Sukses

Banjir Bandang Terjang China Tewaskan 16 Orang, 6.000 Orang di 6 Desa Terdampak

Badai hujan tiba-tiba di China barat memicu tanah longsor yang mengalihkan sungai dan menyebabkan banjir bandang di daerah berpenduduk.

Liputan6.com, Jakarta Badai hujan tiba-tiba di China barat memicu tanah longsor yang mengalihkan sungai dan menyebabkan banjir bandang di daerah berpenduduk, menewaskan sedikitnya 16 orang dan menyebabkan 18 lainnya hilang, kata media pemerintah China, Kamis (18/8/2022).

Tim penyelamat, yang sebelumnya melaporkan 36 orang hilang, telah menemukan 18 di antaranya pada sore hari, kata penyiar CCTV negara dalam pembaruan online.

Bencana Rabu malam mempengaruhi lebih dari 6.000 orang di enam desa di Provinsi Qinghai, kata CCTV.

China menghadapi hujan lebat dan banjir di beberapa bagian negara musim panas ini dan panas dan kekeringan ekstrem di wilayah lain. Media pemerintah menggambarkan panas dan kekeringan berkepanjangan sebagai yang terburuk sejak pencatatan dimulai 60 tahun lalu.

Otoritas darurat menggambarkan banjir bandang di daerah Datong Qinghai sebagai "semburan gunung." Aliran deras seperti itu umumnya disebabkan oleh badai besar di daerah pegunungan. Air yang mengalir menuruni gunung dapat mengubah parit atau sungai menjadi sungai yang mengamuk, mengejutkan orang.

Video yang diposting oleh situs web Beijing News menunjukkan air berlumpur mengalir di jalan lebar di malam hari dan daerah yang dipenuhi puing-puing dengan pohon tumbang, jalan yang sebagian hanyut dan mobil terbalik setelah air surut.

Tujuh orang tewas akhir pekan lalu akibat semburan gunung di provinsi Sichuan, China barat daya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Di Tempat Lain Kekeringan

Di tempat lain di Sichuan dan provinsi lain, tanaman layu dan pabrik-pabrik ditutup karena kekeringan telah mempengaruhi pasokan tenaga air dan suhu tinggi meningkatkan permintaan listrik untuk menjalankan AC.

Tesla Ltd. dan SAIC, salah satu pembuat mobil milik negara yang terbesar di China, menangguhkan produksi di pabrik-pabrik di Shanghai karena kurangnya komponen dari 16 pemasok di Sichuan yang ditutup, Komite Industri Informasi dan Ekonomi Shanghai mengatakan dalam sebuah surat yang dirilis Kamis.

Komite Shanghai mengimbau mitranya di Sichuan untuk memastikan pabrik komponen mobil memiliki daya yang memadai selama jam kerja siang hari, untuk menghindari gangguan pasokan.

Pihak berwenang di tiga provinsi bahkan menembakkan roket ke langit dalam beberapa hari terakhir untuk "menyemai" awan untuk mencobamenghasilkan lebih banyak hujan, menurut media China dan laporan pemerintah.

3 dari 5 halaman

China Operasi Semai Awan Picu Curah Hujan, Upaya Lawan Bencana Kekeringan

Pihak berwenang China berusaha untuk memicu curah hujan di beberapa bagian China tengah dan barat daya di tengah kekeringan parah dan gelombang panas yang memecahkan rekor.

Dilansir BBC, Kamis (18/8/2022), level air Sungai Yangtze - jalur air terpanjang di Asia - sekarang mencapai rekor terendah. 

Di beberapa bagian, curah hujan kurang dari setengah dari biasanya. Reservoir tenaga air saat ini turun sebanyak setengahnya, kata para pejabat.

Pada saat yang sama, lonjakan permintaan untuk AC telah menempatkan perusahaan listrik di bawah tekanan yang ekstrem. Gelombang panas selama dua bulan adalah rekor terpanjang di China, kata Pusat Iklim Nasional.

Provinsi di sekitar sungai Yangtze yang dilanda kekeringan telah beralih ke operasi penyemaian awan untuk memerangi kurangnya hujan, dengan Hubei dan sejumlah provinsi lain meluncurkan roket yang membawa bahan kimia ke langit, menurut media lokal.

Tetapi kurangnya tutupan awan telah menghentikan upaya di beberapa daerah yang berusaha melakukan hal yang sama.

4 dari 5 halaman

Suhu Capai 40 Derajat Celcius

Sementara itu, suhu di seluruh Sichuan dan provinsi tetangga telah melebihi 40C (104 F).

Akibatnya, kantor-kantor pemerintah di Sichuan diminta untuk menjaga tingkat AC tidak lebih rendah dari 26C (79 F), menurut Harian Sichuan yang dikutip oleh kantor berita Reuters. 

Pekerja juga telah diminta untuk menggunakan tangga daripada lift jika memungkinkan.Jutaan penduduk juga terkena pemadaman listrik di provinsi tersebut.

Di kota Dazhou, rumah bagi sekitar 5,4 juta orang, pemadaman listrik berlangsung hingga tiga jam, lapor media lokal.

Mereka mengatakan pabrik-pabrik di provinsi tersebut telah dipaksa untuk memotong produksi atau menghentikan pekerjaan sebagai bagian dari tindakan darurat untuk mengalihkan pasokan listrik ke rumah tangga. 

Reservoir tenaga air - yang ada banyak di wilayah tersebut - saat ini turun sebanyak setengahnya, tambah para pejabat.

5 dari 5 halaman

Modifikasi Cuaca

Hal serupa pernah dilakukan sebelumnya oleh pejabat China pada 2 tahun lalu.

Waktu itu, China secara besar-besaran memperluas proyek pengendalian cuaca dan bertujuan untuk mengatur cuaca pada setengah wilayah negara tersebut dengan hujan dan salju buatan pada tahun 2025.

Praktik "cloud seeding" ditemukan di AS pada tahun 1946 oleh seorang ahli kimia yang bekerja untuk General Electric. China meluncurkan program serupa pada 1960-an.

Beberapa negara lain, termasuk AS juga memiliki program serupa. Namun, program yang dijalankan oleh Beijing ini adalah yang terbesar di dunia, di mana sekitar 35.000 orang turut bekerja dalam program tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Dewan Negara China mengatakan bahwa proyek cloud seeding di negara itu akan berkembang lima kali lipat untuk mencakup area seluas 2,1 juta mil persegi (3,378.900 km) dan selesai pada tahun 2025. Luas tersebut sama saja dengan mencakup 56% luas dari negara itu.

Mengatur hujan dan salju buatan pada prinsipnya cukup sederhana, yakni dengan menyemprotkan bahan kimia seperti iodida perak atau nitrogen cair ke awan dapat membuat tetesan air mengembun dan jatuh sebagai hujan atau salju.

China juga melakukan penyemaian awan lokal di Beijing tak lama sebelum Olimpiade 2008, yang mereka klaim berhasil memaksa hujan yang diantisipasi turun sebelum acara dimulai.

Pada Juni 2016, China mengalokasikan $ 30 juta (Rp 424,420,500,000) untuk proyek penyemaian awan dan mulai menembakkan peluru yang berisi garam dan mineral ke langit.

Setahun kemudian, China menghabiskan $ 168 juta (Rp 2,376,754,800,000) untuk menyediakan peralatan yang akan digunakan untuk proyek tersebut, termasuk empat pesawat dan 897 peluncur roket.

Kementerian Keuangan China ingin menggunakan cloud seeding untuk menghasilkan setidaknya 60 miliar meter kubik hujan tambahan setiap tahun pada tahun 2020.

Pada Januari 2019, media pemerintah melaporkan bahwa taktik penyemaian awan di wilayah barat Xinjiang telah mencegah tanaman dari 70% kerusakan hujan es. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.