Sukses

Ratu Elizabeth II Dimakamkan dengan Dua Perhiasan Kesayangan, Cincin Kawin dan Anting Mutiara

Ratu Elizabeth dimakamkan bersamaan dengan dua perhiasan yang paling ia cintai.

Liputan6.com, London - Ratu Inggris tercinta, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022. Ia kemudian disemayamkan di Westminster Abbey, tempat pernikahannya dengan Pangeran Philip pada 1947 dan penobatannya sebagai ratu pada 1953.

Pada Senin 19 September 2022, mendiang Ratu dimakamkan di Kastil Windsor berdampingan dengan sang suami, Pangeran Philip dan orang tuanya, Raja George VI dan Ibu Suri serta saudarinya, Putri Margaret.

Sebuah upacara pemakaman Ratu Elizabeth II digelar di Kapel St George di Kastil Windsor, dilanjutkan dengan acara penguburan yang dihadiri hanya keluarga.

Satu hal yang mencuri perhatian saat ini adalah perhiasan yang dikenakan Ratu Elizabeth II hingga ke peristirahatan terakhirnya.

Selama 96 tahun hidupnya, Ratu Elizabeth II dikenal karena keanggunan, dan kekuatan karakter serta seleranya dalam hal perhiasan. Seperti yang diharapkan, beberapa perhiasan dari harta kerajaan akan menemaninya ke liang lahat.

Lisa Levinson, kepala komunikasi di Natural Diamond Council, mengatakan kepada Metro.co.uk, "Yang Mulia adalah wanita yang sangat rendah hati yang tidak mungkin mengenakan apa pun kecuali cincin kawin emas Welsh sederhana untuk beristirahat dan sepasang anting-anting mutiara."

Dikutip dari Times of India, Senin (19/9/2022), dia juga menambahkan bahwa cincin pertunangan mendiang Ratu, sebuah cincin berlian yang awalnya milik ibu Pangeran Philip, Putri Alice dari Battenberg kemungkinan akan diwarisi kepada putrinya, Putri Anne.

"Pangeran Philip muda terlibat erat dalam desain cincin pertunangan Elizabeth, yang terbuat dari platinum dan memiliki sebelas berlian alami yaitu berlian solitaire bundar tiga karat, dan lima batu yang lebih kecil dipasang di setiap sisi."

Perhiasan Duka

Ketika Anda seorang bangsawan, Anda melakukan hal-hal yang berbeda. Kita telah melihat ini dalam 10 hari terakhir sejak kematian Ratu Elizabeth II. Ada aturan berpakaian berkabung dan juga perhiasannya,  yang terlihat dikenakan oleh wanita keluarga kerajaan belakangan ini.

Putri Wales Kate Middleton, Duchess of Sussex Meghan Markle, Permaisuri Camilla, dan anggota wanita keluarga kerajaan terlihat mengenakan perhiasan mutiara untuk dipadukan dengan gaun hitam mereka selama berkabung nasional untuk RatuElizabeth II.

Terlepas dari alasan yang jelas dari kecintaan ratu pada mutiara, sejarah mourning jewellery (perhiasan duka) dan bagaimana mutiara menjadi bagian darinya sudah ada sejak lama.

Menurut sebuah laporan Daily Mail, Putri Wales mengenakan ansambel hitam, dipasangkan dengan kalung mutiara tiga tali yang merupakan bagian dari koleksi perhiasan Yang Mulia untuk upacara pemakaman. Dia juga terlihat mengenakan sepasang anting berlian dan mutiara Putri Diana.

Meghan mengenakan gaun hitam selutut. Dia melengkapinya dengan topi hitam besar dan sepatu pengadilan runcing, tetapi memilih untuk tidak menggunakan kerudung hitam tradisional yang dikenakan oleh wanita kerajaan lainnya. Dia mengenakan sepasang anting-anting mutiara dan berlian yang diberikan kepadanya oleh Ratu untuk menghormati tamasya solo pertama mereka bersama pada tahun 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan dan Sejarah Baru

Ini akan menjadi perubahan dari bagaimana Ratu Victoria dimakamkan. Menurut laporan, Victoria dibaringkan untuk beristirahat dengan cincin di setiap jarinya, gelang ditumpuk di sekitar pergelangan tangannya dan lapisan kalung di lehernya.

Peti mati Elizabeth akan menggunakan Royal Standard - bendera yang mewakili Penguasa dan Inggris, dan akan memiliki Mahkota Negara Kekaisaran yang dipasang di atasnya seperti yang dipamerkan pada upacara pemakaman baru-baru ini. Bola Ratu dan tongkatnya juga akan menemani peti matinya.

3 dari 4 halaman

Hampir 3 Ribu Berlian Hiasi Mahkota di Atas Peti Mati Ratu Elizabeth II, Mewah!

Hal lain yang menarik perhatian publik dalam acara pemakaman Ratu Elizabeth II adalah mahkota yang diletakkan di atas petinya.

Dilansir BBC, Selasa (20/9/2022), mahkota berkilau tersebut terdiri dari hampir 3.000 batu - termasuk 2.868 berlian, 273 mutiara, 17 safir, 11 zamrud, dan lima rubi.

"Kadang-kadang bisa sangat sulit untuk dilihat karena cahaya tipis yang keluar darinya. Ini benar-benar mempesona ... secara visual sangat kuat," kata sejarawan dan penulis The Crown Jewels, Anna Keay.

Dia mengatakan secara historis, kembali ke Abad Pertengahan, mahkota dipandang sebagai ekspresi kekayaan dan status.

"Itu menandakan keagungan, itu menandakan kedaulatan."

Dibuat pada tahun 1937 untuk penobatan ayah Ratu, Raja George VI, Mahkota Negara Bagian dirancang agar lebih ringan, dan lebih pas, daripada mahkota yang diganti - yang berasal dari Ratu Victoria. Namun demikian, Mahkota Kekaisaran masih memiliki berat 2,3 lbs (1,06kg).

Selama masa pemerintahannya, Ratu Elizabeth II akan memakainya setiap tahun untuk Pembukaan Parlemen Negara - saat dia duduk di atas takhta emas membacakan rencana legislatif utama pemerintah untuk tahun depan.

Pada tahun 2018, Ratu bercanda tentang betapa beratnya mahkota yang dikenakan."Anda tidak boleh melihat ke bawah untuk membaca pidato, Anda harus mengangkat pidato itu, karena jika Anda melakukannya, leher Anda akan patah," jelas Yang Mulia.

Pada tahun 2019, ketika Ratu memasuki usia 90-an, mahkota yang lebih ringan digunakan - dan pada tahun 2021, terakhir kali dia mengambil bagian dalam upacara, dia tidak memakainya sama sekali. 

4 dari 4 halaman

Mahkota Kekaisaran

Imperial state crown (Mahkota Negara Kekaisaran) yang dikenal sebagai mahkota kerajaan Inggris terdiri dari batu berlian termasuk Cullinan II 317 karat - kadang-kadang disebut Bintang Kedua Afrika. 

Dipotong dari berlian terbesar yang pernah ditemukan, itu diberikan kepada Edward VII pada hari ulang tahunnya yang ke-66 oleh pemerintah Transvaal - bekas koloni mahkota Inggris - di Afrika Selatan saat ini.

Ini juga termasuk permata tertua dalam koleksi kerajaan - sebuah safir yang dikatakan pernah dipakai dalam cincin oleh raja Inggris abad ke-11, St Edward the Confessor. Batu itu sekarang diletakkan di tengah salib yang berada di atas mahkota.

Ratu sangat tertarik pada batu permata merah besar di mahkota - yang dikenal sebagai Ruby Pangeran Hitam. Diperkirakan telah dipakai pada tahun 1415 selama Perang Seratus Tahun oleh Henry V pada Pertempuran Agincourt - ketika pasukan Inggris mengalahkan Prancis di selatan Calais.

Legenda mengatakan bahwa Ratu menempatkan bulu di lubang yang dibor ke dalam batu delima. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.