Sukses

Kedutaan Asing Kecam Ledakan di Pemakaman Non-Muslim Jeddah Arab Saudi

Saat terjadi ledakan bom, beberapa perwakilan diplomatik negara asing dilaporkan menghadiri acara yang diadakan di pemakaman non-Muslim di Jeddah, Arab Saudi.

Liputan6.com, Jeddah - Sebuah ledakan dilaporkan terjadi di pemakaman di kota Jeddah, Arab Saudi pada Rabu (11/11/2020). Pihak berwenang mengatakan setidaknya tiga orang terluka, ketika alat peledak menghantam upacara internasional untuk memperingati akhir Perang Dunia I.

Beberapa perwakilan diplomatik negara asing dilaporkan menghadiri acara yang diadakan di pemakaman non-Muslim itu.

Dalam pernyataan bersama dari kedutaan besar Prancis, Yunani, Italia, Inggris dan Amerika Serikat - yang semuanya terkait dengan upacara peringatan - mengutuk serangan itu, menyebut pelakunya "pengecut".

"Serangan terhadap orang tak bersalah seperti itu memalukan dan sepenuhnya tanpa keadilan," kata pernyataan itu, menambahkan bahwa mereka berjanji mendukung pemerintah Saudi saat mereka menyelidiki insiden tersebut, seperti dikutip dari Al Jazeera. 

“Upacara tahunan untuk memperingati berakhirnya Perang Dunia I di pemakaman non-Muslim di Jeddah, dihadiri oleh beberapa konsulat, termasuk dari Prancis, menjadi sasaran serangan IED [alat peledak improvisasi] pagi ini, yang melukai beberapa orang," kata kementerian luar negeri Prancis.

Prancis telah mendesak warganya di Arab Saudi untuk "waspada maksimum" di tengah ketegangan yang meningkat setelah tragedi pemenggalan kepala seorang guru sekolah menengah Prancis yang menunjukkan karikatur Nabi Muhammad di kelas.

"Berhati-hatilah dan jauhi semua pertemuan dan waspada saat berkegiatan," demikian bunyi pernyataan kementerian luar negeri Prancis yang diedarkan kepada warganya di Jeddah.

Kedutaan Besar Prancis di UEA juga mengimbau warga Prancis untuk tetap waspada mengikuti terhadap serangan serupa.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyelidikan Tengah Dilakukan, Situasi Stabil

Beberapa jam setelah insiden itu, otoritas setempat mengatakan seorang warga negara Yunani dan seorang petugas keamanan Saudi terluka dalam apa yang mereka gambarkan sebagai serangan "pengecut". Pemerintah Inggris mengatakan seorang warganya juga menderita luka ringan.

Pernyataan Saudi yang disiarkan oleh kantor berita negara kerajaan itu, SPA mengatakan penyelidikan sedang dilakukan dan mengkonfirmasi bahwa beberapa konsul hadir.

Seorang pejabat dari Yunani, yang menolak disebutkan namanya, sebelumnya mengatakan ada "empat orang luka ringan, di antaranya satu orang Yunani", tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Televisi pemerintah Saudi, sementara itu, menyiarkan dari luar pemakaman dan mengakui bahwa telah terjadi serangan yang melibatkan alat peledak, tetapi menekankan bahwa situasi keamanan sekarang "stabil".

Sejauh ini belum ada klaim siapa dalang serangan tersebut, pun demikian dengan motifnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.