Sukses

235 WNI di Taiwan Positif COVID-19, Kasus Aktif Berjumlah 91 Orang

Liputan6.com, Taipei - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mencatat tambahan WNI yang terinfeksi kasus COVID-19 di luar negeri. Pada Senin (5/7/2021), ada kasus baru bagi WNI di Inggris dan Taiwan.

"Tambahan WNI terkonfirmasi COVID19 di Inggris dan Taiwan, sembuh di Inggris. Total WNI terkonfirmasi di luar negeri adalah 5193: 4.317 sembuh, 213 meninggal dan 663 dalam perawatan," tulis akun @Kemlu_RI di Twitter.

Total pasien di Taiwan mencapai 235 kasus. Ada 91 orang WNI yang termasuk kasus aktif. Angka itu naik dua pasien dari sehari sebelumnya. 

Taiwan saat ini sedang menyetok vaksin COVID-19 karena ada lonjakan kasus. Amerika Serikat telah memberikan 2,5 juta vaksin Moderna pada akhir Juni 2021.

Sementara itu, total kasus WNI di Inggris mencapai 145. Jumlah itu naik lima kasus dari kemarin. Berikut petanya dari Kemlu: 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Belanda Akan Kirim 3 Juta Dosis Vaksin COVID-19 ke RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan bahwa pemerintah Belanda akan memberikan bantuan vaksin COVID-19 ke Indonesia sebesar 3 juta dosis -- namun tak disebutkan vaksin produksi perusahaan apa.

"Di dalam pembicaraan saya dengan Menlu Belanda, salah satu hasil yang konkret adalah keputusan Pemerintah Belanda untuk memberikan bantuan vaksin ke Indonesia sebesar 3 juta vaksin jadi," kata Menlu Retno Marsudi, dalam press briefing virtual pada Kamis (1/7). 

"Pengirimannya akan dilakukan secepatnya," ungkap Menlu Retno.

Selain bertemu Menlu Sigrid Kaag, Menlu Retno juga berkesempatan bertemu dengan dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

"Dalam pertemuan bilateral tersebut, baik dengan Menlu Belanda maupun PM Belanda, kita juga menjajaki kemungkinan kerja sama yang serupa, tetapi untuk obat-obatan terapeutik," terang Menlu Retno.

"Tentunya pembicaraan terkait dengan kerja sama kesehatan saya lakukan dengan terus berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Indonesia," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19: