Sukses

Taliban Adalah Kelompok Militan, Ini Sejarah dan Kiprahnya di Afghanistan

Taliban adalah kelompok militan yang pernah berkuasa di Afghanistan dan digulingkan pasukan pimpinan AS pada 2001.

Liputan6.com, Jakarta - Taliban adalah kelompok militan yang pernah berkuasa di Afghanistan dan digulingkan pasukan pimpinan AS pada 2001. Tetapi kelompok itu telah melakukan serangan dalam beberapa bulan terakhir dan sekarang di ambang perebutan kekuasaan lagi.

Saat AS bersiap untuk menyelesaikan penarikannya pada 11 September, setelah dua dekade perang, para milisi Taliban merebut kota-kota besar dan kini telah mencapai Ibu Kota Kabul.

Seperti dilansir BBC, Senin (16/8/2021), Taliban memasuki pembicaraan langsung dengan AS pada 2018, dan pada Februari 2020 kedua belah pihak mencapai kesepakatan damai di Doha yang mengikat AS untuk mundur dan Taliban untuk mencegah serangan terhadap pasukan AS. 

Janji-janji lainnya termasuk tidak mengizinkan al-Qaeda atau gerilyawan lain beroperasi di daerah-daerah yang dikuasainya dan melanjutkan pembicaraan damai nasional. Tetapi pada tahun berikutnya, Taliban terus menargetkan pasukan keamanan dan warga sipil Afghanistan, dan maju pesat di seluruh negeri.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Muncul Sejak 1990-an

Taliban, atau "mahasiswa" dalam bahasa Pashto, muncul pada awal 1990-an di Pakistan utara setelah penarikan pasukan Soviet dari Afghanistan. Diyakini gerakan yang didominasi Pashtun pertama kali muncul di seminari-seminari keagamaan - sebagian besar dibayar dengan uang dari Arab Saudi - yang mengajarkan bentuk garis keras Islam Sunni.

Janji yang dibuat Taliban - di daerah Pashtun yang meliputi Pakistan dan Afghanistan - adalah untuk memulihkan perdamaian dan keamanan dan menegakkan versi mereka sendiri dari Syariah, atau hukum Islam, setelah berkuasa.  

Dari Afghanistan barat daya, Taliban dengan cepat memperluas pengaruh mereka. 

Pada September 1995 mereka merebut provinsi Herat, berbatasan dengan Iran, dan tepat satu tahun kemudian mereka merebut Ibu Kota Afghanistan, Kabul, menggulingkan rezim Presiden Burhanuddin Rabbani - salah satu bapak pendiri mujahidin Afghanistan yang menentang pendudukan Soviet. 

Pada  1998, Taliban menguasai hampir 90% wilayah Afghanistan. Orang-orang Afghanistan, yang lelah dengan ekses mujahidin dan pertikaian setelah Soviet diusir, umumnya menyambut Taliban ketika mereka pertama kali muncul. 

Popularitas awal mereka sebagian besar disebabkan keberhasilan mereka dalam memberantas korupsi, membatasi pelanggaran hukum dan membuat jalan-jalan dan daerah-daerah di bawah kendali mereka aman untuk perdagangan berkembang.

 
3 dari 5 halaman

Aturan Hukum Taliban

Tetapi Taliban juga memperkenalkan atau mendukung hukuman sesuai dengan interpretasi ketat mereka terhadap hukum Syariah - seperti eksekusi publik terhadap pembunuh dan pezina yang dihukum, dan amputasi bagi mereka yang terbukti bersalah melakukan pencurian. 

Laki-laki diharuskan menumbuhkan janggut dan perempuan harus mengenakan burka yang menutupi seluruh tubuh. Taliban juga melarang penggunaan televisi, musik dan bioskop, dan tidak menyetujui anak perempuan berusia 10 tahun ke atas pergi ke sekolah. 

Mereka dituduh melakukan berbagai pelanggaran hak asasi manusia dan budaya. Salah satu contoh terkenal adalah pada tahun 2001, ketika Taliban melanjutkan penghancuran patung Buddha Bamiyan yang terkenal di Afghanistan tengah, meskipun ada kemarahan internasional.

Pakistan telah berulang kali menyangkal bahwa itu adalah arsitek dari perusahaan Taliban, tetapi ada sedikit keraguan bahwa banyak orang Afghanistan yang awalnya bergabung dengan gerakan itu dididik di madrasah (sekolah agama) di Pakistan.

Pakistan juga salah satu dari hanya tiga negara, bersama dengan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA), yang mengakui Taliban ketika mereka berkuasa di Afghanistan. Itu juga negara terakhir yang memutuskan hubungan diplomatik dengan kelompok itu. 

Pada satu titik, Taliban mengancam akan mengacaukan Pakistan dari daerah-daerah yang mereka kuasai di barat laut. Salah satu yang paling terkenal dan dikutuk secara internasional dari semua serangan Taliban Pakistan terjadi pada Oktober 2012, ketika siswi Malala Yousafzai ditembak dalam perjalanan pulang di kota Mingora. 

Serangan militer besar-besaran dua tahun kemudian setelah pembantaian sekolah Peshawar sangat mengurangi pengaruh kelompok itu di Pakistan. Setidaknya tiga tokoh kunci Taliban Pakistan telah tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pada 2013, termasuk pemimpin kelompok itu, Hakimullah Mehsud.

4 dari 5 halaman

Setelah 9/11

Perhatian dunia tertuju pada Taliban di Afghanistan setelah serangan World Trade Center 11 September 2001 di New York. Taliban dituduh menyediakan perlindungan bagi tersangka utama - Osama Bin Laden dan gerakan al-Qaeda-nya.

Pada 7 Oktober 2001, koalisi militer pimpinan AS melancarkan serangan di Afghanistan, dan pada minggu pertama bulan Desember rezim Taliban telah runtuh. 

Pemimpin kelompok itu, Mullah Mohammad Omar, dan tokoh senior lainnya, termasuk Bin Laden, menghindari penangkapan meskipun salah satu perburuan terbesar di dunia.

Banyak pemimpin senior Taliban dilaporkan berlindung di kota Quetta, Pakistan, dari mana mereka membimbing Taliban. Namun keberadaan apa yang dijuluki "Quetta Syura" dibantah oleh Islamabad.

Terlepas dari jumlah pasukan asing yang semakin tinggi, Taliban secara bertahap mendapatkan kembali dan kemudian memperluas pengaruh mereka di Afghanistan, membuat wilayah yang luas di negara itu tidak aman, dan kekerasan di negara itu kembali ke tingkat yang tidak terlihat sejak 2001. 

Ada banyak serangan Taliban di Kabul dan, pada September 2012, kelompok itu melakukan serangan tingkat tinggi di markas Bastion Camp NATO.

Harapan perdamaian yang dinegosiasikan muncul pada tahun 2013, ketika Taliban mengumumkan rencana untuk membuka kantor di Qatar. Namun ketidakpercayaan di semua pihak tetap tinggi dan kekerasan terus berlanjut.

Pada Agustus 2015, Taliban mengakui bahwa mereka telah menutupi kematian Mullah Omar - yang dilaporkan karena masalah kesehatan di sebuah rumah sakit di Pakistan - selama lebih dari dua tahun. 

Bulan berikutnya, kelompok itu mengatakan telah mengesampingkan pertikaian selama berminggu-minggu dan berkumpul di sekitar pemimpin baru dalam bentuk Mullah Mansour, yang pernah menjadi wakil Mullah Omar.

Pada waktu yang hampir bersamaan, Taliban menguasai ibu kota provinsi untuk pertama kalinya sejak kekalahan mereka pada tahun 2001, mengambil alih kota Kunduz yang strategis dan penting.

Mullah Mansour tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pada Mei 2016 dan digantikan oleh wakilnya Mawlawi Hibatullah Akhundzada, yang tetap mengendalikan kelompok tersebut. 

5 dari 5 halaman

Penarikan Pasukan AS

Pada tahun setelah kesepakatan damai AS-Taliban pada Februari 2020 - yang merupakan puncak dari pembicaraan langsung yang panjang - Taliban tampaknya mengubah taktiknya dari serangan kompleks di kota-kota dan pos-pos militer ke gelombang pembunuhan yang ditargetkan yang meneror. warga sipil Afghanistan.

Target - jurnalis, hakim, aktivis perdamaian, perempuan dalam posisi kekuasaan - tampaknya menunjukkan bahwa Taliban tidak mengubah ideologi ekstremis mereka, hanya strategi mereka.

Meskipun ada kekhawatiran serius dari para pejabat Afghanistan atas kerentanan pemerintah terhadap Taliban tanpa dukungan internasional, presiden AS yang baru, Joe Biden, mengumumkan pada April 2021 bahwa semua pasukan Amerika akan meninggalkan negara itu pada 11 September - dua dekade sejak jatuhnya Pusat Perdagangan Dunia.

Setelah mengalahkan negara adidaya melalui perang selama dua dekade, Taliban mulai merebut sebagian besar wilayah, mengancam untuk sekali lagi menggulingkan pemerintah di Kabul setelah penarikan kekuatan asing.

Kelompok itu sekarang dianggap lebih kuat dalam jumlah daripada kapan pun sejak mereka digulingkan pada tahun 2001 - dengan hingga 85.000 pejuang penuh waktu, menurut perkiraan NATO baru-baru ini.

Kemajuannya lebih cepat daripada yang dikhawatirkan banyak orang. Jenderal Austin Miller, komandan misi pimpinan AS di Afghanistan, memperingatkan pada Juni bahwa negara itu bisa berada di jalur menuju perang saudara yang kacau, yang ia sebut sebagai "keprihatinan bagi dunia".

Namun, dalam banyak kasus Taliban mampu mengambil alih kota-kota besar tanpa perlawanan, karena pasukan pemerintah menyerah untuk menghindari korban sipil.

Sebuah penilaian intelijen AS pada bulan yang sama dilaporkan menyimpulkan bahwa pemerintah Afghanistan bisa jatuh dalam waktu enam bulan setelah keberangkatan militer Amerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.