Sukses

Jangan Disepelekan, 4 Hal Buruk Terjadi Jika Lalat Hinggap di Makanan Anda

Lalat benar-benar dapat membawa beberapa masalah ke piring Anda, dan lebih baik untuk mengetahuinya daripada tetap tidak peduli sama sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda melihat seekor lalat bertumpu pada makanan Anda.

Misalnya, Anda bisa langsung membuang makan siang lezat Anda tersebut. Tetapi ada beberapa dari kita yang akan terus makan seperti tidak ada yang terjadi karena, "itu hanya seekor lalat."

Nah, lalat ini benar-benar dapat membawa beberapa masalah ke piring Anda, dan lebih baik untuk mengetahuinya daripada tetap tidak peduli sama sekali.

Untuk membantu Anda memahami segala sesuatu yang terjadi setelah lalat menyentuh makanan Anda, Bright Side melakukan riset dan menyiapkan artikel ini untuk Anda.

Diketahui bahwa lalat mencemari makanan Anda dengan setidaknya makanan terakhir yang pernah mereka makan. Tetapi tampaknya dampak yang ditimbulkan oleh makhluk-makhluk kecil ini jauh lebih besar dari ukurannya dan jauh lebih rumit daripada yang mungkin Anda pikirkan.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mereka dapat memuntahkan makanan Anda

Inilah yang perlu Anda ketahui: lalat makan dengan mengisap cairan melalui mulut berbentuk tabung mereka. Bentuk mulut mereka ini, akan membantu mengubah makanan menjadi cairan.

Untuk melakukan ini, mereka muntah pada makanan Anda dengan air liur mereka sendiri, yang bisa mengandung apa pun yang mereka makan sebelumnya (misalnya, daging busuk atau kotoran).

3 dari 5 halaman

2. Mereka bisa bertelur di makanan Anda

Makanan lezat yang telah Anda simpan untuk nanti dapat berubah menjadi sarang yang sempurna untuk telur lalat. Dan setelah beberapa waktu berlalu, mereka akan tumbuh menjadi bayi lalat kecil (belatung atau larva) yang benar-benar dapat meracuni Anda dengan bakteri.

Jadi, jangan lupa untuk menutupi makanan Anda jika Anda akan meninggalkannya untuk sementara waktu.

4 dari 5 halaman

3. Kaki dan sayap mereka dapat mengubah makanan Anda menjadi sarang bakteri

Kita sudah tahu bahwa lalat dipenuhi dengan bakteri di dalamnya. Tetapi tahukah Anda bahwa jumlah mikroba tertinggi dapat ditemukan di luar tubuh mereka?

Menurut Nanyang Technological University, "setiap langkah dari ratusan lalat telah meninggalkan di belakang jalur koloni mikroba." Itu berarti apa pun yang mereka sentuh dapat juga terinfeksi serius.

5 dari 5 halaman

4. Mereka dapat membawa lebih dari 60 penyakit

Lalat rumah dapat menularkan setidaknya 65 penyakit berbeda dari manusia hanya dengan merangkak melalui sampah dan makanan.

Itu termasuk disentri, diare, kolera, dan bahkan kusta. Dan bukan hanya manusia yang dapat menderita, lalat juga dapat menginfeksi hewan lain, seperti ayam atau babi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.