Sukses

5 Cara Seru Rayakan Idul Adha dari Rumah di Tengah Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Idul Adha pada tahun ini rupanya masih harus dirasakan dengan cara yang berbeda dari biasanya. Seperti perayaan Idul Fitri beberapa bulan lalu, kegiatan perayaan Idul Fitri pada tahun ini pun masih harus dibatasi.

Hal ini tentu lantaran pandemi Virus Corona baru yang membatasi pergerakan kegiatan dan perjalanan manusia antar daerah dan negara. 

Kendati demikian, semarak perayaan Idul Adha tidak semestinya berkurang. 

Melansir laman Gulf News, Kamis (30/7/2020), 5 kegiatan ini bisa menjadi ide untuk Anda agar perayaan Idul Adha bersama keluarga masih bisa terasa intim dan seru walau hanya dilakukan di rumah saja: 

2 dari 7 halaman

1. Memasak Bersama

Tidak ada kegiatan yang lebih seru dan nikmat ketika keluarga Anda mencoba memasak resep kuno yang diturunkan dari generasi ke generasi. 

Meskipun menu dan tradisi yang dimiliki setiap keluarga berbeda, tentu akan lebih seru jika Anda mencoba menguliknya bersama anggota keluarga lain terutama anak-anak.

Sembari memasak, Anda bersama keluarga juga bisa saling membagikan cerita tentang tradisi keluarga selama perayaan Idul Adha di tahun-tahun sebelumnya. 

 

 

3 dari 7 halaman

2. Makan Bersama Keluarga

Kegiatan selanjutnya yang tentunya tidak akan terlewat adalah makan bersama anggota keluarga. 

Kegiatan makan bersama bisa menjadi kegiatan di mana Anda akan terhubung secara lebih intim dan perayaan Idul Adha pun terasa lebih sakral.

Jika Anda berada di zona aman, Anda mungkin bisa mengundang keluarga lain atau tetangga sekitar untuk makan bersama, namun dengan anggota yang tidak terlalu banyak. 

4 dari 7 halaman

3. Silaturahmi dengan Keluarga Lain secara Virtual

Walau berjauhan, rasa kekeluargaan masih harus ada. 

Jangan lupa meluangkan waktu untuk melakukan panggilan kepada anggota keluarga yang berjauhan maupun sanak saudara lainnya. Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, berbagai cara bisa menjadi alternatif untuk Anda bersilaturahmi walau hanya dari rumah. 

5 dari 7 halaman

4. Kirim Hadiah atau Bingkisan

Mengirim hadiah atau makanan yang Anda masak tentu akan menghadirkan perasaan yang berbeda bagi orang lain. 

Perhatian kecil seperti ini masih bisa diberikan tanpa Anda harus beranjak dari rumah. 

6 dari 7 halaman

5. Luangkan Waktu untuk Berdandan

Tidak ada yang salah daripada mempersiapkan diri sebaik-baiknya di Hari Suci. 

Walaupun Anda tidak berkunjung ke rumah orang lain dan hanya akan bertemu dengan keluarga inti, mempersiapkan diri dengan berdandan atau berpakaian dengan rapi tentu akan menghadirkan kesan yang berbeda. 

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: