Sukses

Jepang Ciptakan Sumpit Listrik Pencipta Rasa Asin dan Gurih pada Makanan

Jepang baru saja membuat inovasi sumpit dan mangkuk yang menggunakan listrik untuk membuat makanan terasa lebih asin.

Liputan6.com, Tokyo - Para peneliti Jepang telah menciptakan peralatan dapur pintar yang mengandalkan listrik untuk membuat makanan lebih asin dan lezat tanpa menambahkan garam tambahan.

Garam membuat makanan terasa jauh lebih enak, tetapi garam juga merupakan bahan yang sangat berbahaya, yang jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Tetapi, bagaimana jika kita bisa membuat makanan terasa asin tanpa menggunakan garam? Itulah yang telah dikerjakan oleh para ilmuwan di Meiji University dan pengembang Kirin Holdings selama beberapa tahun ini.

Melansir laman odditycentral, Rabu (14/9/2022) pada April lalu, mereka menampilkan kreasi terobosan pertama mereka yaitu sepasang sumpit pintar dan sekarang mereka telah memiliki beberapa produk komersial yang siap untuk dipasarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menciptakan Sensasi Asin

Sumpit pintar yang kami tulis tentang beberapa bulan yang lalu bekerja sebagaimana mestinya.

Dimana sumpit ini mentransmisikan ion natrium dari makanan ke mulut pengguna untuk menciptakan sensasi rasa asin yang lebih baik dari pada rasa pada garam yang ditaburkan.

Tetapi sumpit ini juga memiliki masalah besar. Karena permukaannya yang terbatas, sumpit perlu dihubungkan ke sumber daya pada lengan bawah pengguna. Namun demikian, peralatan terbaru yang dirancang oleh tim di balik proyek ini tidak mengalami keterbatasan seperti itu.

3 dari 4 halaman

Baik untuk Kesehatan

Sumpit dan mangkuk pintar yang baru-baru ini dipamerkan oleh para pemikir brilian di balik proyek ini, memiliki ruang yang cukup untuk baterai built-in, jadi Anda tidak perlu lagi khawatir untuk menghubungkannya ke alat daya setiap kali ingin menggunakannya.

SoraNews24 melaporkan bahwa sendok dan mangkuk pintar yang baru ini bisa membuat makanan terasa 1,5 kali lebih asin, yang merupakan kabar baik bagi banyak orang yang menyukai makanan asin, tetapi perlu memperhatikan asupan garam mereka karena alasan kesehatan

4 dari 4 halaman

Siap dipasarkan

Informasi yang lebih baik lagi adalah berita bahwa peralatan pintar baru ini siap dikomersialisasikan dan diperkirakan akan memasuki pasar Jepang awal tahun depan.

Produk baru ini akan disebut Erekisoruto (エレキソルト) dan akan memiliki baterai built-in untuk semakin menunjang segala kelebihan yang akan diberikan oleh produk ini.

Namun, untuk harganya sendiri belum diketahui saat ini karena belum adanya informasi yang dberikan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba membeli alat canggih ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.