Sukses

Rusia - China di Pusaran Teori Senjata Biologis di Lab Ukraina, Disinformasi?

Perang di Ukraina dimanfaatkan Rusia dan China untuk menyebarkan berbagai teori bertendensi disinformasi, mulai dari asal-usul COVID-19 hingga senjata biologis.

Liputan6.com, Jakarta Rusia mengadakan pertemuan khusus Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat untuk membahas apa yang dikatakan Kremlin sebagai laboratorium penelitian "rahasia" yang diduga dimiliki AS di Ukraina untuk mengembangkan senjata biologis.

Tuduhan Rusia berakar pada teori konspirasi yang tidak mungkin yang telah dipromosikan oleh China dan gerakan konspirasi pro-Trump QAnon, sebut laporan media arus utama.

Ketika serangan Rusia terhadap Ukraina memasuki minggu ketiga, wakil duta besar Rusia untuk PBB, Dmitri Polianski, mengadakan Dewan Keamanan pada hari Jumat 11 Maret 2022 untuk mengangkat masalah "kegiatan biologis" militer AS di Ukraina.

Polianski menuduh Washington mengembangkan senjata biologis di laboratorium penelitian di seluruh negeri.

Awal pekan ini, kementerian pertahanan Rusia mengatakan ada jaringan biolaborator yang didanai AS di Ukraina yang bekerja untuk membangun mekanisme "untuk transmisi rahasia patogen mematikan" dan melakukan percobaan dengan sampel virus corona kelelawar.

Rusia mengklaim ini dilakukan di bawah naungan Departemen Pertahanan AS dan merupakan bagian dari program senjata biologis AS.

Pada platform media sosial yang tidak diatur - termasuk Telegram dan 8chan - teori konspirasi ini telah menjadi sangat populer, mengumpulkan ratusan ribu klik setiap hari, demikian seperti dikutip dari France24, Minggu (13/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rusia dan Disinformasi dalam Perang Ukraina

Ini bukan pertama kalinya sejak awal perang di Ukraina bahwa Moskow telah menempatkan teori yang dibuat-buat ini di atas meja. Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan pada awal Maret bahwa ia memiliki bukti bahwa "Pentagon telah mengembangkan patogen di dua laboratorium militer di Ukraina".

Perwakilan permanen Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya, menggambarkan dugaan plot senjata biologis secara rinci pada hari Jumat, memperingatkan bahwa kelelawar, burung dan bahkan serangga dapat segera menyebarkan "patogen berbahaya" di seluruh Eropa.

Washington, Kyiv dan PBB telah membantah keberadaan laboratorium senjata biologis di negara itu.

Duta Besar Inggris untuk PBB, Barbara Woodward, mengatakan Rusia telah menggunakan Dewan Keamanan untuk mengucapkan "serangkaian teori konspirasi liar, sama sekali tidak berdasar dan tidak bertanggung jawab".

Pada awal Januari, Departemen Pertahanan AS merasa perlu untuk memposting video di YouTube sebagai tanggapan atas banjir desas-desus tentang dugaan eksperimen militer AS di laboratorium "rahasia" di perbatasan antara Rusia dan Ukraina.

AS telah secara terbuka mengakui telah membantu mendirikan puluhan laboratorium penelitian di negara-negara bekas blok Soviet. Fasilitas, yang dimaksudkan untuk membantu menghancurkan sisa-sisa persenjataan nuklir dan kimia Uni Soviet, saat ini digunakan untuk memantau munculnya epidemi baru.

Tetapi tidak ada yang "rahasia" tentang fasilitas, yang muncul di daftar publik yang memberikan lokasi mereka. Mereka juga 100 persen dijalankan oleh pemerintah negara-negara di mana mereka berada. Amerika Serikat hanya membiayai sebagian peralatan.

Namun demikian, teori konspirasi terus mendapatkan daya tarik dan menemukan penganut baru di luar perbatasan Rusia.

3 dari 4 halaman

China Memanfaatkan Situasi?

China meminta AS bulan lalu untuk terbuka, transparan dan bertanggung jawab dalam melaporkan kegiatan biologis militernya di luar negeri.

Beijing juga menekankan pentingnya dapat mengunjungi dengan "transparansi lengkap" fasilitas ilmiah di Ukraina "di mana Amerika Serikat melakukan penelitiannya untuk tujuan militer".

Sejak itu, media besar China seperti Global Times tidak melewatkan kesempatan untuk menawarkan platform kepada pejabat Rusia yang mempromosikan teori konspirasi.

Yevgeniy Golovchenko, seorang spesialis dalam kampanye disinformasi Rusia di Universitas Kopenhagen, tidak terkejut dengan China yang mendorong desas-desus tentang biolab rahasia AS di Ukraina.

"Kita tidak boleh lupa bahwa sudah ada pertukaran panas antara Beijing dan Washington tentang laboratorium rahasia selama pandemi Covid-19," katanya kepada FRANCE 24, merujuk pada kontroversi seputar asal-usul virus Sars-Cov-2.

Sementara beberapa ahli teori konspirasi Barat percaya itu diproduksi di laboratorium di Wuhan, China menuduh tentara AS berada di balik kemunculannya.

Bagi Beijing, teori konspirasi baru ini telah tiba pada waktu yang tepat. Hal ini memungkinkan China untuk menunjukkan dukungan bagi sekutunya Vladimir Putin tanpa melakukan terlalu terbuka terhadap invasi Ukraina, jelas Golovchenko.

Pada saat yang sama, retorika Rusia sejalan dengan propaganda China tentang virus corona. Beijing berharap untuk menunjukkan bahwa jika Washington mampu mengembangkan senjata biologis secara diam-diam di bawah hidung Rusia, mengapa Amerika Serikat tidak mengembangkan virus berbahaya di salah satu "laboratorium rahasia" mereka?

Tetapi teori disinformasi Rusia juga telah menemukan pendukung di jantung Amerika Serikat.

Pengikut QAnon, sebuah teori konspirasi yang menuduh Trump menyelamatkan Amerika Serikat dari kelompok pedofil setan, termasuk yang pertama membenarkan invasi Ukraina sebagai upaya Rusia untuk menghancurkan laboratorium militer yang berbahaya.

Orang-orang yang dekat dengan Trump, seperti mantan ahli strategi Steve Bannon dan Senator Republik Marco Rubio, telah secara resmi meminta penjelasan Gedung Putih tentang aktivitas di laboratorium Ukraina ini.

4 dari 4 halaman

Propaganda Rusia untuk 'Menyudutkan' AS?

Teori konspirasi senjata biologis terbaru ini memungkinkan Moskow untuk mengkarakterisasi Amerika Serikat sebagai musuh nyata dalam perang. Bagi pemerintah Rusia, ini adalah cara untuk membenarkan invasi ke populasi domestik yang menganggap Ukraina ramah terhadap Rusia.

"Teori ini menyajikan Ukraina hanya sebagai wilayah di mana Rusia berjuang untuk mengakhiri kegiatan Amerika yang berbahaya," kata Golovchenko.

Pemerintahan Biden khawatir bahwa pengulangan klaim bioweapons yang sering mungkin merupakan indikasi bahwa Moskow berencana untuk menggunakan senjata semacam itu sendiri dan ingin memperkeruh perairan sebelumnya. Langkah selanjutnya adalah Moskow melakukan operasi "bendera palsu" di Ukraina.

Jen Psaki, sekretaris pers Gedung Putih, menyebut tuduhan Rusia "tidak masuk akal" dalam sebuah tweet Rabu lalu dan mengatakan Amerika Serikat "tidak mengembangkan atau memiliki senjata semacam itu di mana pun".

"Sekarang Rusia telah membuat klaim palsu ini, dan China tampaknya telah mendukung propaganda ini, kita semua harus mencari Rusia untuk mungkin menggunakan senjata kimia atau biologis di Ukraina, atau untuk membuat operasi bendera palsu menggunakan mereka," tulisnya di Twitter pada 9 Maret, menambahkan: "Ini adalah pola yang jelas."

Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui apa yang ada dalam pikiran Kremlin, langkah seperti itu akan masuk akal dari perspektif propaganda, kata Golovchenko.

"Untuk saat ini, pemerintah Rusia terus mengklaim bahwa ini hanya operasi militer terbatas di Ukraina dan dilarang untuk berbicara tentang 'perang' di Rusia. Tetapi semakin lama pertempuran berlangsung, semakin sulit bagi pihak berwenang untuk mempertahankan garis ini," kata Golovchenko.

"Mereka harus menemukan pembenaran untuk beralih ke perang skala penuh."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.