Sukses

Australia Deteksi Kematian Pertama Akibat Varian Omicron, Pemerintah Tetap Longgarkan Aturan

Pemerintah Australia tetap akan melonggarkan aturan pembatasan walaupun kematian pertama akibat Varian Omicron baru terdeteksi.

Liputan6.com, Melbourne - Australia pada Senin 27 Desember 2021 melaporkan kematian pertama yang dikonfirmasi dari varian baru Omicron. Ini terjadi di tengah lonjakan lain dalam infeksi harian kasus COVID-19, tetapi pihak berwenang Australia menahan diri untuk tidak memberlakukan pembatasan baru dengan mengatakan tingkat rawat inap tetap rendah.

Kematian seorang pria berusia 80-an dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya, menandai tonggak sejarah yang suram bagi negara yang harus menghentikan beberapa bagian dari pembukaan kembali bertahap setelah hampir dua tahun lockdown, karena wabah baru. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (27/12/2021). 

Pria itu termasuk di antara enam kematian akibat COVID-19 yang dilaporkan di Australia pada hari sebelumnya, semuanya di negara bagian terpadat di New South Wales dan Victoria, yang merupakan rumah bagi lebih dari setengah dari 25 juta penduduk negara itu.

Omicron, yang menurut para ahli kesehatan tampak lebih menular tetapi kurang ganas daripada jenis sebelumnya, mulai menyebar di negara itu tepat ketika negara itu mencabut pembatasan di sebagian besar perbatasan domestik dan memungkinkan warga Australia untuk kembali dari luar negeri tanpa karantina, mendorong jumlah kasus tertinggi selama pandemi Virus Corona COVID-19. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kematian Akibat Omicron

Pihak berwenang tidak memberikan rincian tambahan tentang kematian Omicron, kecuali untuk mengatakan bahwa pria itu tertular virus di fasilitas perawatan lanjut usia dan meninggal di rumah sakit Sydney.

"Ini adalah kematian pertama yang diketahui di (negara bagian) New South Wales terkait dengan varian Omicron yang menjadi perhatian," kata ahli epidemiologi Kesehatan New South Wales Christine Selvey dalam sebuah video yang dirilis oleh pemerintah.

3 dari 3 halaman

Infografis Antisipasi Pasca-Temuan Kasus Pertama Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.