Sukses

Beri Penghormatan Ratu Elizabeth II Meninggal, Menara Eiffel di Paris Matikan Lampu

Dalam rangka memberi penghormatan kepada Ratu Elizabeth II, Menara Eiffel Prancis gelap gulita. Mematikan cahaya lampu yang biasa berpendar di struktur tersebut.

Liputan6.com, Paris - Dalam rangka memberi penghormatan kepada Ratu Elizabeth II, Menara Eiffel Prancis gelap gulita. Mematikan cahaya lampu yang biasa berpendar di struktur tersebut. 

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022. Ia mengembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun.

Mengutip situs The Star, Jumat (9/9/2022), lampu Menara Eiffel menjadi gelap pada Kamis malam sebagai penghormatan kepada Ratu Elizabeth, dengan warga Paris mengenang seorang ratu Inggris yang menambatkan negaranya melalui pergolakan dengan ketenangan dan keanggunan lebih lama dari yang dialami banyak orang.

Kematian Putri Diana tahun 1997 di Paris mendorong Elizabeth untuk menjalani hari-hari tergelap selama 70 tahun di atas takhta, ketika istana tampak terputus dari curahan kesedihan publik.

Di monumen Flame of Liberty di atas underpass tempat Putri Diana terbunuh, beberapa orang yang lewat berhenti sejenak untuk mengingat monarki yang paling lama memerintah Inggris.

"Dia adalah orang yang mendefinisikan Inggris," kata ahli kacamata Salima Gersa.

Wanita lain, Valerie, seorang pekerja museum, mengatakan kematian Ratu Elizabeth II menandai "akhir dari sebuah era", menggambarkannya sebagai "wanita luar biasa yang melihat dunia di sekitarnya hancur."

Yang lain memberi penghormatan kepada seorang anggota monarki yang tetap menjadi simbol stabilitas dan kontinuitas bagi warga Inggris pada saat ekonomi nasional relatif menurun, sementara juga mengadaptasi institusi monarki kuno dengan tuntutan era modern.

"(Tanda kematiannya) saat yang tragis, tetapi dia memiliki kehidupan yang hebat dan memiliki warisan yang hebat," kata turis AS Greg Shanon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Landmark Dunia yang Turut Beri Penghormatan

London Eye, kincir ria di Tepi Selatan Sungai Thames di ibu kota Inggris, juga mematikan lampunya saat matahari terbenam pada hari Kamis.

Sementara itu, Empire State Building New York mengumumkan akan "bersinar dalam warna ungu dan berkilau dalam warna perak" sebagai penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II.

Di Brasil, patung raksasa Christ the Redeemer yang menghadap ke Rio de Janeiro dinyalakan dengan warna merah, biru, dan putih seperti warna bendera Inggris, sementara Australia mengumumkan rencana untuk menerangi warna itu di layar Gedung Opera Sydney.

Di Washington, bendera AS diturunkan menjadi setengah tiang untuk menandai meninggalnya seorang monarki. "Akan tampak besar di halaman-halaman sejarah Inggris, dan dalam kisah dunia kita," kata Joe Biden.

Kematiannya juga membawa kesedihan di kota-kota Eropa.

Di Berlin, bunga dan lilin diletakkan di luar kedutaan Inggris, sementara di Venesia God Save the Queen dimainkan di luar Gedung Festival kota Italia.

3 dari 5 halaman

Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja

Ratu Inggris Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia. Sang penguasa monarkhi tutup usia di usia 96 tahun. Jenazahnya, juga anggota keluarganya akan tetap di Balmoral Kamis (8/9/2022), sebelum kemudian menempuh perjalanan pulang ke istananya di London.

Ratu Elizabeth mangkat tak lama setelah kabar soal kondisi kesehatannya yang mengkhawatirkan berembus dari Skotlandia. Para dokter khawatir, anggota keluarga kerajaan pun diminta merapat.

Selama hidupnya, Ratu Elizabeth II dikenal memiliki kesehatan yang baik, meski kemudian terkena COVID-19. Ia bahkan masih sanggup menerima Perdana Inggris yang baru, Liz Truss, walau harus berdiri dengan bantuan tongkat. 

Ratu Elizabeth II, pemimpin Inggris terlama yang memerintah selama tujuh dekade. Ia naik takhta pada tahun 1952, setelah kematian ayahnya, Raja George VI. Dia memimpin Inggris di tengah banyak pergolakan global, kemelut politik Britania Raya, juga kemelut internal keluarga kerajaan yang memaksa terjadinya modernisasi monarkhi secara dramatis.

Elizabeth memerintah Inggris Raya dan 14 wilayah Persemakmuran lainnya. Ia adalah salah satu perempuan paling dikenal dalam sejarah. Putranya, Charles, segera menjadi Raja setelah kematiannya.

Keluarga Kerajaan menyebut Charles sebagai Raja saat mengumumkan kematian Ratu Elizabeth. Dalam twitnya, pihak kerajaan menyebut Camila sebagai Queen Consort atau Permaisuri.

4 dari 5 halaman

Ratu Elizabeth II Meninggal, Ini Duka Cita Tokoh Dunia Salah Satunya Vladimir Putin

Para pemimpin dan pejabat dunia memberikan penghormatan setelah Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis 8 September 2022. Ia mengembuskan napas terakhir di Kastil Balmoral, Skotlandia pada usia 96 tahun.

Mereka menghormati rasa tanggung jawabnya yang dalam dan ketangguhannya, serta selera humor dan kebaikan sang ratu.

Mengutip BBC, Jumat (9/9/2022), Emmanuel Macron dari Prancis memimpin ucapan duka cita, mengingat Ratu Elizabeth II sebagai "seorang ratu yang baik hati" yang merupakan "teman Prancis".

Dan mantan Presiden AS Barack Obama mengatakan Ratu telah "memikat dunia" dengan "pemerintahan yang ditentukan oleh keanggunan, keanggunan dan etos kerja yang tak kenal lelah".

"Berkali-kali, kami dikejutkan oleh kehangatannya, cara dia membuat orang merasa nyaman, dan bagaimana dia membawa banyak humor dan pesonanya ke saat-saat kemegahan dan keadaan yang luar biasa," kata Obama, yang bertemu Ratu dalam beberapa kesempatan. dalam sebuah pernyataan.

Presiden AS saat ini Joe Biden - yang pertama kali bertemu Yang Mulia 40 tahun lalu - menggambarkannya sebagai "lebih dari seorang ratu - dia mendefinisikan sebuah era".

Mengingat kunjungannya ke Inggris pada tahun 2021 sebagai presiden, Biden mengatakan "dia mempesona kami dengan kecerdasannya, menggerakkan kami dengan kebaikannya, dan dengan murah hati membagikan kebijaksanaannya kepada kami".

Ratu Elizabeth II bertemu 13 presiden AS selama masa pemerintahannya.

Selengkapnya di sini...

5 dari 5 halaman

Penguasa Terlama di Inggris

Ratu Elizabeth II adalah penguasa dengan periode pemerintahan paling lama dalam sejarah Inggris. Masa kekuasaannya resmi masuk tahun ke-70 pada tahun 2022. Sebelumnya, gelar penguasa terlama juga dipegang oleh seorang perempuan, yakni Ratu Victoria. 

Waktu kekuasaan yang lama membuat Ratu Elizabeth II menyaksikan berbagai zaman: Ketika ia naik takhta, Winston Churchill masih menjadi perdana menteri Inggris. Ia juga menyaksikan kekuasaan sang Iron Lady, Margaret Thatcher, sebagai PM wanita pertama dalam sejarah Inggris. 

Di Amerika Serikat, presiden Amerika Serikat yang berkuasa saat Ratu Elizabeth II naik takhta adalah Harry Truman. Setelahnya, Ratu Elizabeth II menyaksikan masa-masa pemerintahan Presiden Dwight Eisenhower, J.F. Kennedy, Richard Nixon, Ronald Reagan, bapak-anak Bush, Barack Obama, hingga Donald Trump.

Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip dan memiliki empat orang anak: Charles, Anne, Andrew, dan Edward.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.