Sukses

Kerja di Netflix Bergaji Rp 6,6 M Setahun, Pria Ini Malah Resign Karena Bosan

Seorang mantan insinyur perangkat lunak senior di Netflix mengungkapkan bagaimana kebosanan membuatnya meninggalkan $ 450.000 atau sekitar Rp 6,6 miliar setahun dan waktu luang tanpa batas.

Liputan6.com, Jakarta Seorang mantan insinyur perangkat lunak senior di Netflix mengungkapkan bagaimana kebosanan membuatnya meninggalkan $ 450.000 atau sekitar Rp 6,6 miliar setahun dan waktu luang tanpa batas.

Michael Lin tidak pernah menoleh ke belakang sejak berhenti dari Netflix pada Mei 2021. Menulis di sebuah artikel untuk Business Insider, seperti dikutip Senin (13/6/2022), Lin yakin dia akhirnya membuat keputusan yang tepat.

Lin, yang mulai bekerja di raksasa streaming itu setelah meninggalkan pekerjaannya di Amazon pada tahun 2017, menulis bahwa dia "senang mendapatkan promosi dan pulang ke Bay Area."

"Pada saat itu, saya pikir saya akan tetap bersama Netflix selamanya. Saya menghasilkan $ 450.000 setahun, mendapat makanan gratis setiap hari, dan memiliki waktu luang tanpa batas. Itu adalah impian Big Tech."

Hampir empat tahun kemudian, Lin mengajukan pengunduran dirinya.

Menurut Lin, orangtuanya adalah orang pertama yang keberatan, mengatakan kepadanya bahwa dia "membuang kerja keras mereka untuk berimigrasi ke AS."

Sementara itu, rekan-rekannya menasihatinya untuk mengantre pekerjaan lain terlebih dahulu sebelum meninggalkan perusahaan.

Mentornya di Netflix membuatnya berhenti sejenak untuk berpikir dengan menasihatinya bahwa berhenti tanpa pekerjaan lain berarti melepaskan "investasi yang saya miliki dengan gaji tinggi saya di Netflix."

Terlepas dari nasihat itu, Lin tetap pergi tiga hari kemudian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mulai Bosan Setelah Dua Tahun di Netflix

Lin mengatakan bahwa dia belajar banyak setiap hari di hari-hari awalnya di Netflix. Dia mengklaim bahwa "kilau mulai memudar" setelah sekitar dua tahun.

"Proyek dan pertemuan bercampur menjadi satu, dan mereka terasa seperti variasi kecil satu sama lain setelah beberapa saat," catatnya. "Pekerjaan engineering mulai terasa seperti salin dan tempel."

Lin mencatat bahwa pandemi COVID-19 menghapus semua hal yang membuat pekerjaannya menyenangkan dan hanya menyisakan pekerjaan biasa.

Dia mencoba melamar ke beberapa pekerjaan manajer produk di Netflix, tetapi dia mengklaim kurangnya peluang perubahan peran horizontal perusahaan mengalahkan peluangnya.

"Ketika saya mulai di Netflix, saya menghasilkan uang dan terus belajar hal-hal baru. Sekarang, saya hanya menghasilkan uang, tanpa kemajuan karir," kenangnya saat itu.

Hal ini semakin melemahkan motivasinya dan sangat memengaruhi kinerjanya, yang mengakibatkan penilaian kinerja negatif dari manajernya pada April 2021.

"Dia mengatakan saya perlu lebih terlibat dalam migrasi teknik tim dan lebih komunikatif. Dalam kata-katanya, saya harus meningkatkan di bidang ini 'jika saya ingin tetap berada di tim'."

3 dari 4 halaman

Perspektif Baru Akibat Pandemi COVD-19

Lin mengatakan pandemi memberinya perspektif baru tentang kehidupan.

"Saya menunda impian saya untuk menjadi seorang pengusaha, dan COVID-19 adalah pengingat bahwa saya mungkin tidak berada di sini besok untuk mengejar mereka."

Sekitar dua minggu setelah tinjauan kinerja, dia mengusulkan "paket pesangon" kepada manajernya untuk keluar dari perusahaan.

Lin mengatakan sekarang ada "ketenangan yang mendalam" di dalam dirinya setelah meninggalkan Netflix.

"Sudah delapan bulan sejak saya berhenti dari pekerjaan saya di Netflix, dan saya telah memutuskan untuk berkomitmen penuh untuk bekerja bagi diri saya sendiri," catatnya.

"Meskipun saya baru memulai dan belum memiliki aliran pendapatan yang dapat diandalkan, saya akan mempercayai proses bahwa jika saya melakukan pekerjaan yang memberi saya energi, hal-hal baik akan terjadi."

4 dari 4 halaman

Netflix PHK 150 Karyawan, Imbas Pendapatan Anjlok

Sebelumnya Netflix melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada sekitar 150 karyawan serta memutus kerjasama dengan belasan kontraktor, menyusul laporan pendapatan yang mengecewakan.

Sebuah sumber yang mengetahui situasi ini memberi tahu The Verge, dikutip Rabu (18/5/2022), bahwa langkah tersebut mencakup setidaknya 26 kontraktor yang bekerja di situs web Tudum yang berfokus pada penggemar--berfungsi sebagai pelengkap konten Netflix.

Sebelumnya, Netflix memecat sekitar 25 karyawan pemasaran, termasuk belasan karyawan yang bekerja di Tudum. 26 pekerja yang diberhentikan saat ini diberitahu tentang PHK melalui email, yang menurut juru bicara Netflix Erika Masonhall dikirim oleh perusahaan kontraktor.

Perusahaan mengatakan kepada The Verge bahwa sebagian besar karyawan Netflix yang terkena PHK berada di Amerika Serikat (AS).

"Seperti yang kami jelaskan tentang pendapatan, pertumbuhan pendapatan kami yang melambat berarti kami juga harus memperlambat pertumbuhan biaya kami sebagai sebuah perusahaan. Sayangnya, kami melepaskan sekitar 150 karyawan hari ini, sebagian besar berbasis di AS," ungkap Masonhall.

Ia menyebut keputusan ini terutama didorong oleh kebutuhan bisnis ketimbang kinerja individu, yang membuat perusahaan sangat sulit karena tidak ada dari karyawan yang ingin mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja yang hebat.

"Kami bekerja keras untuk mendukung mereka melalui transisi yang sangat sulit ini. Sejumlah kontraktor keagenan juga terkena imbas dari berita yang diumumkan pagi ini. Kami berterima kasih atas kontribusi mereka untuk Netflix," pungkas Masonhall.

Sebelumnya, Netflix mengungkapkan bahwa pada kuartal pertama (Q1) tahun 2022, mereka kehilangan 200 ribu pelanggan secara global, dibandingkan kuartal empat (Q4) 2021.

Perusahaan Amerika Serikat itu juga memperkirakan akan ada kerugian yang lebih besar di kemudian hari, bahkan sampai dua juta pelanggan di kuartal kedua.

"Pertumbuhan pendapatan kami sudah sangat melambat," kata Netflix dalam suratnya kepada para pemegang saham, seperti dilansir The Verge, dikutip Rabu (20/4/2022).

Platform streaming itu melanjutkan, pandemi hanya "mengaburkan gambar," dengan adanya banyak masalah yang tersembunyi di bawah permukaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.