Sukses

Raja Salman dari Arab Saudi Desak Dunia Bersikap Tegas ke Iran Soal Rudal Nuklir

Raja Arab Saudi Salman meminta negara-negara di dunia untuk segera mengambil sikap tegas kepada Iran agar negara tersebut tidak menembangkan program nuklir balistiknya.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mendesak dunia untuk mengambil "sikap tegas", guna mengatasi upaya Iran untuk mengembangkan program rudal nuklir dan balistik, dalam pidato tahunannya kepada badan penasihat pemerintah tertinggi.

"Kerajaan itu menekankan bahaya proyek regional Iran, campur tangannya di negara lain, pengembangan terorisme, mengipasi api sektarianisme dan seruan untuk sikap tegas dari komunitas internasional terhadap Iran yang menjamin penanganan drastis dari upayanya untuk memperoleh senjata pemusnah massal dan mengembangkan program rudal balistiknya," kata Raja Salman, seperti melansir laman Al Jazeera, Kamis (12/11/2020). 

Hal itu disampaikan dalam pidato publik pertama pemimpin berusia 84 tahun itu sejak dia berpidato di depan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan September melalui tautan video, di mana dia juga membidik Iran dengan mengutuk "ekspansionisme"-nya. 

Arab Saudi yang merupakan mayoritas Muslim Sunni dan Iran yang didominasi Syiah terkunci dalam beberapa perang proksi di wilayah tersebut, termasuk di Yaman di mana koalisi yang dipimpin Saudi telah memerangi gerakan Houthi yang berpihak pada Teheran selama lebih dari lima tahun.

Sejauh ini belum ada reaksi langsung dari Iran atas pernyataan raja tersebut. 

Sementara itu, pihak Teheran menggambarkan pernyataan Raja Salman di PBB sebagai "tuduhan tak berdasar" dan membantah mempersenjatai kelompok di Timur Tengah.

Kantor berita negara SPA menerbitkan transkrip lengkap pidato raja setelah tengah malam, dan televisi pemerintah menyiarkan foto-foto yang menunjukkan bahwa raja sedang berbicara kepada anggota dewan melalui tautan video dari istananya di Neom.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketegangan Arab Saudi dan Iran

Ketegangan meningkat di kawasan itu sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump menarik AS keluar dari kesepakatan nuklir penting dengan kekuatan dunia pada 2018 dan memberlakukan kembali sanksi ekonomi yang ketat terhadap Republik Islam tersebut. 

Hubungan yang dimiliki Trump dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) telah memberikan penyangga terhadap kritik internasional atas catatan hak asasi Riyadh yang dipicu oleh pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, peran Riyadh dalam perang Yaman dan penahanan aktivis perempuan.

Namun, presiden terpilih AS Joe Biden berjanji dalam kampanyenya untuk menilai kembali hubungan dengan kerajaan, eksportir minyak utama dan pembeli senjata dan peralatan militer AS.

Arab Saudi adalah pendukung antusias dari kampanye "tekanan maksimum" Trump terhadap Iran. Tapi Biden mengatakan dia akan kembali ke pakta nuklir 2015 antara kekuatan dunia dan Teheran, kesepakatan yang dinegosiasikan ketika Biden menjadi wakil presiden dalam pemerintahan Barack Obama.

Di Yaman, di mana perang telah menewaskan puluhan ribu orang dan memicu krisis kemanusiaan, Raja Salman mengatakan kerajaan terus mendukung upaya yang dipimpin PBB untuk mencapai penyelesaian politik.

Dia juga mengutuk apa yang dia duga sebagai target "sengaja dan metodologis" gerakan Houthi terhadap warga sipil di Arab Saudi melalui drone dan rudal balistik.

Riyadh bekerja untuk menjamin stabilitas pasokan minyak global untuk melayani produsen dan konsumen, meskipun COVID-19 berdampak pada pasar minyak, kata raja.

Dia mengulangi dukungannya yang sudah lama untuk solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina, tetapi tidak mengacu pada perjanjian yang ditengahi AS yang ditandatangani antara Uni Emirat Arab, Bahrain dan Sudan untuk menormalkan hubungan dengan Israel.

Sementara itu, Riyadh diam-diam telah menyetujui kesepakatan UEA dan Bahrain, meskipun telah berhenti mendukungnya, dan telah mengisyaratkan bahwa pihaknya tidak siap untuk mengambil tindakan sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.