Sukses

Top 3: Sejarah dan Kiprah Kelompok Militan Taliban di Afghanistan Jadi Sorotan

Berita terpopuler edisi Selasa (17/8/2021) meliputi sejarah Taliban hingga Donald Trump memastikan AS kalah oleh kelompok militan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Taliban telah menguasai kota Kabul dan Istana Kepresidenan sejak Minggu (15/8). Taliban merupakan kelompok militan yang sudah sejak lama berkedudukan di Afghanistan dan pada akhirnya dengan cepat menguasai ibu kota.

Sejarah dan kiprahnya di Afghanistan menjadi yang paling disorot di kanal Global Liputan6.com edisi Selasa (17/8/2021). 

Berita selanjutnya, Taliban juga telah sejak awal menindas kaum wanita dan anak perempuan. Berbagai haknya telah direnggut mulai dari hak untuk mengenyam pendidikan hingga bersosialisasi. 

Masih seputar Taliban, informasi menarik lainnya adalah Donald Trump yang meyakini bahwa AS akan kalah dari kelompok militan tersebut dan kemudian mendesak Joe Biden untuk mundur. 

Simak ketiga berita paling populer dalam Top 3 Global Liputan6.com edisi Selasa (17/8/2021):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Taliban Adalah Kelompok Militan, Ini Sejarah dan Kiprahnya di Afghanistan

Taliban adalah kelompok militan yang pernah berkuasa di Afghanistan dan digulingkan pasukan pimpinan AS pada 2001. Tetapi kelompok itu telah melakukan serangan dalam beberapa bulan terakhir dan sekarang di ambang perebutan kekuasaan lagi.

Saat AS bersiap untuk menyelesaikan penarikannya pada 11 September, setelah dua dekade perang, para milisi Taliban merebut kota-kota besar dan kini telah mencapai Ibu Kota Kabul.

Baca selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

2. Sejarah Taliban Tindas Wanita, Dilarang Bekerja dan Sekolah hingga Harus Tutup Aurat

Sebelum munculnya Taliban, perempuan di Afghanistan dilindungi di bawah hukum dan semakin diberikan hak-hak dalam masyarakat Afghanistan. Perempuan menerima hak untuk memilih pada tahun 1920-an; dan pada awal tahun 1960-an, konstitusi Afghanistan mengatur kesetaraan bagi perempuan.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

3. Donald Trump Pastikan AS Dikalahkan Taliban di Afghanistan, Desak Joe Biden Mundur

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan Amerika Serikat kalah di Afghanistan setelah Taliban menguasai Kabul. Kekalahan ini disebut salah satu yang terburuk dalam sejarah bangsanya.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.