Sukses

Kala Indonesia Promosi Kopi dan Cokelat Berkualitas Lewat Pameran di Arab Saudi

Aroma dan rasa khas kopi Indonesia bahkan telah merambah berbagai pasar internasional dalam beberapa dekade terakhir. Produk-produk cokelat pun kini demikian.

Liputan6.com, Riyadh - Reputasi kopi Indonesia di Arab Saudi, dari mulai Kopi Gayo, Toraja, Lampung, Kintamani, Ijen, Temanggung, Bajawa dan lain-lain sejatinya sudah begitu dikenal bagi pecinta kopi di negara tersebut.

Aroma dan rasa khas kopi Indonesia bahkan telah merambah berbagai pasar internasional dalam beberapa dekade terakhir. Hal yang sama berlaku pula untuk produk-produk cokelat dari Indonesia.

Untuk semakin memperkuat penetrasi pasar kopi dan cokelat di Arab Saudi, KBRI Riyadh bekerja sama dengan KJRI Jeddah dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah telah mengikuti "International Coffee & Chocolate Exhibition 2021" (Co & Cho 2021), sebuah ajang pameran kopi dan cokelat yang berlangsung di Riyadh Convention and Exhibition Center dari tanggal 8 – 12 Desember 2021.

Menurut informasi dari situs Kemlu.go.id, Jumat (10/12/2021), pameran Co & Cho 2021 berlangsung selama 5 hari. Ini merupakan pameran kopi dan cokelat terbesar di Timur Tengah diikuti oleh lebih dari 300 peserta baik lokal maupun internasional dari 40 negara.

Indonesia diwakili oleh beberapa produk yang telah memiliki pasar di Arab Saudi yaitu: Torabika Cappucino, Coffee Joy Biscuit, Good day Coffee, Kopi Kapal Api, Kapal Api Cappucino, Caffino, Tango Wafer Chocolate & Vanila, dan Deka wafer Roll.

Paviliun Indonesia juga menampilkan produk biji kopi Green Bean Arabica dan Robusta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan ke Depan

Dubes RI dalam kesempatan ini mengutarakan bahwa dirinya sangat percaya bahwa ke depan, produk kopi dan cokelat Indonesia akan semakin dikenal di Arab Saudi.

Sementara Bapak Wakil Kepala Perwakilan RI menyatakan bahwa KBRI Riyadh akan sangat senang jika ada pengusaha lokal Arab Saudi yang siap untuk menjadi importir andalan. KBRI akan membantu jika ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan baik dengan Pemerintah Daerah, pengusaha maupun petani di Indonesia.

Di lain pihak, Konjen RI Jeddah menyatakan, keikutsertaan Indonesia pada pameran ini membuktikan Indonesia sangat serius mendukung upaya pemasaran sekaligus terus memperkuat branding kopi dan cokelat Indonesia di dunia internasional, dalam hal ini khususnya di Arab Saudi.

Dubes RI bersama Wakeppri dan Konjen RI menyempatkan diri pula untuk berkeliling menemui dan berdialog beberapa importir ternama Arab Saudi yang juga mengimpor bijih kopi dari Indonesia serta membuka paviliunnya di pameran ini.

Selama hari pertama pameran berlangsung, paviliun Indonesia terus ramai dikunjungi pengunjung yang ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai apa dan bagaimana kopi dan cokelat Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.