Sukses

Rumah Makan Masakan Indonesia 'Rasa Kita' Dibuka di Istanbul Turki

Liputan6.com, Istanbul - Konsul Jenderal RI Imam As’ari secara resmi membuka rumah makan Indonesia "Rasa Kita" di Istanbul, Turki, pada Sabtu (10/7).

Pembukaan rumah makan di kawasan Kaghitane itu menjadi terobosan bisnis setelah Turki membuka kembali aktivitas sosial di masa pandemi.

"Berada di lokasi strategis di wilayah Istanbul, rumah makan 'Rasa Kita' tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyedia kuliner, tetapi juga ikut andil dalam menggerakkan diplomasi kuliner Indonesia di mancanegara,” kata Konjen Imam dalam keterangan tertulis KJRI Istanbul, dikutip dari Antara, Senin (12/7/2021).

Kuliner khas Indonesia yang disajikan rumah makan "Rasa Kita" bervariasi, dan memiliki keunikan rasa yang tidak hanya dapat dinikmati masyarakat Indonesia di Turki tapi juga warga negara lainnya.

Kehadiran rumah makan tersebut juga diharapkan dapat membantu penyerapan tenaga kerja di masa pandemi.

 

2 dari 2 halaman

Membuka Kesempatan Kerja

Konjen RI mengatakan upaya Ibu Jenny, pemilik rumah makan tersebut, dapat diteladani oleh diaspora Indonesia lainnya, khususnya yang telah menjadi residen di Istanbul, untuk memulai usaha mandiri dan membuka kesempatan kerja.

Restoran "Rasa Kita" diharapkan dapat memberi kemudahan bagi wisatawan atau warga negara Indonesia untuk menemukan kuliner khas Indonesia selama berada di Istanbul.

Acara peresmian rumah makan itu juga dihadiri oleh Friends of Indonesia dan pelajar Indonesia.

Diplomasi lewat kuliner tidak hanya menggambarkan persahabatan erat Indonesia dan Turki, tapi juga mampu memberikan manfaat bagi perekonomian sebuah negara dan menciptakan asosiasi positif antara masakan yang disajikan dan budaya yang diwakilinya.