Sukses

Rusia Peringati 60 Tahun Penerbangan Kosmonaut Yuri Gagarin ke Ruang Angkasa

Rusia memperingati 60 tahun penerbangan berawak pertama ke ruang angkasa, yang dilakukan oleh kosmonaut Yuri Gagarin.

Liputan6.com, Moskow- Rusia pada Senin (12/4) merayakan peringatan ke-60 tahun penerbangan berawak pertama ke ruang angkasa yang dilakukan kosmonaut Yuri Gagarin.

Gagarin pun masih menjadi salah satu tokoh paling dikagumi di Rusia.

Presiden Vladimir Putin akan melakukan perjalanan ke Engels, sebuah kota di selatan Rusia di tepi sungai Volga, ke lokasi pendaratan Gagarin,  di mana sebuah tugu peringatan berdiri untuk menghormati penerbangan bersejarah tersebut.

Dilansir AFP, Senin (12/4/2021) juru bicara Putin, Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa peringatan penerbangan ruang angkasa itu adalah "hari kebanggaan nasional" bagi Rusia.

Diketahui bahwa pada 12 April 1961, pesawat  antariksa Vostok yang ditumpangin Gagarin lepas landas dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, yang saat itu merupakan bagian dari Uni Soviet. 

Pada saat itu, kosmonaut berusia 27 tahun tersebut meneriakkan slogannya yang ikonik, "Ayo pergi!".

Penerbangannya hanya berlangsung 108 menit - waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi Bumi, sebelum akhirnya kembali.

Cerita perjalanannya dari awal yang sederhana menjadi pahlawan Soviet hidup hingga hari ini, dan hari penerbangan Gagarin dirayakan setiap tahun di Rusia sebagai Hari Kosmonautika.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapsul Vostok di Museum Kosmonautika Rusia

Kapsul Vostok sekarang dipajang di Museum Kosmonautika di Moskow, di mana pameran yang didedikasikan untuk Gagarin akan dibuka pada Selasa (12/4).

Pengunjung museum pun dapat melihat dokumen, foto, dan barang-barang pribadi Gagarin, beberapa berasal dari masa kecil dan sekolahnya.

"Ini mungkin satu-satunya nama keluarga yang diketahui semua orang, dari anak-anak berusia empat tahun hingga orang-orang di atas 80 tahun," kata Vyacheslav Klimentov, sejarawan dan wakil direktur penelitian museum di Rusia, kepada AFP.

"Saya akan mengatakan bahwa prestasi Gagarin, yaitu melihat seorang pria pergi ke ruang angkasa untuk pertama kalinya, mengikat semua orang Rusia bersama," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.