Sukses

14-9-1982: Kritis Usai Mobil Jatuh ke Jurang, Putri Monako Grace Kelly Berpulang

Liputan6.com, Monte Carlo - Pada tanggal 14 September 1982, Putri Grace Kelly dari Monako—mantan bintang film kelahiran Amerika Grace Kelly, yang filmnya berjudul The Country Girl dan Rear Window—meninggal pada usia 52 tahun akibat cedera yang dideritanya setelah mobilnya jatuh dari jalan pegunungan dekat Monte Carlo. Selama puncak karier Hollywood-nya pada 1950-an, Kelly menjadi ikon kecantikan dan glamour internasional.

Kelly, putri mantan model dan industrialis kaya, lahir pada 12 November 1929, di Philadelphia. Setelah sekolah menengah, dia menghadiri American Academy for Dramatic Arts di New York. Saat dia mengikuti audisi untuk drama Broadway, kecantikan pirang klasik mendukung dirinya sendiri dengan menjadi model dan tampil di iklan TV.

Pada tahun 1949, Grace Kelly memulai debutnya di Broadway dalam The Father oleh August Strindberg. Dua tahun kemudian, dia mendapatkan peran kecil Hollywood pertamanya, di Fourteen Hours.

Terobosan besarnya datang pada tahun 1952, ketika ia membintangi sebagai istri Gary Cooper di High Noon. Penampilannya di The Country Girl tahun 1954 , sebagai istri dari aktor dan penyanyi alkoholik yang diperankan oleh Bing Crosby, membuatnya menang Aktris Terbaik Oscar (Kelly mengalahkan Judy Garland dalam A Star is Born).

Di antara kredit akting Grace Kelly lainnya adalah tiga thriller Alfred Hitchcock: Dial M for Murder (1954) dengan Ray Milland dan Robert Cummings, Rear Window (1954) dengan James Stewart, dan To Catch a Thief dengan Cary Grant. Peran layar lebar terakhirnya adalah di High Society tahun 1956, sebuah adaptasi musik dari The Philadelphia Story tahun 1940, yang dibintangi bersama Bing Crosby dan Frank Sinatra.

2 dari 3 halaman

Terserang Stroke Saat Mengemudi, Mobil Jatuh ke Jurang

Kelly melepaskan karier aktingnya setelah menikah dengan Pangeran Rainier III dari Monako (1923-2005) pada 19 April 1956, dalam sebuah upacara mewah di Monako. Pasangan yang bertemu setahun sebelumnya di Festival Film Cannes itu kemudian dikaruniai tiga anak. 

Pada 13 September 1982, Putri Grace sedang mengemudi bersama putri bungsunya, Stephanie, ketika dia dilaporkan menderita stroke dan kehilangan kendali atas mobilnya, yang jatuh ke lereng gunung. Stephanie yang berusia tujuh belas tahun selamat, tetapi Putri Grace meninggal keesokan harinya pada 14 September. Kematiannya menjadi duka bagi jutaan penggemar di seluruh dunia.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: