Sukses

Pertemuan Perdana, PM Israel dan Putra Mahkota UEA Eratkan Hubungan Bilateral

Liputan6.com, Abu Dhabi - Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan menjamu Perdana Menteri Israel Naftali Bennett pada Senin (13/12) dalam pertemuan publik pertama antara penguasa de facto Uni Emirat Arab dan seorang pemimpin Israel.

Duta Besar Israel untuk Abu Dhabi, yang berbicara sebelum pertemuan itu, mengatakan masalah Iran "pasti akan muncul".

Dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa (14/12/2021), pertemuan tersebut mengikuti formalisasi hubungan Israel-UEA tahun lalu di bawah inisiatif regional yang dipimpin AS.

 

Sementara keprihatinan bersama tentang aktivitas Iran adalah salah satu alasan untuk langkah diplomatik, UEA juga telah berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan Teheran.

Merilis foto Bennett dan Sheikh Mohammed tersenyum dan berjabat tangan, kantor pemimpin Israel menggambarkan pertemuan itu sebagai "bersejarah".

Sebelum dia terbang pulang di kemudian hari, kantor Bennett mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Sheikh Mohammed telah menerima undangan untuk mengunjungi Israel. Tidak ada konfirmasi langsung dari pejabat UEA.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Harapkan Stabilitas di Timur Tengah

Sebuah pernyataan di kantor berita negara WAM mengatakan Sheikh Mohammed menyuarakan harapan untuk "stabilitas di Timur Tengah" dan bahwa kunjungan Bennett akan "memajukan hubungan kerja sama menuju langkah-langkah yang lebih positif demi kepentingan rakyat kedua negara dan kawasan". 

Palestina, yang diplomasinya dengan Israel terhenti sejak 2014, telah menyesalkan pemulihan hubungan Israel-Emirat.

Duta Besar Israel Amir Hayek menolak untuk menguraikan diskusi tentang Iran tetapi dia mengatakan kepada Radio Angkatan Darat Israel: "Perdana menteri tidak hanya datang ke sini semata-mata untuk mengatasi masalah Iran."

Dengan kekuatan dunia sekarang mencoba untuk memperbarui kesepakatan nuklir Iran, Abu Dhabi pekan lalu mengirim utusan ke Teheran. Delegasi AS akan berada di UEA minggu ini untuk memperingatkan bank-bank Emirat terhadap ketidakpatuhan terhadap sanksi terhadap Iran.

Iran adalah musuh bebuyutan Israel, tetapi belum disebutkan secara terbuka oleh Bennett sejak ia berangkat pada hari Minggu ke UEA dengan janji untuk mempromosikan perdagangan bilateral dan bentuk-bentuk kerja sama sipil lainnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Amankah Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun?

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS