Sukses

Operasi Senyap Indonesia Bebaskan 3 ABK WNI Disandera Perompak di Gabon

Tiga warga negara Indonesia (WNI) diculik bajak laut di perairan Gabon sejak 3 Mei 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga warga negara Indonesia (WNI) diculik bajak laut di perairan Gabon sejak 3 Mei 2020. Namun kini ketiganya telah bebas melalui operasi senyap yang dilakukan Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar RI (KBRI) di Abuja, Nigeria, KBRI Paris, dan Konsulat Kehormatan RI di Gabon.

Operasi pembebasan ketiga WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) Amerger Gabon itu dipimpin langsung Duta Besar Indonesia untuk Nigeria, Marsda TNI (Purn) Usra Hendra Harahap.

Ketiga WNI tersebut diculik bersama satu warga negara Korea Selatan dan dua warga negara Senegal oleh 13 perompak saat mencari ikan di perairan Santa Clara, Libreville, Republik Gabon. Mereka kemudian dibawa ke dataran Nigeria sebagai alat tukar guling untuk meminta tebusan.

"Sejak diterimanya kabar penculikan itu, pemerintah berkomunikasi intensif dengan pemerintah Nigeria serta Gabon untuk melakukan operasi pembebasan agar jangan sampai timbul korban jiwa dari warga negara yang diculik. Komunikasi juga dilakukan dengan Kedubes Korsel agar perusahaan Kapal Amerger Gabon bisa melakukan negosiasi sebagai bentuk tanggung jawabnya," ungkap pihak KBRI Abuja dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/6/2020).

Para perompak akhirnya sepakat membebaskan para ABK di daerah Cross River yang masuk Delta Niger, salah satu negara bagian Nigeria, setelah melalui negosiasi yang alot. Ketiganya kemudian dibawa ke Port Harcourt.

Tiga WNI itu dijemput langung Dubes Usra Hendra Harahap; Atase Pertahanan RI Abuja, Kolonel Arh Bangun Manahan Tanjung; dan Staf KBRI Abuja Pelaksana Fungsi Perlindungan WNI/BHI, Yohanis Kambuaya. Mereka dibawa menggunakan pesawat khusus.

"Hari ini mereka sudah berada di Wisma Duta KBRI di Abuja untuk ditampung sementara sambil menunggu waktu pulang ke Tanah Air karena penerbangan terdampak pandemi COVID-19," tulis KBRI Abuja.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Sehat

Direktur Perlindungan WNI (PWNI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha menjelaskan, 3 WNI itu diculik dan disandera perompak sejak sebulan lalu saat bekerja di kapal ikan berbendera Senegal.

"Ada 3 WNI yang diculik pada 3 Mei 2020 bersama 2 warga senegal dan satu warga Korsel," kata Judha.

Dia menuturkan, proses pembebasan para WNI bekerja sama dengan pemilik kapal. Saat ini ketiganya dalam kondisi sehat dan sedang proses pemulangan ke Indonesia.

"Mereka dibebaskan pada 8 Juni," ujar Judha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.