Sukses

Alina Kabaeva yang Dikabarkan Hamil Pernah Diisukan Punya 2 Rumah dari Putin

Nama Alina Kabaeva kembali jadi sorotan, setelah diisukan tengah mengandung anak dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Liputan6.com, Moskow - Nama Alina Kabaeva kembali jadi sorotan, setelah diisukan tengah mengandung anak dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sosok satu ini memang lekat dengan Vladimir Putin dan kerap menjadi bahan pemberitaan media. Sebelumnya, ia pernah masuk dalam daftar sanksi Uni Eropa.

Nama Alina Kabaeva masuk dalam usulan paket ke-6 sanksi Uni Eropa terhadap Rusia atas invasi ke Ukraina, menurut dua sumber diplomatik Eropa, dikutip dari laman CNN, Selasa (12/7/2022).

Pada tahap ini, CNN melaporkan, Sabtu (7/5/2022), nama dapat dihapus atau ditambahkan sesuai kebijakan negara anggota dan diharapkan jadi titik negosiasi ketika paket sanksi baru diusulkan, kata sumber Komisi UE.

NATO bahkan menyebutkan, kekasih Vladimir Putin ini memiliki dua rumah super mewah pemberian dari presiden Rusia tersebut.

Rumah mewah ini disebut berada di Turki. Bahkan disebutkan Putin menempatkan pengawal presidennya ke rumah mahal tempat sang kekasih tinggal. Namun, tidak ada rincian spesifik yang diberikan mengenai properti tersebut, dikutip dari Daily Mail.

Uni Eropa juga telah mengusulkan sanksi terhadap Kabaeva, salah satu otoritas sanksi Eropa mengatakan kepada The Daily Beast.

Kabaeva, yang meraih emas dalam senam ritmik di Olimpiade 2004, telah pensiun dan mulai bekerja di bidang politik sebagai anggota parlemen pro-Kremlin di Rusia.

Sejak itu ia mendirikan yayasan amal dan telah bekerja sebagai kepala Grup Media Nasional Rusia, yang mengawasi media pro-pemerintah.

Kepemimpinannya dalam mengelola media, dan perannya dalam mendorong propaganda Rusia serta 'merusak' integritas teritorial Ukraina dalam perang, adalah alasan mengapa dia diberi sanksi. Meski begitu, Kremlin telah membantah hubungan romantis antara Putin dan Kabaeva.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Putin

Di tengah invasi Rusia ke Ukraina yang belum kunjung reda, Alina Kabaeva yang disebut sebagai kekasih Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan hamil. Namun, Presiden Vladimir Putin disebut tidak menyambut kabar itu dengan positif karena merasa sudah cukup punya anak, terutama anak perempuan.

Menurut laporan Newsweek, Selasa (12/7/2022), kabar itu berasal dari channel Telegram bernama General SVR. Channel itu cukup populer dan menyebut adminnya adalah mantan intelijen Rusia, tetapi kabar kehamilan kekasih Putin masih belum terverifikasi.

"Putin mengetahui simpanannya hamil lagi, dan kelihatannya ini tidak direncanakan," ujar channel tersebut. 

Alina Kabaeva merupakan seorang mantan atlet senam Rusia yang meraih dua medali Olimpiade. Wanita berusia 39 tahun itu disebut hamil anak perempuan sejak Mei 2022. Ia dikabarkan sedih karena respons Vladimir Putin.

Presiden Putin sudah punya dua anak perempuan, yakni Maria and Katerina. Keduanya adalah anak dari pernikahan Putin dengan istrinya, Aleksandrovna Ocheretnaya. Usia Maria hanya berbeda dua tahun dari Alina.

Katerina dikenal sebagai seorang ilmuwan. Ia mempelajari sejarah Jepang, serta punya gelas master di bidang matematika dan fisika. 

Presiden Vladimir Putin telah menceraikan Lyudmila pada 2013. Meski hubungan Vladimir Putin dan Alina Kabaeva telah bertahun-tahun menjadi sorotan, Presiden Rusia membantah keduanya punya hubungan. 

3 dari 4 halaman

Rusia Bakal Intensifkan Serangan, Ukraina Bersiap

Sebelumnya dilaporkan, Ukraina memperingatkan bahwa Rusia sedang bersiap untuk mengintensifkan pertempuran untuk kota-kota di wilayah Donbas timur negara itu di mana jumlah korban tewas dari serangan rudal Rusia di sebuah bangunan perumahan selama akhir pekan meningkat menjadi 31 dan roket menewaskan enam orang di kota terbesar kedua di negara itu, Kharkiv.

Mengutip Al Jazeera, Selasa (12/7), Ukraina Timur pada Senin terus menjadi fokus utama serangan Rusia selama berminggu-minggu di mana 31 orang dipastikan tewas setelah serangan rudal Rusia di kota Chasiv Yar di wilayah Donetsk, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam sebuah pidato. 

Serangan rudal pada Sabtu malam menghancurkan tiga bangunan di kawasan perumahan Chasiv Yar, sebuah kota yang sebagian besar dihuni oleh orang-orang yang bekerja di pabrik-pabrik terdekat.

Juru bicara kementerian pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengklaim pada hari Senin bahwa "lebih dari 300" pejuang Ukraina telah tewas dalam serangan Rusia di dekat Chasiv Yar, tanpa memberikan tanggal atau rincian lebih lanjut.

Di Chasiv Yar, penyelamat melakukan kontak suara dengan dua orang yang masih hidup di bawah puing-puing gedung apartemen lima lantai pada hari Senin dan layanan darurat merilis video pekerja menarik korban dari puing-puing beton, di mana hingga dua lusin orang terperangkap.

4 dari 4 halaman

Fokus Pasukan Rusia

Setelah berjuang dalam pertempuran panjang untuk merebut wilayah Ukraina timur di wilayah Luhansk, pasukan Rusia kini mengalihkan fokus mereka ke Donetsk yang bertetangga saat mereka ingin menguasai seluruh Donbas.

Pakar militer mengatakan Rusia menggunakan rentetan artileri untuk membuka jalan bagi dorongan baru untuk wilayah oleh pasukan darat.

Wilayah timur negara itu berada di bawah penembakan terus-menerus pada hari Senin tetapi serangan darat Rusia dihentikan, kata tentara Ukraina.

Pasukan Rusia kemungkinan berencana untuk meluncurkan beberapa serangan terberat mereka di wilayah Donetsk, kata militer.

“Ada tanda-tanda unit musuh bersiap untuk mengintensifkan operasi tempur ke arah Kramatorsk dan Bakhmut,” kata tentara, merujuk pada dua kota utama yang masih di bawah kendali Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.