Sukses

Menlu Klaim Negara Barat Nyatakan Perang Hibrida Total terhadap Rusia

Barat telah menyatakan "perang hibrida total" melawan Rusia dan sulit untuk memprediksi berapa lama itu akan berlangsung, kata menteri luar negeri Moskow.

Liputan6.com, Moskow - Negara Barat telah menyatakan "perang hibrida total" melawan Rusia dan sulit untuk memprediksi berapa lama itu akan berlangsung, kata menteri luar negeri Moskow.

Sergei Lavrov mengatakan konsekuensi dari perang di Ukraina akan terasa di seluruh dunia, demikian seperti dikutip dari MSN News, Minggu (15/5/2022).

Tetapi berbicara tentang sanksi terhadap Rusia, dia memperingatkan: "Politisi Barat harus memahami upaya mereka untuk mengisolasi negara kita sia-sia."

Dan dia kemudian menuduh negara-negara Barat mencuri aset negara lain dan kehilangan reputasi mereka sebagai mitra yang dapat diandalkan.

"Di masa depan, ekonomi dunia akan dide-Amerikanisasi," katanya dalam sebuah pidato pada hari ke-80 invasi Rusia ke Ukraina.

"Kami melakukan segalanya untuk menghindari bentrokan langsung - tetapi sekarang setelah tantangan telah dilemparkan, kami tentu saja menerimanya," lanjut Lavrov.

"Kami tidak asing dengan sanksi: mereka hampir selalu ada dalam satu bentuk atau lainnya."

Komentarnya muncul setelah pertemuan para menteri luar negeri G7 berlangsung sebelumnya pada hari Sabtu, yang melihat negara-negara menandatangani pernyataan yang mengatakan mereka akan terus memberikan tekanan ekonomi pada Rusia.

Kelompok itu, yang terdiri dari Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Jerman, Prancis dan Italia, juga mendukung pemberian lebih banyak bantuan dan senjata ke Ukraina dan mempercepat upayanya untuk "mengakhiri ketergantungan pada pasokan energi Rusia".

"Kami menegaskan kembali tekad kami untuk lebih meningkatkan tekanan ekonomi dan politik terhadap Rusia, terus bertindak dalam persatuan," bunyi pernyataan bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkembangan Lain Seputar Perang Ukraina

Presiden Zelenskyy mengatakan pembicaraan dengan Rusia untuk mengeluarkan pembela yang terluka dari pabrik Azovstal di Mariupol "sangat kompleks"

Jet tempur Rusia telah mengambil bagian dalam latihan Laut Baltik, Interfax melaporkan

Rusia mengatakan akan mengambil langkah-langkah pencegahan yang memadai jika NATO mengerahkan pasukan nuklir dan infrastruktur yang dekat dengan perbatasannya.

Ukraina menyimpan ratusan tentara Rusia yang tewas di kereta berpendingin untuk mengirim mereka kembali ke keluarga mereka.

Think tank Amerika yakin Rusia telah kalah dalam pertempuran untuk kota terbesar kedua di Ukraina.

 

3 dari 3 halaman

Putin Peringatkan Finlandia untuk Tidak Bergabung dengan NATO

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan pemimpin Finlandia bahwa meninggalkan netralitas akan menjadi "kesalahan" tetapi tidak ada ancaman keamanan terhadap ibukotanya, Helsinki.

Sebagai tanggapan, Sauli Niinisto mengatakan kepada Putin bahwa tuntutannya agar negara-negara menghindari bergabung dengan NATO, bersama dengan invasi Ukraina, telah mengubah lingkungan keamanan Finlandia.

Dalam pembacaan panggilan telepon antara kedua pemimpin, presiden Finlandia mengatakan: "Percakapan itu langsung dan lurus ke depan dan itu dilakukan tanpa kejengkelan. Menghindari ketegangan dianggap penting."

Kremlin Rusia menggambarkan seruan itu sebagai "pertukaran pandangan yang jujur" - biasanya eufemisme diplomatik untuk percakapan yang sulit.

Tawaran keanggotaan NATO Finlandia diperkirakan akan diikuti oleh langkah serupa dari Swedia.

Perluasan NATO akan menjadi pukulan bagi Putin, yang melakukan perang, apa yang dia katakan, upaya untuk menggagalkan kemajuan aliansi timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini