Sukses

Detik-detik Peti Mati Ratu Elizabeth II Hilang dari Pandangan Mata

Detik-detik peti mati Ratu Elizabeth II terlihat jelas. Perlahan-lahan mulai turun diikuti dengan suasana khidmat.

Liputan6.com, Windsor Castle - Peti mati Ratu Elizabeth II telah dikebumikan di St George's Chapel, Windsor Castle, Senin sore (19/9/2022) waktu setempat.

St George's Chapel adalah lokasi yang sama tempat makam Pangeran Philip, suami sang ratu.

Berdasarkan siaran BBC, peti mati Ratu Elizabeth II tampak diturunkan secara mekanik menuju ruang penyimpanan (vault) di Windsor Castle.

<p>Detik-detik peti mati Ratu Elizabeth II terlihat jelas. Perlahan-lahan mulai turun diikuti dengan suasana khidmat (Buckingham Palace)</p>

Detik-detik peti mati Ratu Elizabeth II terlihat jelas. Perlahan-lahan mulai turun diikuti dengan suasana khidmat.

Prosesi awal sebelum diturunkan, mahkota sang ratu terlebih dahulu dipindahkan dari atas peti. Selain itu, ada prosesi pematahan tongkat oleh Andrew Parker yang menjabat sebagai Lord Chamberlain.

<p>Detik-detik peti mati Ratu Elizabeth II terlihat jelas. Perlahan-lahan mulai turun dan hilang lalu diikuti dengan suasana khidmat (Buckingham Palace)</p>

Tongkat yang dipatahkan itu menandakan berakhirnya tugas Lord Chamberlain kepada sang ratu. Lord Chamberlain adalah staf dengan posisi paling senior di lingkaran keluarga kerajaan, dan ia bertugas mengatur acara-acara yang bersifat resmi.

Ini adalah pertama kalinya upacara itu bisa disaksikan seluruh dunia. Setelah pematahan tongkat, Lord Chamberlain berdiri di belakang Raja Charles III, dan mereka memberikan penghormatan terakhir sebelum peti mati diturunkan. Raja Charles III lantas kembali ke sisi Ratu Camilla.

St George's Chapel juga merupakan tempat peristirahatan terakhir adik sang ratu, Putri Margaret. Ia tutup usia pada 2002. Raja Edward VII, kakek buyut dari Ratu Elizabeth II, juga dikebumikan di lokasi yang sama.

Begitu proses selesai, Raja Charles III keluar dari aula bersama keluarganya, termasuk Putri Anne hingga Pangeran George.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warga Inggris Resmi Kehilangan Nenek Bangsa

Bangsa Inggris telah mengucapkan selamat tinggal terakhir mereka kepada Ratu Elizabeth II, dengan pemakaman kenegaraan dan prosesi militer.

Para pemimpin dunia dan bangsawan asing bergabung dengan Raja Charles III dan Keluarga Kerajaan dalam jemaat di Westminster Abbey.

Dilansir BBC, Selasa (20/9/2022), ratusan ribu orang berbaris di jalan-jalan saat peti mati itu dibawa ke Windsor di mana dia dibaringkan.

Pada pemakaman, Dekan Westminster memberikan penghormatan kepada "rasa kewajiban seumur hidup" Ratu.

Salah satu pastor yang memimpin kebaktian, David Hoyle berbicara tentang "komitmen teguhnya terhadap panggilan tinggi selama bertahun-tahun sebagai Ratu dan Kepala Persemakmuran".

Hari itu dimulai dengan penghormatan terakhir yang diberikan oleh anggota masyarakat yang telah mengantri untuk melihat Ratu berbaring di Westminster Hall. Kemudian, dalam sebuah prosesi yang lama tak dilakukan selama beberapa generasi, peti matinya - di Kereta Senjata Negara Angkatan Laut Kerajaan, ditarik oleh 142 pelaut - dibawa dalam prosesi khidmat ke Westminster Abbey.

Raja Charles III berjalan bersama saudara-saudaranya, Putri Anne dan Pangeran Andrew dan Edward. Pangeran Wales dan Duke of Sussex berjalan berdampingan di belakang ayah mereka di sepanjang rute yang dibatasi oleh perwakilan dari semua bagian militer.

Saat prosesi pemakaman memasuki biara, para pemimpin dunia, politisi, dan bangsawan asing berdiri saat peti matinya dibawa ke lorong untuk ditempatkan di atas sebuah catafalque, terbungkus dalam standar kerajaan dengan Mahkota Negara Kekaisaran, bola dan tongkat kerajaan di atasnya.

Beberapa anggota keluarga termuda hadir di biara - cicit Ratu, Pangeran George dan Putri Charlotte, yang berusia sembilan dan tujuh tahun, duduk bersama orang tua mereka, Pangeran dan Putri Wales.

3 dari 4 halaman

Para Pemimpin Dunia Turut Hadir

Perdana Menteri Liz Truss dan suaminya Hugh O'Leary hadir bersama para menteri kabinet dan semua mantan perdana menteri Inggris yang masih hidup, duduk di quire biara.

Sekitar 100 presiden dan kepala pemerintahan bergabung dengan 2.000 jemaat di biara - serta Presiden AS Joe Biden dan istrinya, Jill, ada Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, PM Kanada Justin Trudeau, Selatan Presiden Korea Yoon Suk-yeol dan Wakil Presiden China Wang Qishan.

Keluarga kerajaan Eropa sangat terwakili - dengan raja dan ratu dari Denmark, Spanyol, Swedia, Norwegia, Belgia, dan Belanda. 

Ratu Denmark Margrethe II - sekarang raja yang paling lama memerintah di Eropa - duduk di seberang Raja Charles dekat dengan peti mati.

Kaisar dan Permaisuri Jepang juga hadir, bersama bangsawan luar negeri lainnya termasuk Raja dan Ratu Malaysia dan Raja Abdullah II dan Ratu Rania dari Yordania.

4 dari 4 halaman

Pelayanan Ratu Sebagai Pemimpin

Uskup Agung Canterbury Justin Welby berkata: "Orang-orang yang melayani dengan kasih jarang ada dalam kehidupan mana pun. Pemimpin yang melayani dengan kasih masih lebih jarang.

"Tetapi dalam semua kasus mereka yang melayani akan dicintai dan diingat ketika mereka yang berpegang teguh pada kekuasaan dan hak istimewa sudah lama dilupakan."

Dia juga berbicara tentang bagaimana Ratu menyatakan pada hari ulang tahunnya yang ke-21 "bahwa seluruh hidupnya akan didedikasikan untuk melayani bangsa dan Persemakmuran".

Dia menambahkan: "Jarang janji seperti itu ditepati dengan baik. Beberapa pemimpin menerima curahan cinta yang telah kita lihat."

Westminster Abbey terikat dengan bagian-bagian dari sejarah pribadi Ratu - di sanalah dia menikah dan di mana penobatannya berlangsung. 

Pemakamannya mendengar Mazmur 23 - Tuhan adalah Gembalaku, yang dinyanyikan di pernikahannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.