biaya pastinya, tetapi seperti yang saya katakan, saya pikir publik Inggris akan berpendapat bahwa itu adalah uang yang dihabiskan dengan baik.

"Anda melihat begitu banyak ribuan orang di luar sana dan saya tidak berpikir ada orang yang dapat menyarankan bahwa mendiang raja kita tidak pantas mendapatkan pemakaman itu, mengingat tugas dan layanan tanpa pamrih yang dia lakukan selama 70 tahun." Dia menambahkan bahwa akan "benar-benar tidak masuk akal" untuk menyarankan sebaliknya.

"Sungguh luar biasa rasa kebersamaan masyarakat. Saya selalu menganggap mendiang raja kita sebagai perekat yang menyatukan masyarakat," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antrean yang Panjang

Donelan menggambarkan antrean di Westminster Hall sebagai "fenomenal", saat dia memberikan penghormatan kepada para relawan yang membantu mengelola dan mendukung prosesi beberapa hari terakhir, termasuk berbaring di negara bagian.

Dia mengatakan kepada BBC Breakfast: "Tidak ada gladi resik, bukan, untuk skenario semacam ini? Ini sudah ada dalam rencana selama bertahun-tahun, tetapi jelas kami telah menguji segala sesuatunya dan bekerja dengan kelompok-kelompok masyarakat."

3 dari 4 halaman

Banyak Sukarelawan yang Terlibat

Dia memuji bantuan dari Samaritans, Palang Merah, polisi, dan perusahaan-perusahaan di seluruh South Bank yang membuka pintu mereka bagi mereka yang mengantri.

"Ini adalah upaya tim yang nyata untuk memungkinkan orang memiliki momen untuk mengucapkan selamat tinggal dan saya ingin memberikan penghormatan kepada semua orang yang terlibat - semua sukarelawan, semua marshal, para pelayan... itu luar biasa."

4 dari 4 halaman

Dihadiri Banyak Orang Penting

Pemakaman Ratu di Westminster Abbey dihadiri oleh ratusan kepala negara, dan dengan London yang penuh dengan para pelayat, acara tersebut menyerukan operasi kepolisian terbesar yang dilakukan oleh polisi Metropolitan.

Di antara 2.000 jemaat di Westminster Abbey itu adalah keluarga kerajaan asing, tokoh-tokoh penting Inggris dan para pemimpin dunia termasuk presiden Amerika Serikat Joe Biden, dan presiden Prancis, Emmanuel Macron.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.