Sukses

Ditegur Petugas Tak Pakai Masker COVID-19, Wanita Ini Pakai Celana Dalam Sendiri

Setelah satu tahun wabah menyerang, memakai masker saat keluar rumah telah menjadi sebuah kebiasaan bak mengenakan pakaian Anda sehari-hari.

Liputan6.com, Johannesburg - Pandemi COVID-19 mengubah sejumlah gaya hidup manusia.

Setelah satu tahun wabah menyerang, memakai masker saat keluar rumah telah menjadi sebuah kebiasaan bak mengenakan pakaian Anda sehari-hari.

Namun, adakalanya kita lupa mengenakan masker, seperti saat kita sedang terburu-buru, atau pada masa awal pandemi COVID-19 --di mana penggunaan masker masih belum menjadi sebuah kebiasaan.

Pastilah ada saat-saat ketika Anda berjalan keluar dari rumah Anda untuk dengan cepat panik kembali ketika Anda lupa masker wajah Anda. Atau ketika Anda sudah terlanjur jauh dari rumah, dengan cepat Anda mencari masker pengganti.

Dan, wanita Afrika Selatan ini --kurang lebih-- adalah salah satu contoh.

Dalam video berdurasi satu setengah menit yang beredar di situs berbagi video populer, perempuan itu dapat terlihat dengan santai berjalan-jalan dengan kereta belanjanya di supermarket yang tidak dikenal.

Namun, beberapa saat kemudian dia dihentikan oleh personel toko.

Perdebatan antara keduanya terjadi, mengindikasikan bahwa personel bertanya kepada wanita di mana masker wajahnya.

Yang kemudian terjadi adalah mengejutkan. Karena beberapa saat kemudian, wanita yang jelas frustrasi dengan perdebatan itu melepas celana dalamnya dan meletakkannya di wajahnya.

Hidungnya menyentuh area celana dalam itu di mana, hampir beberapa detik yang lalu, menutup area kemaluannya.

Personel supermarket, yang jelas-jelas terkejut (dan agaknya sedikit trauma melihat kejadian itu), memanggil bantuan dari petugas lain.

Untungnya, perdebatan lebih lanjut tidak terjadi, setelah seorang wanita lain mengatakan bahwa celana dalam --secara teknis dan jika digunakan dengan tepat(?)-- dapat dianggap sebagai masker wajah.

Well, setidaknya masalah itu selesai.

Insiden ini menjadi pelajaran bahwa pada masa pandemi COVID-19 yang jelas-jelas belum berakhir, adalah penting untuk mengenakan masker ketika bepergian --sepenting Anda mengenakan celana dalam saat keluar rumah.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masker Ganda, Kiat Maksimal Cegah COVID-19 dan Virus Corona Mutasi Baru?

Cara yang dapat dicapai untuk memaksimalkan perlindungan bagi diri sendiri dan orang lain adalah dengan mengenakan masker ganda. Tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hal mengenakan masker secara dobel.

Seperti dikutip dari Mashable Asia (6/2/2021), jika Anda akan berada di dalam ruangan di sekitar orang lain (dari luar rumah Anda), ada baiknya Anda memaksimalkan kualitas masker yang anda pakai, jelas Dr. Monica Gandhi, seorang kepala divisi asosiasi divisi HIV, Penyakit Menular, dan Kedokteran Global di Rumah Sakit Umum UCSF San Francisco.

Ketika di luar ruangan, menggunakan satu masker berkualitas, seperti masker kain yang ditenun dengan baik, seringkali cukup (tetapi pilihan masking, dan persepsi risiko di setiap lingkungan yang unik, terserah Anda.)

Tetapi ketika di dalam ruangan, Anda biasanya mengorbankan intervensi kesehatan masyarakat utama untuk menghindari terinfeksi COVID-19: ventilasi. Di dalam ruangan, partikel orang bernapas keluar dapat berlama-lama di udara selama berjam-jam. Selain itu, tempat-tempat dalam ruangan ramai membatasi kemampuan Anda untuk menjauhkan diri dari orang yang berpotensi terinfeksi.

Dengan virus licik ini, kemungkinan kita kadang-kadang mendekati orang yang terinfeksi, karena banyak orang tidak menyadari mereka terinfeksi: Sekitar 40 hingga 45 persen orang yang terinfeksi tidak pernah mengalami gejala, menurut CDC. Selain itu, lebih dari setengah infeksi COVID-19 disebarkan oleh orang-orang yang tidak memiliki gejala atau belum memilikinya (presimptomatik). Anda mungkin tanpa disadari terinfeksi juga.

"Itu sebabnya semua orang perlu mengenakan masker," kata David Leighton, seorang profesor di Departemen Teknik Kimia dan Biomolekuler di University of Notre Dame yang telah meneliti efektivitas masker.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.