Sukses

Dirjen WHO Sebut Risiko COVID-19 Tak Bisa Dihindari di Olimpiade Tokyo

Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pidatonya di pertemuan Komite Olimpiade Internasional menekankan bagaimana kasus-kasus infeksi ditangani sebagai hal yang paling penting.

Liputan6.com, New York - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut Olimpiade Tokyo tidak boleh dinilai berdasarkan jumlah kasus COVID-19 yang muncul karena menghilangkan risiko adanya virus itu tidak mungkin.

Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pidatonya di pertemuan Komite Olimpiade Internasional menekankan bagaimana kasus-kasus infeksi ditangani sebagai hal yang paling penting, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (22/7/2021).

"Tanda keberhasilannya adalah memastikan bahwa setiap kasus diidentifikasi, diisolasi, dilacak, dan dirawat secepat mungkin dan penularan selanjutnya terputus," katanya, seperti dikutip oleh Associated Press, Rabu (21/7).

Jumlah kasus COVID-19 terkait Olimpiade di Jepang bulan ini mencapai 79 pada Rabu (21/7). Lebih banyak jumlah atlet internasional yang dinyatakan positif di negara masing-masing dan tidak dapat bepergian.

"Tanda keberhasilan dalam dua minggu mendatang bukanlah nol kasus," kata Tedros.

Dia mencatat sejumlah atlet yang dinyatakan positif di Jepang, termasuk di perkampungan atlet di Teluk Tokyo, di mana sebagian besar dari 11.000 orang akan tinggal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Mengerikan dari Ahli

Pakar kesehatan di Jepang telah memperingatkan Olimpiade menjadi acara "penyebar super" karena mengumpulkan puluhan ribu atlet, ofisial, dan pekerja selama penerapan status darurat setempat.

"Tidak ada nol risiko dalam hidup," kata Tedros, yang memulai pidato utamanya beberapa menit setelah pertandingan softball pertama dimulai di Fukushima. Ia menambahkan Jepang "memberikan keberanian kepada seluruh dunia."

Pemimpin WHO juga memiliki pesan yang lebih kritis dan tantangan bagi para pemimpin negara-negara kaya tentang berbagi vaksin secara lebih adil di dunia.

"Pandemi adalah ujian dan dunia gagal," kata Tedros, memprediksi akan ada lebih dari 100 ribu orang meninggal akibat COVID-19 di seluruh dunia sebelum api obor Olimpiade padam di Tokyo pada 8 Agustus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.